Permainan Tonnis Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bermain Tenis

Bambang Supriyatno

Abstract


Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Melalui permainan tonnis untuk meningkatkan aktivitas dan hasil bermain tenis pada siswa kelas VII B semester  1 tahun pelajaran 2019/2020. Sedangkan tujuan umum dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil bermain tenis siswa kelas VII B semester 1 Tahun pelajaran 2019/2020.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B dengan jumlah siswa adalah 34 siswa. Permainan tonnis dapat membantu siswa dalam meningkatkan aktivitas  belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan khususnya materi tenis. Tindakan penelitian dengan penerapan bermain tonnis untuk meningkatkan hasil bermain tenis dalam kelompok dapat dikatakan berhasil, karena adanya penguasaan teknik dasar dan peraturan permainan tonnis serta tindakan dan kemauan untuk bergerak. Pemilihan metode belajar yang tepat dengan permainan tonnis dapat menimbulkan respon positif dan sangat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan bermain tenis.


Teks Lengkap:

50-56

Referensi


Belka, David E. 1994. Teaching Children Games, Becoming a master Teacher. United State of America : Human Kinetics Publishers, Inc

Griffin. Linda L. 1997. Teaching Sport Coceepts and Skill, A Tactical Games Approach. United State of America : Human Kinetics Publishers, Inc

Khomsin. 2011. Makalah Pembinaan Olahraga Usia Dini Melalui Model Multilateral. Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES Semarang.

Moh. Uzer. 1996 . Strategi Belajar Mengajar . Bandung: Bandung Offset

Purwodarminto. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustakaa.

Sri Wahyuni. 2010. Buku Pendidikan Jasmani,Olahraga, dan Kesehatan untuk kelas VII SMP dan MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional

Drs.Tri Nurharsono,M.Pd dan Sri Haryono,S.Pd. M.Or . 2005. Permainan Tonnis. Semarang: FIK UNNES Semarang




DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v3i2.5416

Article Metrics

Abstract views : 234| 50-56 views : 548

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter