Reconstruction and Development of Literary Expression Learning Outcome Assessment Tools in the Class X Indonesian Language Textbook Poetry Material

Ferdinand Simbolon
Ahmad Khoirun Ni'am
Ahmed Muhammed Salah
Wagiran Wagiran
Deby Luriawati Nuryatmojo

Abstract


Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian seharusnya dapat menggambarkan keadaan sebenarnya, tetapi saat ini penilaian yang dilakukan seringkali belum sesuai hal tersebut. Salah satu penyebabnya adalah guru belum mampu menyusun instrumen penilaian dengan benar. Masalah tersebut harus diatasi dengan cara memperbaiki soal latihan dan instrumen penilaian yang ada dalam buku teks khususnya soal ekspresi tulis sastra. Soal latihan dalam buku teks harus berkualitas dan menarik minat siswa agar latihan yang dilakukan dapat menggambarkan keadaan yang sebenarnya dan dapat mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah merekonstruksi soal latihan ekspresi sastra  materi puisi dalam buku teks. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan penilaian ekspresi sastra pada buku teks bahasa Indonesia kelas X. Adapun data yang digunakan adalah instrumen penilaian ekspresi sastra bagian puisi pada buku teks bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Kemdikbud. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Analisis kualitas soal dilakukan mengacu pada aspek materi, kontruksi, dan bahasa/budaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas soal eskpresi tulis sastra pada buku teks belum baik. Berdasarkan hasil tersebut, rekonstruksi soal dilakukan dengan cara memperbaiki kekurangan sesuai dengan hasil analisis kualitatif dan menambah petunjuk pengerjaan yang mendorong siswa untuk melakukan kegiatan latihan sebelum dilakukan penilaian. Selain itu juga dilakukan perbaikan dan penambahan kisi-kisi, rubrik penilaian, dan pedoman penskoran.

 

Assessment is the process of collecting and processing information to measure the achievement of student learning outcomes. The assessment should be able to describe the actual situation, but currently the assessments carried out often do not match this. One of the reasons is that teachers have not been able to prepare assessment instruments correctly. This problem must be overcome by improving the practice questions and assessment instruments in textbooks, especially questions about written literary expression. The aim of this research is to reconstruct literary expression practice questions on poetry material in textbooks. This research is a qualitative descriptive study to describe the assessment of literary expressions in class X Indonesian language textbooks. The data used is an instrument for assessing literary expressions in the poetry section of Indonesian language textbooks published by the Ministry of Education and Culture. Data collection techniques were carried out using reading techniques and note-taking techniques. Analysis of the quality of the questions is carried out referring to aspects of material, construction and language/culture. The results of this research indicate that the quality of written literary expression questions in textbooks is not good. Based on these results, question reconstruction was carried out by correcting deficiencies according to the results of the qualitative analysis and adding work instructions that encouraged students to carry out practice activities before the assessment was carried out. Apart from that, improvements and additions to grids, assessment rubrics and scoring guidelines were also made.


Keywords


buku teks;ekspresi tulis sastra;pengembangan;perangkat penilaian;puisi



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v6i2.8911

Article Metrics

Abstract views : 56| PDF (Bahasa Indonesia) views : 36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter