Pendampingan Psikoedukasi dalam Mengatasi Kecanduan Gadget dan Penyalahgunaan Teknologi untuk Kesehatan Mental Masyarakat

Septina Dwi Jayanti, Dwi Septiani, Ardelia Khansa Lathifa, R Rhoedy Setiawan

Sari


This psychoeducation program focuses on raising awareness among adolescent students at SMP N 2 Winong about the negative impacts of gadget addiction and technology misuse, as an essential step in maintaining mental health in the digital era. The goal of this program is to provide students with an understanding of the risks associated with excessive technology use and effective strategies for managing screen time healthily. The methods employed in this program include the delivery of educational content on mental health impacts, interactive discussions, and training in technology management strategies. The results of this program indicate an increase in students' understanding of the importance of balancing technology use with mental health. There was also a positive change in students' behavior regarding screen time management. It is hoped that this program will continue to support efforts to improve the mental health of students at SMP N 2 Winong in a sustainable manner.

Kegiatan psikoedukasi ini berfokus pada upaya meningkatkan kesadaran siswa remaja di SMP N 2 Winong mengenai dampak negatif kecanduan gadget dan penyalahgunaan teknologi, sebagai langkah penting dalam menjaga kesehatan mental di era digital. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada siswa tentang risiko penggunaan teknologi yang berlebihan serta cara-cara efektif untuk mengelola waktu layar secara sehat. Metode yang digunakan dalam program ini meliputi penyampaian materi edukatif mengenai dampak kesehatan mental, diskusi interaktif, dan pelatihan strategi pengelolaan teknologi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa mengenai pentingnya menjaga keseimbangan antara penggunaan teknologi dan kesehatan mental. Terdapat juga perubahan positif dalam perilaku siswa terkait pengelolaan waktu penggunaan gadget. Diharapkan, program ini dapat terus mendukung upaya peningkatan kesehatan mental siswa di SMP N 2 Winong secara berkelanjutan.


Kata Kunci


Kecanduan Gadget; Penyalahgunaan Teknologi; Kesehatan Mental

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraeni, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Pada Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Faletehan Health Journal, 6(2), 64–68. https://doi.org/10.33746/fhj.v6i2.68

Aprilaini, D. L., & Sari, R. O. (2023). Dampak Kecanduan Gadget Terhadap Kesehatan Mental Remaja Pada Siswa Kelas VII MTS Yabis Pasirlangu. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), 158–161. https://doi.org/10.5281/zenodo.10429891

Chasanah, A. M., & Kilis, G. (2018). Adolescents’ Gadget Addiction and Family Functioning. January 2018. https://doi.org/10.2991/uipsur-17.2018.52

Clarisa Aprilia. (2024). Psikoedukasi Upaya Mengurangi Kecanduan Gadget Pada Remaja Di Smpn Satu Atap Suka Maju. Psikologiya Journal, 1(2), 20–30. https://doi.org/10.62872/wmx37023

Dhamayanti, M., Dwiwina, R. G., & Adawiyah, R. (2019). Influence of Adolescents ’ Smartphone Addiction on Mental and Emotional Development in West Java , Indonesia Pengaruh Kecanduan Gawai pada Perkembangan Mental dan Emosional Remaja di Jawa Barat , Indonesia. Majalah Kedokteran Bandung, 51(38), 46–52.

Laurintia, Y., Mahardika, A., & Wedayani, A. A. A. N. (2019). Hubungan tingkat Kecanduan Gadget dengan Kualitas Tidur 13. 8(4), 12–17.

Pratiwi, R. G., & Malwa, R. U. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Kecanduan Gadget terhadap Perilaku Remaja. Jurnal Ilmiah Psyche, 15(2), 105–112. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v15i2.1550

Siron, Y., Nurrahma, I. F., & Salsabila, A. (2021). . Volume 19 Nomer 01 Tahun 2021x, July xxxx, pp. 1~5. 19, 65–78.

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374

Susanti, V. V. (2021). Analisis Penggunaan Gadget Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Institutional Repositories & Scientific Journals. Https://Repository.Unpas.Ac.Id/54229/

Utami, I. H. P., & Thohir, M. A. (2022). Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Kesehatan Mental Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 7(2), 116–122. https://doi.org/10.26618/jkpd.v7i2.7691




DOI: https://doi.org/10.24176/mjlm.v7i1.14903

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Muria Jurnal Layanan Masyarakat Statistik

 

Flag Counter