MENGATASI RENDAHNYA ETIKA KOMUNIKASI ANTAR SISWA MELALUI KONSELING BEHAVIOR DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DI MA DARUL HUDA REMBANG
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdimas, J. S., Jakarta, U. T., Jakarta, U. T., Jakarta, U. T., & Jakarta, U. T. (2023). Edukasi Etika Komunikasi Siswa Sekolah Sanggar Saja. 1(4), 1723–1727.
Abdurrahman. (2023). Implementasi Penilaian Ranah Afektif Bagi Guru Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Hubbul Bilad Talang Muandau. Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 16–34. https://doaj.org/article/1e8aebf063e94d09a7eb93f04cf4b8fd
Adawiyah, R. (2022). Peranan Konselor Dalam Pelayanan Pendekatan Khusus Bimbingan Dan Konseling Terhadap Pembinaan Tingkah Laku Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Muallimat Yapewi Banjarmasin. Jurnal Mahasiswa Bk an-Nur, 1(1), 74–82.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). wawancara dalam perspektif gunawan guna penunjang penelitian. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Amalia, R., Nur, S., & Zainuri, M. I. (2023). Journal of Physical Education , Sport , Health and Recreations BOLA. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 12(3), 247–253.
Apdillah, D., Harmika, Z., Sahera, M., & Harahap, H. U. (2022). Communication Ethics As Virtual Virtue Control in Media Behavior Society in the Digital Age. Journal of Humanities, Social Sciences and Business (Jhssb), 1(3), 49–60. https://doi.org/10.55047/jhssb.v1i3.148
Arif, B. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Storytelling Universitas Pendidikan Indonesia. 35–44.
Astini, L., Safarina, N. A., & Suzanna, E. (2022). Bentuk-bentuk wawancara menurut walgito dalam sudut pandang pendidikan. Penelitian Psikologi, 13(1), 25–30.
Aziz, M. S. (2022). Pengaruh game online terhadap perilaku komunikasi antar personal siswa kelas X TSM di sekolah SMK PGRI 4 kota Kediri tahun pelajaran 2015/2016. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 12. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2016/12.1.01.01.0021.pdf
Corey, G. (2005). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. (Seventh Ed). Brooks/Cole-Thomson Learning.
Daulay, N. (2022). Peran Psikolog dan Konselor. Al-Mursyid, 1(1), 1–10. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/almursyid/article/view/493
Edi Krisharyanto. (2022). Fungsi Etika komunikasi individu didalam memahami hukum berkomunikasi. Perspektif, XI(2).
Ersan, Marli, S., & Uliyanti, E. (2023). Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1–8.
Fadillah, K., & Prabowo, A. B. (2023). Prosiding Literatur Review: Strategi Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Self Awareness Pada Siswa. Prosiding, 1998, 642–656.
Farhan, A., & Cindy. (2023). Etika Dan Prilaku Masyarakat Indonesia Dalam Menggunakan Media Sosial. Jurnal Serina Sosial Humaniora, 1(1), 139–145.
Fauzan, M. (2022). Pendekatan Teknik Self-Management Dalam Konseling Perilaku Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di Smpn 17 Banda Aceh.
Fryling, M. J., Johnston, C., & Hayes, L. J. (2023). Understanding Observational Learning: An Interbehavioral Approach. The Analysis of Verbal Behavior, 27(1), 191–203. https://doi.org/10.1007/bf03393102
Handayani, K. W., & Singaraja, F. U. (2023). DAIWI WIDYA Jurnal Pendidikan Vol.10 No.3 Edisi Desember 2023 133. 10(3), 133–142.
Hardianto, M., Rachmat, A. Z., & Jasma, S. (2023). Manajemen Pemberdayaan Bidang Ekonomi di Masjid Baitul Atieq. Journal Of Lifelong Learning, 4(2), 126–132. https://doi.org/10.33369/joll.4.2.126-132
Hasan, S. W., Madina, R., Mori, J., Tuasikal, S., Konseling, B., Pendidikan, F. I., & Gorontalo, U. N. (2024). Deskripsi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Etika Berkomunikasi Siswa. 3(April), 136–146.
Hasanah, H. (2023). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Hoshi Rachmat Firmansyah, A., Nataella Dewi, C., Najmiah, N., Kaila Chairunnisa, S., Fuadin, A., & Ivani Putri, V. (2023). Krisis Pemahaman Moral dan Etika dalam Penggunaan berkomunikasi di Media Sosial. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 34–40.
Hutajulu, L., & Romiaty, R. (2022). Hubungan Antara Intensitas Media Sosial Dengan Etika Komunikasi Siswa Smp N 2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal PendidikanHutajulu, L., & Romiaty, R. (2022). Hubungan Antara Intensitas Media Sosial Dengan Etika Komunikasi Siswa Smp N 2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan, 23(1), 20–29. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.4651, 23(1), 20–29. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.4651
Imran, A. N. (2023). Penerapan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecanduan Media Sosial Pada Siswa Di Sma Negeri 1 Sinjai. Jurnal Universitas Negeri Makasar, 1–16. http://eprints.unm.ac.id/19360/1/JURNAL NUR AZIZAH IMRAN.pdf
Ita, S. (2023). Strategi Pemahaman Teknik Pengumpulan Data Observasi Menurut Sugiyono.
Johannesen, E., & Fritz, H. (2022). Communication Ethics. 240–243.
Komalasari, G. (2018). Teori dan Teknik Konseling.
Kurnia, D., Leliana, I., Bina, U., Informatika, S., & Relations, P. (2022). Strategi Public Relations Pt Bio Hutanea Corp Dalam. Jurnal Public Relation - JPR, 1(2), 75–81. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jpr/article/view/233/97
Kurniawati, putri. (2023). langkah-langkah analisis data dalam penelitian perspektif sugiyono. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7.
Labrador, F. J. (2022). Skinner and the rise of behavior modification and behavior therapy. Spanish Journal of Psychology, 7(2), 178–187. https://doi.org/10.1017/S1138741600004881
Laksana, M. O., & Nurhaliza, N. (2023). The Impact of Communication Ethics on The Communication Quality in Interpersonal Relationships. Eduvest - Journal of Universal Studies, 3(5), 989–995. https://doi.org/10.59188/eduvest.v3i5.815
Latif, A., Pahru, S., Wantu, A., & Sahi, Y. (2022). Etika Komunikasi Islam di Tengah Serangan Budaya Digital. Jambura Journal Civic Education, 2(2), 174–187. https://doi.org/10.37905/jacedu.v2i2.17065
Makau, J. M. (2023). Ethical and Unethical Communication. 21st Century Communication: A Reference Handbook, 435–443. https://doi.org/10.4135/9781412964005.n48
Manik, S., Sembiring, M., Padang, I., & Manurung, L. (2022). Theory of Bandura’s Social Learning in The Process Of Teaching at SMA Methodist Berastagi Kabupaten Karo. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 85–96. https://doi.org/10.51622/pengabdian.v3i2.729
Marni, A. (2023). Analisis data kualitatif induktif dalam perspektif arikunto. 0, 1–23.
Morris, E. K. (2023). The legacy of John B. Watson’s behaviorist manifesto for applied behavior analysis. Revista Mexicana de Analisis de la Conducta, 39(2), 155–179. https://doi.org/10.5514/rmac.v39.i2.63923
Mubarok, R., & Hamidah, T. (2022). Etika Berkomunikasi Dalam Menyikapi Berita Bohong di Media Sosial Perspektif Al-Quran Surat An-Nur. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 7(2), 1–21. https://doi.org/10.24090/maghza.v7i2.5189
Muzaki, D., Nasichah, N., Hudan Raya, M., Fatiyah, N., & Irma Damayanti, N. (2023). Etika dalam Penggunaan Media Sosial: Perilaku Komunika si yang Bertanggung Jawab. Jurnal Teknik Informatika dan Elektro, 5(2), 60–72. https://doi.org/10.55542/jurtie.v5i2.706
Ningrum, D. P., Pitoewas, B., & Putri, D. S. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Etika Komunikasi Peserta Didik. MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.57235/mesir.v1i1.2065
Nopita, A., Yansyah, E., Mario, R. A., & Solimin. (2021). Komunikasi Ideal Pada Masyarakat Perkotaan Konsep Metode-Metode Islam. 3(2), 207–224.
Nuzuli, A. K. (2023). Faktor Penghambat dan Pendukung Komunikasi antara Guru dan Siswa Tuna Rungu di SLBN Kota Sungai Penuh. Jurnal Komunikasi, 14(1), 49–58. https://doi.org/10.31294/jkom.v14i1.14505
Oktaviana, A. (2023). Analisis data dalam penelitian kualitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699.
Pandawangi.S. (2023). Metodologi Penelitian dalam perpspektif sugiyono studi dokumentasi. Journal information, 4, 1–5.
Prabowo, E., Fajrie, N., & Setiawan, D. (2023). Etika Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Whatsapp. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 429. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38191
Prasanti, D. (2023). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645
Pratiwi, N. (2023). wawancara dalam perspektif sugiyono. Jurnal Ilmiah DInamika Sosial, 1, 213–214.
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2022). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Purba, R. T., & Putri, A. P. D. (2023). Pengaruh Penguatan Positif Terhadap Sikap Perhatian Murid Kelas Satu Sekolah Dasar. Aletheia Christian Educators Journal, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.9744/aletheia.4.2.53-60
Purnaminingtyas, K. (2023). Penerapan Konseling Kelompok Self-Management Terhadap Rendahnya Perilaku Sopan Santun Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Papar Penerapan Konseling Kelompok Self-Management Terhadap Rendahnya Abstrak Penerapan Konseling Kelompok Self-Management Terhadap Rendahn. jurnal BK UNESA, 1–16.
Rahardjo, S., & Gudnanto. (2022). Pemahaman Individu Teknik Nontes. Kencana.
Rahmat, R., Jabri, U. M., & Firdayanti, F. (2023). pengaruh metode pengumpulan data berupa observasi menurut persepsi arikunto. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 791–795. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1168
Rahmawati, E., Oktavia, C., & Sholichah, I. F. (2022). Teknik Self-Management untuk Menurunkan Perilaku Membolos pada Siswa Kelas XI. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 6(2), 123. https://doi.org/10.20961/jpk.v6i2.67377
Rakos, R. F. (2023). John B. Watson’s 1913 “behaviorist manifesto”: Setting the stage for behaviorism’s social action legacy. Revista Mexicana de Analisis de la Conducta, 39(2), 99–118. https://doi.org/10.5514/rmac.v39.i2.63920
Ratna Juwita, & Dinar Nur Inten. (2022). Implikasi Pendidikan QS Al-Kahfi Ayat 70 tentang Etika Komunikasi Murid kepada Guru. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 133–138. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1518
Saktisyahputra, S. (2023). Pemanfaatan Website WWW.Pulokambing.Com Sebagai Media Rumah Kreatif Bersatu Nusantara (RKBN) Pulokambing Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 9–15. https://doi.org/10.31334/jks.v2i1.287
Santoso, G., Rahmawati, P., Murod, M., & Setiyaningsih, D. (2023). Hubungan Lingkungan Sekolah dengan Karakter Sopan Santun Siswa. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01), 91–99. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/131/36
Schramm, W. (2022). The Process and Effects of Communication. University of Illinois Press.
Sinuhaji, B. C., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2023). Pengaruh Konseling Behavioral Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 452. https://doi.org/10.29210/1202323017
Siti, N., & Nandang, B. (2023). Teknik Self-Management Dalam Mereduksi Body Dysmorphic Disorder. Panduan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kerja Keras Siswa Pengantar, 2, 1–7.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Ilmiah. Metode Penelitian Ilmiah, 84, 116.
Sugiyono, S. (2018). Metodologi Pendidikan. ALFABETA, cv.
Sukanda, R. S., & Yulianti, Y. (2022). Tinjauan Atas Prosedur Persediaan Barang Dagang Pada Pt. Perkebunan Nusantara Nusantara Viii Unit Industri Hilir Teh Bandung. Jurnal Riset Akuntansi –, IX(1).
Supriani, A., Hidayat, I., Setiawan, A., & Lubis, A. (2023). Hubungan Antara Pengendalian Diri dengan Perilaku Agresif pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Journal on Education, 6(1), 2044–2049. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3187
Sustiyo Wandi, T. N., & Agus, R. (2023). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga Di Sma Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524–535.
Syahwani, U. (2023). Strategi Cooperative Learning Model Jigsaw Dalam Pembelajaran Ips Di Kelas Ix Mts Negeri Ketapang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11346
Triwahyuni, E., Lolongan, R., Riswan, R., & Suli’, S. (2022). Peranan Konsep Teori Behavioristik B. F. Skinner terhadap Motivasi dalam Menghadiri Persekutuan Ibadah. Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray Makassar, 10.
Wardani, S. (2022). Peranan Konselor Dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 12–18.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Winokur, S. (2023). Skinner’S Theory of Behavior an Examination of B. F. Skinner’S Contingencies of Reinforcement: a Theoretical Analysis 1. Journal of the Experimental Analysis of Behavior, 15(2), 253–259. https://doi.org/10.1901/jeab.1971.15-253
Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino. (2023). Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik Covid-19. 4(1).
Zaini Miftach. (2023). Pelaksanaan Layanan Konseling Individu Teknik Self Management Dalam Mengatasi Perilaku Membolos Peserta Didik Di Sma Negeri 16 Bandar Lampung.
DOI: https://doi.org/10.24176/mrgc.v3i2.14613
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##
Visitor:
Lisensi
Lisensi Jurnal Muria Reseach Guidance and Counseling (MRGC) menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Didedikasikan untuk: