FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI TEMBAKAU NAGARI BARUAH GUNUANG KECAMATAN BUKIT BARISAN KABUPATEN LIMAPULUH KOTA

Ratna Agustia - [ https://orcid.org/0009-0003-9835-3487 ]
Nin Patri Enati
Fefriyanti Fefriyanti
Sulastri Sulastri
Yuliatri Yuliatri

Abstract


Pertanian melalui sektor pertanian khususnya di daerah yang memiliki potensi unggulan yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah terutama dari penduduk pedesaan yang masih berada pada garis kemiskinan.  Untuk itu, berbagai investasi dan kebijakan telah dilakukan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan disektor pertanian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani tembakau yang ada di Kelompok Tani Hijau Daun Nagari Baruah Gunuang kecamatan Bukik Barisan, Lima Puluh Kota. Penelitian dilakukan di Nagari Baruah Gunuang, Kecamatan Bukit Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota. Pemilihan Nagari Baruah Gunuang sebagai tempat penelitian dilakukan secara sengaja (purposive). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan untuk menjawab persoalan masalah – masalah pengaruh faktor produksi terhadap produksi tembakau di Kecamatan Bukik barisan Kabupaten Lima Puluh Kota yang nantinya mempengaruhi pendapatan yaitu dengan Analisis regresi berganda. Dari hasil Variabel Produktivitas, Variabel Harga, Variabel Luas Lahan dan Variabel Saluran Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan tembakau. Variabel biaya produksi danvariabel umur berpengaruh negatif dan signifikan terhadap produksi tembakau di Kecamatan Bukik Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. 


Keywords


Biaya; Pendapatan; Pendapatan; Produksi

References


Ammas. 2018. Saluran dan Margin Pemasaran Cengkeh di Desa Umpungeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Makasar.

Fauzi, Riyan. 2019. Survey Produktivitas Lahan Padi Sawah di Kabupaten Banyumas Tahun 2019 “Studi Kasus Kecamatan Jatilawang dan Patikraja”. Skripsi. Program Studi Agroteknologi. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Fujicha, Mellyza. 2021. Faktor-Faktor Produksi Yang Mempengaruhi Pendapatan Usahata Tani Tembakau (Nicotiana tabacum L.) Di Kecamatan Bikik Barisan Kabupaten Limapuluh Kota Provinsi Sumatera Barat. Skripsi. Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. https://profilbaru.com/Baruah_Gunuang,_Bukik_Barisan,_Lima_Puluh_Kota

Jameela, Harjono. “Tenaga Kerja dalam Usaha Tani”. 07 April 2016.

Marlina. 2018. Tradisi Petani Tembakau (Studi Sosial dan Ekonomi di Desa Bijinangka Kecamatan Sinjai Borong Kabupaten Sijai. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ningsih, Kustiawati. 2017. Produksi dan Pendapatan Petani Tembakau Madura: Sebuah Kajian Dampak Perubahan Iklim. Jurnal Agromix Volume 8, No 2. 108-121.

Noor. 2007. Ekonomi Manajerial. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Rahardjo. 2014. Pengantar Sosiologi Pedesaan dan pertanian. Yogkarta: Gadja Mada Universty Press.

Santoso, Halili. 2018. Analisi Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pendaptan Usahatani Tembakau (Nicitiana tabacum) di Desa Konang, Kecamatan Galis, Kabupaten Pemekasan.Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suratiyah, K. 2015. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24176/mjagrotek.v3i1.13199

Article Metrics

Abstract views : 42| PDF (Bahasa Indonesia) views : 21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View MJAgrotek Stats

Flag Counter