MENGATASI RENDAHNYA ETIKA KOMUNIKASI ANTAR SISWA MELALUI KONSELING BEHAVIOR DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DI MA DARUL HUDA REMBANG

Muhammad Mizbahuzzaman, Sucipto Sucipto, Santoso Santoso

Sari


Etika komunikasi merupakan aspek penting dalam dunia pendidikan, karena berperan dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan membentuk karakter siswa yang santun. Namun, berbagai survei menunjukkan adanya penurunan etika komunikasi di kalangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya etika komunikasi antar siswa dengan menggunakan pendekatan konseling behavior melalui teknik self management. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus terhadap 50 siswa MA Darul Huda Rembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik self management efektif dalam meningkatkan etika komunikasi siswa. Konseli, seperti RA dan DC, menunjukkan peningkatan dalam mengendalikan emosi dan berkomunikasi dengan lebih sopan. RA mulai lebih memperhatikan pilihan kata dalam berinteraksi dengan teman sekelas, sementara DC berhasil mengurangi penggunaan bahasa kasar. Perubahan ini juga mendapatkan respon positif dari lingkungan sekitar, termasuk guru dan teman sebaya. Kesimpulannya, teknik ini dapat digunakan secara lebih luas dalam layanan Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan etika komunikasi siswa secara berkelanjutan

Kata Kunci


Etika Komunikasi;Konseling Behavior;Self Management;Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdimas, J. S., Jakarta, U. T., Jakarta, U. T., Jakarta, U. T., & Jakarta, U. T. (2023). Edukasi Etika Komunikasi Siswa Sekolah Sanggar Saja. 1(4), 1723–1727.

Abdurrahman. (2023). Implementasi Penilaian Ranah Afektif Bagi Guru Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Hubbul Bilad Talang Muandau. Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 16–34. https://doaj.org/article/1e8aebf063e94d09a7eb93f04cf4b8fd

Adawiyah, R. (2022). Peranan Konselor Dalam Pelayanan Pendekatan Khusus Bimbingan Dan Konseling Terhadap Pembinaan Tingkah Laku Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Muallimat Yapewi Banjarmasin. Jurnal Mahasiswa Bk an-Nur, 1(1), 74–82.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). wawancara dalam perspektif gunawan guna penunjang penelitian. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Amalia, R., Nur, S., & Zainuri, M. I. (2023). Journal of Physical Education , Sport , Health and Recreations BOLA. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 12(3), 247–253.

Apdillah, D., Harmika, Z., Sahera, M., & Harahap, H. U. (2022). Communication Ethics As Virtual Virtue Control in Media Behavior Society in the Digital Age. Journal of Humanities, Social Sciences and Business (Jhssb), 1(3), 49–60. https://doi.org/10.55047/jhssb.v1i3.148

Arif, B. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Storytelling Universitas Pendidikan Indonesia. 35–44.

Astini, L., Safarina, N. A., & Suzanna, E. (2022). Bentuk-bentuk wawancara menurut walgito dalam sudut pandang pendidikan. Penelitian Psikologi, 13(1), 25–30.

Aziz, M. S. (2022). Pengaruh game online terhadap perilaku komunikasi antar personal siswa kelas X TSM di sekolah SMK PGRI 4 kota Kediri tahun pelajaran 2015/2016. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 12. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2016/12.1.01.01.0021.pdf

Corey, G. (2005). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. (Seventh Ed). Brooks/Cole-Thomson Learning.

Daulay, N. (2022). Peran Psikolog dan Konselor. Al-Mursyid, 1(1), 1–10. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/almursyid/article/view/493

Edi Krisharyanto. (2022). Fungsi Etika komunikasi individu didalam memahami hukum berkomunikasi. Perspektif, XI(2).

Ersan, Marli, S., & Uliyanti, E. (2023). Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1–8.

Fadillah, K., & Prabowo, A. B. (2023). Prosiding Literatur Review: Strategi Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Self Awareness Pada Siswa. Prosiding, 1998, 642–656.

Farhan, A., & Cindy. (2023). Etika Dan Prilaku Masyarakat Indonesia Dalam Menggunakan Media Sosial. Jurnal Serina Sosial Humaniora, 1(1), 139–145.

Fauzan, M. (2022). Pendekatan Teknik Self-Management Dalam Konseling Perilaku Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di Smpn 17 Banda Aceh.

Fryling, M. J., Johnston, C., & Hayes, L. J. (2023). Understanding Observational Learning: An Interbehavioral Approach. The Analysis of Verbal Behavior, 27(1), 191–203. https://doi.org/10.1007/bf03393102

Handayani, K. W., & Singaraja, F. U. (2023). DAIWI WIDYA Jurnal Pendidikan Vol.10 No.3 Edisi Desember 2023 133. 10(3), 133–142.

Hardianto, M., Rachmat, A. Z., & Jasma, S. (2023). Manajemen Pemberdayaan Bidang Ekonomi di Masjid Baitul Atieq. Journal Of Lifelong Learning, 4(2), 126–132. https://doi.org/10.33369/joll.4.2.126-132

Hasan, S. W., Madina, R., Mori, J., Tuasikal, S., Konseling, B., Pendidikan, F. I., & Gorontalo, U. N. (2024). Deskripsi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Etika Berkomunikasi Siswa. 3(April), 136–146.

Hasanah, H. (2023). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Hoshi Rachmat Firmansyah, A., Nataella Dewi, C., Najmiah, N., Kaila Chairunnisa, S., Fuadin, A., & Ivani Putri, V. (2023). Krisis Pemahaman Moral dan Etika dalam Penggunaan berkomunikasi di Media Sosial. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 34–40.

Hutajulu, L., & Romiaty, R. (2022). Hubungan Antara Intensitas Media Sosial Dengan Etika Komunikasi Siswa Smp N 2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal PendidikanHutajulu, L., & Romiaty, R. (2022). Hubungan Antara Intensitas Media Sosial Dengan Etika Komunikasi Siswa Smp N 2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan, 23(1), 20–29. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.4651, 23(1), 20–29. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.4651

Imran, A. N. (2023). Penerapan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecanduan Media Sosial Pada Siswa Di Sma Negeri 1 Sinjai. Jurnal Universitas Negeri Makasar, 1–16. http://eprints.unm.ac.id/19360/1/JURNAL NUR AZIZAH IMRAN.pdf

Ita, S. (2023). Strategi Pemahaman Teknik Pengumpulan Data Observasi Menurut Sugiyono.

Johannesen, E., & Fritz, H. (2022). Communication Ethics. 240–243.

Komalasari, G. (2018). Teori dan Teknik Konseling.

Kurnia, D., Leliana, I., Bina, U., Informatika, S., & Relations, P. (2022). Strategi Public Relations Pt Bio Hutanea Corp Dalam. Jurnal Public Relation - JPR, 1(2), 75–81. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jpr/article/view/233/97

Kurniawati, putri. (2023). langkah-langkah analisis data dalam penelitian perspektif sugiyono. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7.

Labrador, F. J. (2022). Skinner and the rise of behavior modification and behavior therapy. Spanish Journal of Psychology, 7(2), 178–187. https://doi.org/10.1017/S1138741600004881

Laksana, M. O., & Nurhaliza, N. (2023). The Impact of Communication Ethics on The Communication Quality in Interpersonal Relationships. Eduvest - Journal of Universal Studies, 3(5), 989–995. https://doi.org/10.59188/eduvest.v3i5.815

Latif, A., Pahru, S., Wantu, A., & Sahi, Y. (2022). Etika Komunikasi Islam di Tengah Serangan Budaya Digital. Jambura Journal Civic Education, 2(2), 174–187. https://doi.org/10.37905/jacedu.v2i2.17065

Makau, J. M. (2023). Ethical and Unethical Communication. 21st Century Communication: A Reference Handbook, 435–443. https://doi.org/10.4135/9781412964005.n48

Manik, S., Sembiring, M., Padang, I., & Manurung, L. (2022). Theory of Bandura’s Social Learning in The Process Of Teaching at SMA Methodist Berastagi Kabupaten Karo. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 85–96. https://doi.org/10.51622/pengabdian.v3i2.729

Marni, A. (2023). Analisis data kualitatif induktif dalam perspektif arikunto. 0, 1–23.

Morris, E. K. (2023). The legacy of John B. Watson’s behaviorist manifesto for applied behavior analysis. Revista Mexicana de Analisis de la Conducta, 39(2), 155–179. https://doi.org/10.5514/rmac.v39.i2.63923

Mubarok, R., & Hamidah, T. (2022). Etika Berkomunikasi Dalam Menyikapi Berita Bohong di Media Sosial Perspektif Al-Quran Surat An-Nur. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 7(2), 1–21. https://doi.org/10.24090/maghza.v7i2.5189

Muzaki, D., Nasichah, N., Hudan Raya, M., Fatiyah, N., & Irma Damayanti, N. (2023). Etika dalam Penggunaan Media Sosial: Perilaku Komunika si yang Bertanggung Jawab. Jurnal Teknik Informatika dan Elektro, 5(2), 60–72. https://doi.org/10.55542/jurtie.v5i2.706

Ningrum, D. P., Pitoewas, B., & Putri, D. S. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Etika Komunikasi Peserta Didik. MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.57235/mesir.v1i1.2065

Nopita, A., Yansyah, E., Mario, R. A., & Solimin. (2021). Komunikasi Ideal Pada Masyarakat Perkotaan Konsep Metode-Metode Islam. 3(2), 207–224.

Nuzuli, A. K. (2023). Faktor Penghambat dan Pendukung Komunikasi antara Guru dan Siswa Tuna Rungu di SLBN Kota Sungai Penuh. Jurnal Komunikasi, 14(1), 49–58. https://doi.org/10.31294/jkom.v14i1.14505

Oktaviana, A. (2023). Analisis data dalam penelitian kualitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699.

Pandawangi.S. (2023). Metodologi Penelitian dalam perpspektif sugiyono studi dokumentasi. Journal information, 4, 1–5.

Prabowo, E., Fajrie, N., & Setiawan, D. (2023). Etika Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Whatsapp. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 429. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38191

Prasanti, D. (2023). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

Pratiwi, N. (2023). wawancara dalam perspektif sugiyono. Jurnal Ilmiah DInamika Sosial, 1, 213–214.

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2022). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Purba, R. T., & Putri, A. P. D. (2023). Pengaruh Penguatan Positif Terhadap Sikap Perhatian Murid Kelas Satu Sekolah Dasar. Aletheia Christian Educators Journal, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.9744/aletheia.4.2.53-60

Purnaminingtyas, K. (2023). Penerapan Konseling Kelompok Self-Management Terhadap Rendahnya Perilaku Sopan Santun Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Papar Penerapan Konseling Kelompok Self-Management Terhadap Rendahnya Abstrak Penerapan Konseling Kelompok Self-Management Terhadap Rendahn. jurnal BK UNESA, 1–16.

Rahardjo, S., & Gudnanto. (2022). Pemahaman Individu Teknik Nontes. Kencana.

Rahmat, R., Jabri, U. M., & Firdayanti, F. (2023). pengaruh metode pengumpulan data berupa observasi menurut persepsi arikunto. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 791–795. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1168

Rahmawati, E., Oktavia, C., & Sholichah, I. F. (2022). Teknik Self-Management untuk Menurunkan Perilaku Membolos pada Siswa Kelas XI. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 6(2), 123. https://doi.org/10.20961/jpk.v6i2.67377

Rakos, R. F. (2023). John B. Watson’s 1913 “behaviorist manifesto”: Setting the stage for behaviorism’s social action legacy. Revista Mexicana de Analisis de la Conducta, 39(2), 99–118. https://doi.org/10.5514/rmac.v39.i2.63920

Ratna Juwita, & Dinar Nur Inten. (2022). Implikasi Pendidikan QS Al-Kahfi Ayat 70 tentang Etika Komunikasi Murid kepada Guru. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 133–138. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1518

Saktisyahputra, S. (2023). Pemanfaatan Website WWW.Pulokambing.Com Sebagai Media Rumah Kreatif Bersatu Nusantara (RKBN) Pulokambing Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 9–15. https://doi.org/10.31334/jks.v2i1.287

Santoso, G., Rahmawati, P., Murod, M., & Setiyaningsih, D. (2023). Hubungan Lingkungan Sekolah dengan Karakter Sopan Santun Siswa. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01), 91–99. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/131/36

Schramm, W. (2022). The Process and Effects of Communication. University of Illinois Press.

Sinuhaji, B. C., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2023). Pengaruh Konseling Behavioral Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 452. https://doi.org/10.29210/1202323017

Siti, N., & Nandang, B. (2023). Teknik Self-Management Dalam Mereduksi Body Dysmorphic Disorder. Panduan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kerja Keras Siswa Pengantar, 2, 1–7.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Ilmiah. Metode Penelitian Ilmiah, 84, 116.

Sugiyono, S. (2018). Metodologi Pendidikan. ALFABETA, cv.

Sukanda, R. S., & Yulianti, Y. (2022). Tinjauan Atas Prosedur Persediaan Barang Dagang Pada Pt. Perkebunan Nusantara Nusantara Viii Unit Industri Hilir Teh Bandung. Jurnal Riset Akuntansi –, IX(1).

Supriani, A., Hidayat, I., Setiawan, A., & Lubis, A. (2023). Hubungan Antara Pengendalian Diri dengan Perilaku Agresif pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Journal on Education, 6(1), 2044–2049. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3187

Sustiyo Wandi, T. N., & Agus, R. (2023). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga Di Sma Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524–535.

Syahwani, U. (2023). Strategi Cooperative Learning Model Jigsaw Dalam Pembelajaran Ips Di Kelas Ix Mts Negeri Ketapang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11346

Triwahyuni, E., Lolongan, R., Riswan, R., & Suli’, S. (2022). Peranan Konsep Teori Behavioristik B. F. Skinner terhadap Motivasi dalam Menghadiri Persekutuan Ibadah. Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray Makassar, 10.

Wardani, S. (2022). Peranan Konselor Dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 12–18.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.

Winokur, S. (2023). Skinner’S Theory of Behavior an Examination of B. F. Skinner’S Contingencies of Reinforcement: a Theoretical Analysis 1. Journal of the Experimental Analysis of Behavior, 15(2), 253–259. https://doi.org/10.1901/jeab.1971.15-253

Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino. (2023). Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik Covid-19. 4(1).

Zaini Miftach. (2023). Pelaksanaan Layanan Konseling Individu Teknik Self Management Dalam Mengatasi Perilaku Membolos Peserta Didik Di Sma Negeri 16 Bandar Lampung.




DOI: https://doi.org/10.24176/mrgc.v3i2.14613

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

View My Stats

Visitor:

Flag Counter

Lisensi

Creative Commons License

Lisensi Jurnal Muria Reseach Guidance and Counseling (MRGC) menggunakan lisensi  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Didedikasikan untuk: