Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Pada Peserta Didik Kelas X

Edy Suprapto

Abstract


Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi sistem persamaan linear tiga variabel setelah dilaksanakan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Sebagai varibel indikator yang diamati meliputi keaktifan peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action reseach). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Gebog pada semester gasal tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dimulai dari minggu keempat bulan September sampai minggu kedua bulan Desember 2018. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Sumber data diambil dari peserta didik, pengamatan langsung oleh observer kepada peserta didik dan teman sejawat. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan pengamatan, tes dan dokumentasi hasil belajar sebelumnya. Untuk menganalisa data, peneliti menggunakan lembar observer dan diskripsi komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan melihat rata-rata untuk kedua variabel indikator tersebut di atas mengalami peningkatan dan pada akhirnya melampaui batas tuntas dari siklus ke siklus. Untuk variabel keaktifan secara individu berturut-turut dari 56,8% menjadi 78%; dan keaktifan peserta didik secara kelompok berturut-turut dari 62,3% menjadi 85%. Untuk variabel hasil belajar berturut-turut dari pra siklus sampai siklus 2 adalah 19%, 62% dan 83%. Hasil penelitian, model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat memberi kontribusi yang berarti pada peningkatan hasil belajar matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Gebog semester gasal tahun pelajaran 2018/2019.

Teks Lengkap:

52-60

Referensi


Arikunto, Suharsimi. (2010) Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Ali, Muhammad. (2004). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Alggensindo.

¬¬Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta : UNS Press.

¬________. (2011). Penilaian Hasil Belajar. Program Pascasarjana: UNS Press.

Depdiknas. (2004). Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Matematika. Jakarta.

Direktorat Pendidikan Menengah Umum. (1995). Petunjuk Teknis Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Balai Pustaka.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran:Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Jihad, Asep. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Jihad, Asep. (2008). Evaluasai Pembelajara. Yogyakarta: Multi Presindo,

Khalid, A., & Azeem, M. (2012). Constructivist Vs Traditional: Effective Instructional Approach in Teacher Education. International Journal of Humanities and Social Science, 2(5), 170-177.

Lie. A. (2006). Mempraktikan Kooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta :

Grasindo.

Mengduo, Q. & Xiaoling, J. (2010). Jigsaw Strategy as a Cooperative Learning Technique: Focusing on the Language Learners. Chinese Journal of Applied Linguistics (Bimonthly), 33(4), 113-125.

Nadhiroh, A.. (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Pemecahan Masalah Model Polya Dengan Strategi Berdendang dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Durenan. Tulungagung: Skripsi Prodi Tadris Matematika Jurusan Tarbiyah STAIN.

Ningsih, Ari Yunita. (2011). Upaya peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan struktural Think Pair Share pada siswa kelas II SD Negeri 01 Dagen Jaten Karanganyar. Surakarta: FKIP UMS.

Novita, Rita. (2008). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Materi Trigonometri di Kelas XI IA 1 SMA Negeri 8 Banda Aceh. Meulaboh: Skripsi Prodi Pendidikan Matematika-STKIP Bina Bangsa.

Olivia, F. (2003). Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Modul Diklat Instruktur/ Pengembang Matematika SMP Jenjang Dasar, Dirjen Dikdasmen Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika.

Suyitno, A.. (1997). Pengukuran Skala Sikap Seseorang Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Semarang: FMIPA IKIP Semarang.

Sudijono, A. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suparno, Paul. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Slavin, R.E. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media

S. Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

__________. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tella. (2008). The Impact of Constructivism on Education: Language, Discourse, and Meaning. American Communication Journal Volume 5, Issue 3, Spring 2002 http://ac-journal.org/journal/vol5/iss3/special/jones.pdf

Tim Redaksi. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Wayan, I Santyasa. (2007). Model – model Pembelajaran Inovati., Makalah dalam pelatihan tentang penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-guru SMP dan SMA, FPMIPA Universitas Pendidikan Ganesha

Winastwan, Gora. (2010). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media.




DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v4i1.5982

Article Metrics

Abstract views : 363| 52-60 views : 314

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter