PENERAPAN APLIKASI CLOUD E-LEARNING DI SMA PGRI KUDUS

Diana Laily Fithri
Andy Prasetyo Utomo
Fajar Nugraha

Abstract


SMA PGRI adalah salah satu sekolah yang dinaungi oleh yayasan PGRI kabupaten Kudus. SMA PGRI Kudus masih hanya bisa menggunakan metode pembelajaran secara konvesional, yakni proses pembelajaran yang dilakukan melalui tatap muka secara langsung antara guru dan siswa. Selain itu keterbatasan sumber daya menjadi faktor penghambat dalam implementasi teknologi informasi dalam melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis e-learning. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah mengimplementasikan media pembelajaran e-learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi khususnya yang berbasis cloud computing. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini meliputi (1) melakukan implementasi media pembelajaran e-learning dengan menggunakan teknologi cloud untuk mengatasi permasalahan keterbatasan sumber daya yang dialami pada mitra. (2) memberdayakan mitra PKM sebagai sekolah percontohan yang telah menerapkan media pembelajaran e-learning berbasis teknologi cloud computing (3) memberikan kemudahan kepada guru maupun peserta didik dalam mengakses materi pembelajaran tanpa terbatas ruang dan waktu

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Arkorful, V., Abaidoo, N. (2014). Therole of e-learning, the advantages and disadvantages of its adoption inHigher Education. International Journal of Education and Research, 2, 397-410.

Kumar ,M. (2014). Software As A Service For Efficient Cloud Computing. International Journal of Research in Engineering and Technology, 3, 178-181.

Jethro, O.O., Grace, A.M. & Thomas, A.K. (2012). E-Learning and Its Effects on Teaching and Learning in a Global Age. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 2, 203-210.




DOI: https://doi.org/10.24176/mjlm.v2i1.3722

Article Metrics

Abstract views : 367| PDF views : 515 PDF views : 115

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Muria Jurnal Layanan Masyarakat Statistik

    

Flag Counter