Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Interaksi Sosial Serta Dampaknya Pada Kemandirian Peserta Didik

Taryani Taryani
Samtono Samtono
Hani Listyorini

Abstract


This research aims to know the influence of parenting pattern and the school environment to social interaction as well as its impact on the independence of learners. The research was done in quantitative approach. A sample of 147 students of State Junior High School 2 Ambarawa taken proportionate stratified random sampling. Data collection techniques used questionnaires. The data are tested and analyzed using multiple linear regression SPSS version 11. Based on the results of analysis of research data can be concluded that : 1. Parental Parenting Patterns do not positively and significantly affect Social Interaction. 2. School environment affects positively and significantly to social interaction. 3. Parents' Parenting Patterns influence positively and significantly on Independence. 4. School environment affects positively and significantly on Independence. 5. Social Interaction affects positively and significantly to Independence. 6. Social interaction does not mediate the influence of Parenting Patrons to Self-Reliance. 7. Social Interaction does not mediate the influence of the School Environment on Independence

Teks Lengkap:

77-84

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aswar, Saifuddin. 2008. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Enung,Fatimah. 2006.Psikologi Perkembangan Peserta Didik,Bandung : Pustaka Setia.

Febriany,Rani.2013.Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengerjakan Tugas-Tugas.UNP

Ghozali,Imam.2009.Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS,Edisi Keempat: Universitas Diponegoro.

Hadikusumo, Kunaryo. 2005. Pengantar Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Junaidi, Wawan. 2010. Pola Pengasuhan dan Perhatian Orang Tua. Bandung: Alfabeta.

Malayu, S.P. Hasibuan, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Cetakan 9. PT. Bumi Aksara

Mulyasari.Mega.2014.Peran Guru BK dan Guru Mata Pelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.UNP.

Permendikbud RI No. 111/2004 Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Prayitno. 2005. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Pujosuwarno, Sayekti. 2004. Pola Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Jenmars

Ratnasari, Neneng.2010.Hubungan Perhatian Orang Tua,Layanan Bimbingan Konseling dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar.Tesis.UNP.

Santrock, J.W. 2007. Psikologi Pendidikan (edisi kedua). (Penerj. Tri Wibowo B.S).

Jakarta: Kencana.

Sardiman, AM.2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Siswanto. 2010. Pengaruh Layanan BK terhadap Pembentukan Karakter Anak.

Slameto.2003.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.

STIEPARI.2013.Pedoman Penelitian Tesis.Semarang.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Soemardi. 2004. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Suryana,A.2006.Pengelolaan Kelas.Bandung.Alfabeta.

Triyono.2008.Bimbingan Konseling.DeppenasUM Malang Panitia Sertifikasi Guru (PSG).Malang

Uno, Hamzah B.2010.Teori Motivasi dan Pengukurannya.Cet.6.Jakarta: Bumi Aksara.

Utaminingsih.Diah.2017.Penggunaan Layanan Bimbingan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa.UNILAM

Yamin, Martinis. 2009. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa.Jakarta: Gaung Persada Press




DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v2i2.4326

Article Metrics

Abstract views : 694| 77-84 views : 508

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter