Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Kedisiplinan dan Efektivitas Belajar Siswa pada Masa Covid-19

Azizah Nur Fitriana

Abstract


The COVID-19 pandemic is affecting the education sector, including in Indonesia. The government implemented social policies and distance education to prevent the virus. However, distance learning produces challenges for teachers and students, especially in terms of learning discipline and classroom management. This study aims to collect and analyze a number of different classroom management approaches that can be used during the COVID-19 pandemic to improve student discipline and increase learning efficiency. This study discusses how students can learn better, especially about environmental studies, with good classroom management. It also emphasizes the role of teachers in creating a good learning environment and encouraging students to learn independently. The study found that student learning outcomes are influenced by effective classroom management; to improve student behavior and engagement, classroom design and socialization should be improved. The COVID-19 pandemic shows the importance of engaging classroom management strategies.


Keywords


Pengelolaan kelas; Disiplin; Efektivitas Belajar siswa; Covid-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659 Arsy, C. W. W., Ariyanto, L., & Harun, L. (2021). Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(6), 535–546. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.9877 Attamimi, T. A., Prabowo, S. L., & Zuhriyah, I. A. (2023). HUBUNGANAN ANTARA PELAKSANAAN E-LEARNING, KREATIVITAS GURU PAI DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 9 KOTA BLITAR. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 11(1), 496–500. https://doi.org/10.37081/ed.v11i1.4483 Budiya, B., & Al Anshori, T. (2022). STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.54437/ilmuna.v4i1.316 Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669 Hidayatullah, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1451–1459. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.620 Iryani, E. (2021). Menilai faktor Disiplin dan Motivasi pada pembelajaran online di Era Pandemi Covid 19 bagi siswa dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 5(2), 28–36. https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i2.682 Kusuma, Y. Y. (2020). ANALISIS KESIAPAN GURU KELAS DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI SD PAHLAWAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 264–272. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1270 Lailatussaadah, Hayati, S., Mardhiah, A., & Munawar. (2023). PENGEMBANGAN LANGKAH-LANGKAH PENGELOLAAN KELAS SECARA DARING UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA COVID-19. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 165–178. https://doi.org/10.24252/edu.v2i2.30673 Liubana, A., & Puspasari, D. (2021). Analisis Pengaruh Penggunaan E-Learning dengan Google Classroom dan Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Brothers and Sisters House Kota Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 417. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3599 Lubis, W. (2020). ANALISIS EFEKTIVITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI MASA PANDEMI COVID-19. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 132–141. https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.3282 Matussolikhah, R., & Rosy, B. (2021). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 225–236. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1030 Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1). https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31311 Mubarok, H. (2021). Implementasi Manajemen Kelas pada Sekolah Dasar dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Inovasi, 1(3), 36–44. https://doi.org/10.52000/jsi.v1i3.52 Mularsih, H., & Hartini, H. (2019). PENGELOLAAN RUANG KELAS DALAM RANGKA MENINGKATAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DI PKBM INSAN CENDIKIA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i1.4312 Nafisah, N., Makki, M., & Jiwandono, I. S. (2022). Manajemen Kelas Pada Pembelajaran Pasca Masa Pandemi Covid-19 di SDN Inpres Tenga Kecamatan Woha Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1340–1345. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.755 Nurpratiwiningsih, L., & Ervina, D. (2022). MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 8–15. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p8-15 Rahayu, J., & Lidinillah, D. A. M. (2022). Analisis Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 231–544. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i4.53974 Septianingrum, N. A., Kiswantoro, A., & Rahardjo, S. (2022). Mengatasi Rendahnya Disiplin Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Konseling Behavioristik Teknik Self Management. Jurnal Muria Research Guidance and Counseling (MRGC), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.24176/mrgc.v1i1.8602 Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265 Sutisna, D. (2020). KECAKAPAN MANAJEMEN KELAS GURU SEBAGAI UPAYA PENYELESAIAN PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID 19. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 5 Nomor 2 Desember 2020. https://doi.org/10.23969/jp.v5i2.3491 Widiyono, A. (2020). KEMAMPUAN PENGELOLAAN KELAS GURU TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SDN 02 BANJARAN JEPARA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(2). https://doi.org/10.30595/.v1i2.8522 Yantoro, Y. (2020). STRATEGI PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF DALAM MENUMBUHKAN SIKAP DISIPLIN SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 586–592. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.265 Yudi Firmansyah, Erwin Susanto, & Muhammad Mona Adha. (2020). Pengelolaan kelas Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan disiplin belajar. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 72–76. https://doi.org/10.36805/civics.v5i1.1329




DOI: https://doi.org/10.24176/mrgc.v3i1.11875

Article Metrics

Abstract views : 64| PDF views : 179

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Muria Research Guidance and Counseling (MRGC)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Visitor:

Flag Counter

 

Lisensi

Creative Commons License

Lisensi Jurnal Muria Reseach Guidance and Counseling (MRGC) menggunakan lisensi  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.