ANALISIS VIDEO EDUKASI BERBASIS BEHAVIOR MODIFICATION (B-MOOD) DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU POSITIF ANAK
Sari
Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam membentuk perilaku positif anak usia dini, seperti disiplin, empati, tanggung jawab, dan kerja sama. Akan tetapi, tantangan utama dalam implementasinya yaitu kurangnya media pembelajaran yang efektif dan menarik bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas video edukasi berbasis Behavior Modification (B-Mood) dalam membentuk perilaku positif anak usia dini di Kabupaten Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, analisis isi, dan wawancara mendalam terhadap 65 anak, guru, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi, persentase anak yang menunjukkan perilaku disiplin, empati, tanggung jawab, dan kerja sama masing-masing sebesar 32%, 28%, 30%, dan 26%. Setelah pemutaran video edukasi Simajiro selama 12 minggu, terjadi peningkatan signifikan, dengan disiplin mencapai 78%, empati 74%, tanggung jawab 80%, dan kerja sama 76%. Analisis menunjukkan bahwa efektivitas video ini didukung oleh teori Behavior Modification dari Skinner, yang menekankan penguatan positif (positive reinforcement), serta teori Social Learning dari Bandura, yang menjelaskan bahwa anak-anak belajar melalui observasi dan imitasi model peran. Dengan demikian, video edukasi berbasis Behavior Modification terbukti menjadi media pembelajaran yang efektif dalam membentuk perilaku positif anak usia dini, memberikan alternatif inovatif bagi pendidik dan orang tua dalam menanamkan nilai-nilai karakter secara lebih menarik dan interaktif di era digital
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amalric, M., & Cantlon, J. F. (2023). Entropy, complexity, and maturity in children’s neural responses to naturalistic video lessons. Cortex, 163, 14–25. https://doi.org/10.1016/j.cortex.2023.02.008
Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Prentice Hall.
Botelho, M. G., Gao, X., & Jagannathan, N. (2019). A qualitative analysis of students’ perceptions of videos to support learning in a psychomotor skills course. European Journal of Dental Education, 23(1), 20–27. https://doi.org/10.1111/eje.12373
Breuer, L. E., Lindow, S., & Betsch, T. (2024). In Spiderman we trust: The influence of familiar media characters on the decision-making of primary school children. Acta Psychologica, 249(August). https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2024.104470
Janapati, G., & Vijayalakshmi, V. (2024). Creating a resilient pedagogy: Character strengths intervention for aspiring educators. Acta Psychologica, 249(June), 104465. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2024.104465
Lin, P. Y., Huang, Y. H., Chen, J. S., Sharma, R. K., Das, K., Sukul, U., Dey, G., Banerjee, P., Shinde, M., Taharia, M., & Chen, C. Y. (2024). Cost-effective microbial induced ZnO synthesis for building material: Antibacterial, photocatalytic and mechanical characteristics. Environmental Technology and Innovation, 36, 103762. https://doi.org/10.1016/j.eti.2024.103762
Moleong, L. J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Murray, J., & Watson. (2024). No TitleThe impact of educational videos on children’s character development. Journal of Early Childhood Education. Journal of Early Childhood Education, 45(2), 112–128.
Pellizzoni, S., Cuder, A., De Vita, C., & Passolunghi, M. C. (2024). Exploring the effect of numerical video training on at-risk preschool children. Journal of Applied Developmental Psychology, 95(February), 101714. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2024.101714
Russell, S. J., Wang, J. J., & Cain, K. (2024). The influence of story character realism and theme on protagonists’ internal states and dialogue in children’s retells. Cognitive Development, 71(June 2022), 101458. https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2024.101458
Skinner, B. F. (1938). The Behavior of Organisms: An Experimental Analysis. Massachusetts: B.F. Skinner Foundation.
Sugiarti, R., Erlangga, E., Suhariadi, F., Winta, M. V. I., & Pribadi, A. S. (2022). The influence of parenting on building character in adolescents. Heliyon, 8(5). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09349
DOI: https://doi.org/10.24176/mrgc.v4i1.14704
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##
Visitor:
Lisensi
Lisensi Jurnal Muria Reseach Guidance and Counseling (MRGC) menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Didedikasikan untuk: