Pelaksanaan Pengajaran Pengayaan untuk Siswa Yang Memiliki Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Kurikulum 2013

Ketut Ayu Lola Monika - [ https://orcid.org/0000-0003-1936-2733 ]
Syahrawi Mahendra
Kadek Suranata

Abstract


Ada beberapa hal yang menjadi sari dalam penelitian ini. Pertama, pemahaman wali kelas terhadap pengajaran pengayaan sudah baik. Hal ini terlihat dari jawaban yang memberikan gambaran bahwa wali kelas tersebut sudah mampu memahami dengan baik tentang pengajaran pengayaan. Kedua, pelaksanaan pengajaran pengayaan khususnya siswa yang memiliki prestasi belajar di kelas III/A SD Lab. Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2018 /2019 telah berjalan dengan baik sesuai dengan prosedur pelaksanaan pengajaran pengayaan dalam Kurikulum 2013. Ketiga, masalah-masalah yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan pengajaran pengayaan pada Kurikulum 2013 di Kelas III/A SD Lab Undiksha Singaraja, yaitu (1) perbedaan karakteristik siswa, (2) perbedaan minat dan bakat, dan (3) masalah sulitnya guru dalam mengatur jam pembelajaran.

Teks Lengkap:

75-82

Referensi


Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amstrong, David G. & Savage, Tom V. (1983), Secondary Education: An Introduction. New York: Macmillan Publishing Co., Inc.

Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Indonesia. 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Khodijah, N. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Kratwhol, D., Bloom, B.,&Masia, B. (1994). Taxonomy of Educational Objectives, the classifications of educational goals: Affective Domain. 2nd ed. London: Logman Group LTD.

Kunandar. (2010). Penilaian Autentik (Rev.ed.). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Masjid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. (2013). Panduan Teknis Pembelajaran Remidial dan Pengayaan di Sekolah Dasar.

Subandi. (2011). Qualitative Description as one Method in Performing Arts Study. Harmonia, (19), 173–179.

Usman, Moh Uzer&Lilis S. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Utami Munandar, SC., (1982). Pemanduan Anak Berbakat. Jakarta: CV Rajawali.

Wendra, I. W. (2014). Penulisan Karya Ilmiah: Buku Ajar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.




DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v1i2.2303

Article Metrics

Abstract views : 1025| 75-82 views : 4420

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter