PENERAPAN KONSELING BEHAVIORISTIK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AN-ANFAL SARANG REMBANG

Fanailul Amaliyah
Santoso Santoso
Sumarwiyah Sumarwiyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) Menemukan faktor-faktor apa yang menjadi penyebab kejenuhan belajar di Pesantren An Anfal Sarang Rembang.2) Apakah penerapan konseling Behavioristik dengan teknik Self Menegement bisa mengatasi kejenuhan belajar di Pesantren An Anfal Sarang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dirancang dalam bentuk studi kasus. Subyek yang diteliti ada 2 santri pesantren An Anfal sarang yaitu SA dan AMN. Yang mengalami kejenuhan belajar. Metode pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dilakukan secara mendalam sehingga nantinya akan mendapatkan hasil yang akurat dalam penelitian. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setelah konseli diberikan Konseling Behavioristik teknik self management peneliti mengetahui penyebabnya. Yang masih sering kurangnya motivasi dirinya untuk belajar, tidak adanya dukungan dari orang tua dan tidak nyaman dengan suasan kelas akbibatnya santri sering berbicara dengan temanya, sering telat masuk kelas yang sesuai jadwal yang sudah ditetapkan, sering tidak bertanya jika kurang paham dengan pembelajaran, sering tidak menyelesaikan tugas atau ulangan, sering terlambat megumpulkan tugas.

Keywords


Konseling Behavioristik; Self Management; Kejenuhan Belajar pada Santri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AM, Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, suhasimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Aunurahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Azwar, Saifuddin. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Corey, Gerald. 2013. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Terjemah E. Koswara. Bandung: PT Refika Aditama. Dimiyati, M dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Gunawan, Imam. 2013. Metode Peneleitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara. Hakim T. 2008. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara. Haris, herdiansyah. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika. Hartono & Boy Soedarmadji. 2012. Psikologi Konseling. Jakarta: Kharisma Putra Utama. Komalasari, Gartina. Wahyuni, Eka. dan Karsih. 2014. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks. Latipun. 2011. Psikologi Konseling (Edisi Ketiga). Malang: Universitas Negeri Malang. Makalah Motivasi Beljar dan kejenuhan. (2013). Tersedia dalam http://kumpulanmakalah-kedokteran-psikologi.blogspot.com/2013/11/makalah-motivasi-belajar-dan-kejenuhan.html (online) (diakses 07 Febuari 2021). Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.24176/mrgc.v1i1.8603

Article Metrics

Abstract views : 237| PDF views : 232

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2022 Muria Research Guidance and Counseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Visitor:

Flag Counter

 

Lisensi

Creative Commons License

Lisensi Jurnal Muria Reseach Guidance and Counseling (MRGC) menggunakan lisensi  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.