Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Pada Peserta Didik Kelas X
Abstract
Teks Lengkap:
52-60Referensi
Arikunto, Suharsimi. (2010) Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Ali, Muhammad. (2004). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Alggensindo.
¬¬Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta : UNS Press.
¬________. (2011). Penilaian Hasil Belajar. Program Pascasarjana: UNS Press.
Depdiknas. (2004). Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Matematika. Jakarta.
Direktorat Pendidikan Menengah Umum. (1995). Petunjuk Teknis Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Balai Pustaka.
Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran:Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Jihad, Asep. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Jihad, Asep. (2008). Evaluasai Pembelajara. Yogyakarta: Multi Presindo,
Khalid, A., & Azeem, M. (2012). Constructivist Vs Traditional: Effective Instructional Approach in Teacher Education. International Journal of Humanities and Social Science, 2(5), 170-177.
Lie. A. (2006). Mempraktikan Kooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta :
Grasindo.
Mengduo, Q. & Xiaoling, J. (2010). Jigsaw Strategy as a Cooperative Learning Technique: Focusing on the Language Learners. Chinese Journal of Applied Linguistics (Bimonthly), 33(4), 113-125.
Nadhiroh, A.. (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Pemecahan Masalah Model Polya Dengan Strategi Berdendang dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Durenan. Tulungagung: Skripsi Prodi Tadris Matematika Jurusan Tarbiyah STAIN.
Ningsih, Ari Yunita. (2011). Upaya peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan struktural Think Pair Share pada siswa kelas II SD Negeri 01 Dagen Jaten Karanganyar. Surakarta: FKIP UMS.
Novita, Rita. (2008). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Materi Trigonometri di Kelas XI IA 1 SMA Negeri 8 Banda Aceh. Meulaboh: Skripsi Prodi Pendidikan Matematika-STKIP Bina Bangsa.
Olivia, F. (2003). Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Modul Diklat Instruktur/ Pengembang Matematika SMP Jenjang Dasar, Dirjen Dikdasmen Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika.
Suyitno, A.. (1997). Pengukuran Skala Sikap Seseorang Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Semarang: FMIPA IKIP Semarang.
Sudijono, A. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suparno, Paul. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Slavin, R.E. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media
S. Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
__________. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tella. (2008). The Impact of Constructivism on Education: Language, Discourse, and Meaning. American Communication Journal Volume 5, Issue 3, Spring 2002 http://ac-journal.org/journal/vol5/iss3/special/jones.pdf
Tim Redaksi. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.
Wayan, I Santyasa. (2007). Model – model Pembelajaran Inovati., Makalah dalam pelatihan tentang penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-guru SMP dan SMA, FPMIPA Universitas Pendidikan Ganesha
Winastwan, Gora. (2010). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media.
DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v4i1.5982
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.