Meningkatkan Motivasi Bekerja Guru Melalui Program Supervisi

Darji Darji

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah, dimana tujuan dari penelitian ini adalah ntuk meningkatkan motivasi kerja Guru di SMP Negeri 2 Suruh, Kabupaten Semarang. Dari data awal diketahui bahwa dari 26 orang guru di SMP Negeri 2 Suruh, 9 guru diantaranya memiliki tingkat motivasi kerja yang tergolong rendah dengan skor rata-rata sebesar 42,11 (38,99%). Penelitian tindakan ini dilakukan terhadap 9 guru yang memiliki motivasi kerja rendah. Pada siklus I  terjadi peningkatan skor Motivasi kerja guru sebesar 17,44 (44,74%) dari sebelumnya (pra siklus) yang kemudian mengalami peningkatan lagi sebesar 25,22 (45,74%) dari siklus I ke siklus II. Kemudian dari nilai supervisi guru mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 0,56 dengan persentase sebesar 1,16%. Selanjutnya terjadi peningkatan lagi dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 4,22 dengan persentase 8,74%. Yang terakhir pada observasi tentang sikap guru didapatkan hasil bahwa terjadi peningkatan sikap guru yang positif sebesar 2,22 atau 20,83% dari siklus I ke siklus II.


Teks Lengkap:

13-19

Referensi


Abbas, Yusra. 2013. Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Kompetesi dan Kinerja Guru. Humanitas, Vol. X No. 1 Januari 2013.

Abrani Syauqi dkk. 2016. Supervisi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Aswaja, 2016.

Agung, Iskandar dan Yufridawati. 2013. Pengembangang Pola Kerja Harmonis dan Sinergis antara Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Anoraga, Panji. 2009. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Ardiana, Titin Eka. 2014. Pengaruh Motivasi Kerja dan Persepsi Guru Atas Gaya Kepemimpina Situasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK DI Kota Madiun. Tesis. Surakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Sebelas Maret.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saefuddin. 2014. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR

Barnawi dan Mohammad Arifin. 2014. Kinerja Guru Profesional: Instrumen Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Dadang Suhertian. 2010. Supervisi Profesional, Bandung:Alfabeta.

Daryanto dan Tutik Rachmawati. 2015. Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media,

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI OFFSET. Darmada, I Ketut, dkk. 2013. Kontribusi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Se- Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesa Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013).

Daryanto dan Mohammad Farid. 2013. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Departemen Pendidikan Nasional, Pendidikan dan Pelatihan: Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru,( Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan,2007),h.7

Departemen Pendidikan Nasional, Metode, Teknik Supervisi Akademik dan Pengembangan Instrumen,h.11

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

E. Mulyana, 2013. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Kontek Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko, Hani T. 2014. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Iskandar. 2012. Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Se-Kabupaten Kendal. Educational Management 1 (2) (2012). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman. (diakses 4 September 2020)

Jamaris, Martini. 2013. Orientasi dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Galia Indonesia.

Kaliri. 2008. Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Negeri Di Kabupaten Pemalang. Tesis. Semarang: Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Karweti, Engkay. 2010. Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Kabupaten Subang. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 11 No. 2.

Kompri. 2014. Manajemen Sekolah: Teori dan Praktik. Bandung: ALFABETA. Mulyasa. 2012. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: REMAJA POSDAKARYA.

.2013. Uji Kompetensi dan Peniliain Kinerja Guru. Bandung: REMAJA POSDAKARYA.

Lantip Diat Prasojo & Sudiyono, Supervisi Pendidikan, (Yogyakarta: Gava Media,2011),h.87-88

Maryono. 2011. Dasar-Dasar dan Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan. Jogjakarta : Arruz Media.

Muhtar dan Iskandar, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, h.54

Ngalim Purwanto. 2017. Administrasi dan Supervisi Penidikan, Bandung : Remaja Rosda Karya

Nimpuno, dkk. 2014. Kamus Bahasa Indonesia (Edisi Baru). Jakarta: Pandom Media Nusantara.

Nurrohmadi, Latif. 2011. Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Guru Terhadap Kinerja Guru. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Piet A. Suhertian. 2010. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta : Rineka Cipta. h.9

Pratiwi, Suryani Dewi. 2013. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Persepsi Guru, dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMP Negeri Di Kabupaten Wonogiri. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri. Vol. No. 1. http://jurnal.fkip.ac.id. (diakses 15 Oktober 2020)

Priansa, Donni Juni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: ALFABETA




DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v4i1.5965

Article Metrics

Abstract views : 217| 13-19 views : 591

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter