PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

.Endah Rita S
Rivanna Citraning R
Lailatul Mustofiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan pembelajaran project based learning terhadap kreativitas  dan hasil belajar kognitif siswa SMA kelas X pada materi pencemaran lingkungan. Desain penelitian yang di gunakan Quasi Experimentdengan jenis Non-Equivalent Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian adalah kelas X SMA Islam Al Fattah Semarang dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel yang di gunakan yaitu satu kelas eksperimen yang di berikan perlakuan pembelajaran menggunakan project based learning yaitu suatu model pembelajaran sistematis dengan melibatkan siswa dalam mempelajari pengetahuan dan ketrampilan melalui proses yang terstruktur, pengalaman nyata dan teliti untuk merancang produk dan satu kelas kontrol yang di beri perlakuan pembelajaran model konvensional. Data yang di peroleh kuantitatif yaitu nilai pengetahuan kognitif dan kreativitas siswa. Hasil penelitian di uji dengan menggunakan uji t  yang di dapat dari pembelajaran tersebut  terjadi perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (t hitung = 5,725, t tabel = 1,677, dengan taraf  ɑ 5% dan dk = 47) karena t hitung lebih besar dari t tabel = 5,725 lebih besar dari 1,677, maka terdapat pengaruh antara pembelajarn menggunakan model Project Based Learning dengan Pembelajaran menggunakan model Konvensional. Hasil penilaian kreativitas siswa meningkat hingga 79,75 % pada kelas eksperimen dan 74 % pada kelas Kontrol, penilan kreativitas meliputi aspek keaslian (orisinalitas), kelancaran berfikir, keluwesan (fleksibel), berfikir terperinci (elaborasi). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran project based learning berpengaruh terhadap hasil belajar pengetahuan kognitif dan kreativitas siswa.


Teks Lengkap:

71-77

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anazifa, R. D., & Hadi, R. F. (2016). Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dalam Pembelajaran Biologi. ISSN .

Arikunto, P. S. (2012). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dr. Supardi, M. P. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Efektif, Kognitif dan Psikomotorik. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Drs.Margono.S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Fiteriani, i., & Baharudin. (2017). Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif yang Berkombinasi Pada Materi IPA Di MIN Bandar Lampung.

Fitriana, Surbakti, A., & T.Marpaung, R. R. (t.thn.). Kreativitas Siswa Pada Materi Daur Ulang Limbah Menggunakan Model PjBL.

Furi, L. M., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu.

Handayani, P. H., Gandamana, A., & Farihah. (2017). Pengembangan Kreativitas Anak UsiaDini Dalam Keluarga.

Kenedi. (2017). Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas II SMP Negeri 3 Rokan IV koto.

Maula, M. M., Prihatin, J., & Fikri, K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran PJBL (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengelolaan Lingkungan.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: REFERENSI (GP Press Group).

Munandar, P. D. (1999). Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT.Gramedia.

Munandar, P. U. (1999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: pusat perbukauan departemen pendidikan dan kebudayaan dengan PT. Rineka Cipta.

Nurhayati, N., Mukhlis, & Jaya, A. (2015). Biologi untuk SMS/MA Kelas X. Bandung: Yrama Widya.

Permana, I. P., Achmad, A., & Yolida, B. (2015). Penggunaan Poster Melalui Pembelajaran Kooperatif STAD Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar.

Rohana, R. S. (t.thn.). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Penguasaan Konsep Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, D., & Rivai, D. A. (1991). Media Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru Bandung.

Sugiyono, R. D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta,Cv.

Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarata: Pustaka Pelajar.

Titu, M. A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learnig (PjBL) Untuk meningkatkan Konsep Masalah Ekonomi.

Triani, W., Zulkarnain, & Kurnia, R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi.

Widoyoko, M. P. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.





DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v3i2.3672

Article Metrics

Abstract views : 781| 71-77 views : 572

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter