PENGARUH MODEL NHTBERBANTUAN KARTU PERTANYAAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III

lisna devi
Ketut Pudjawan
Kadek Suranata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran (NHT) Numbered Head Together berbantuan kartu pertanyaan kontekstual dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas III di SD Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Gugus I Kecamatan Buleleng. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes.Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes pilihan ganda.Data berupa nilai hasil belajar IPA dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran (NHT) Numbered Head Together berbantuan kartu pertanyaan kontekstual dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SD di Gugus I Kecamatan Buleleng. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (6,09) ,p  0,05. Selanjutnya, rata-rata skor hasil belajar IPA siswa menggunakan model Numbered Head Together berbantuan kartu pertanyaan kontekstual yaitu 28,13 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar IPA siswa menggunakan model  pembelajaran konvensional yaitu 17,50. Dengan demikian, model pembelajaran (NHT) Numbered Head Together berbantuan kartu pertanyaan kontekstual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD di Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019.


Teks Lengkap:

61-70


DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v2i2.3489

Article Metrics

Abstract views : 179| 61-70 views : 160

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter