Kemandirian dan Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Aktif Angkatan 2020

Nabela Febika Areta Nanda, Niken Titi Pratitis, Isrida Yul Arifiana

Abstract


The decreasing number of jobs and the increasing number of students who are more oriented towards finding work have the potential to increase unemployment rates in the future. Students as people who will enter the world of work need an interest in entrepreneurship as a basis for opening new jobs. This study aims to see whether student independence is related to their interest in entrepreneurship. The design of this study is quantitative correlational with the Spearman's Rho analysis method. A total of 247 students were involved in this study, collected using quota sampling techniques taken from 2686 students of the 2020 intake of the Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya with the calculation of the Isaac and Michael table. The measuring instruments used were the independence scale (α:0.932) and the entrepreneurial interest scale (α:0.944). The results of the study showed a positive correlation between the level of independence and students' entrepreneurial interest (r:0.993; p <0.001). A high level of independence makes students believe in their own abilities and not depend on external factors so that they can overcome thoughts about the risk of failure so that students become more interested in becoming entrepreneurs.


Semakin berkurangnya lapangan pekerjaan serta semakin banyaknya mahasiswa yang lebih berorientasi mencari kerja menjadi potensi semakin tingginya angka pengangguran di masa mendatang. Mahasiswa sebagai insan yang akan terjun pada dunia kerja memerlukan minat untuk berwirausaha sebagai dasar membuka lapangan pekerjaan yang baru. Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat ada tidaknya korelasi antara tingkat kemandirian dengan minat berwirausaha mahasiswa. Desain penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan metode analisa Spearman’s Rho. Sebanyak 247 mahasiswa terlibat dalam penelitian ini yang dihimpun menggunakan teknik quota sampling yang diambil dari 2686 mahasiswa angkatan 2020 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dengan perhitungan tabel Isaac dan Michael. Alat ukur yang digunakan adalah skala kemandirian (α:0,932) dan skala minat berwirausaha (α:0,944). Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif antara tingkat kemandirian dengan minat berwirausaha mahasiswa (r=0,993; p<0,001). Tingkat kemandirian yang tinggi menjadikan mahasiswa meyakini kemampuan dirinya dan tidak tergantung pada faktor eksternal sehingga dapat mengatasi pemikiran akan resiko kegagalan sehingga mahasiswa menjadi lebih berminat untuk berwirausaha.


Keywords


autonomy; entrepreneurship intention; college students

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, B., & Harnanik, H. (2015). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas xi smk islam nusantara comal kabupaten pemalang. Dinamika Pendidikan, 10(1), 42–52. https://doi.org/10.15294/dp.v10i1.5093

Crow, L., & Crow, A. (1989). Psychologi pendidikan. Yogyakarta: Nur Cahaya.

Deny, S. (2024). Mau jadi negara maju, rasio wirausaha indonesia dibidik 3,95%. Liputan6. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5525169/mau-jadi-negara-maju-rasio-wirausaha-indonesia-dibidik-395

Dhaneswari, R. (2016). Hubungan kemandirian dengan minat berwirausaha siswa sekolah menengah kejuruan negeri 1 sewon bantul yogyakarta. Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 2(1), 51-57. https://doi.org/10.30738/keluarga.V2I1.1817

Fahmi, I. (2013). Kewirausahaan teori, kasus, dan solusi. Bandung: Alfabeta.

Hadiyati, H., & Fatkhurahman, F. (2021). Dampak kepercayaan diri mahasiswa berwirausaha melalui lingkungan keluarga dan kemandirian. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(1), 77–84. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i1.213

Hendrawan, A., Yulianeu, A., Sucahyawati, H., & Indriyani, I. (2018). Pengembangan kompetensi umkm dengan pembelajaran organisasi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(4), 489–496. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v1i4.53

Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh sikap mandiri, motivasi, pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (Studi kasus pada mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 2(03), 291–314. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/8971/7517

Karimah, N. U., & Daliman, S. U. (2016). Hubungan antara efikasi diri dengan intensi berwirausaha pada mahasiswa fakultas psikologi universitas muhammadiyah surakarta. Universitas Muhammdiyah Surakarta.

Ketaren, B. A., & Wijayanto, P. (2021). Pengaruh kemandirian dan self efficacy terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa FEB UKSW. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 67–78. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk

Komala, K. (2015). Mengenal dan mengembangkan kemandirian anak usia dini melalui pola asuh orang tua dan guru. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 31–45. https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p31-45.90

Kominfo. (2022). Kembangkan wirausaha muda, pemerintah siapkan program dan ekosistem digital. Kementerian Komunikasi Dan Informatika. https://www.kominfo.go.id/content/detail/42857/kembangkan-wirausaha-muda-pemerintah-siapkan-program-dan-ekosistem-digital/0/berita

Lestari, A., Hasiholan, L. B., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh sikap mandiri, lingkungan keluarga dan motivasi terhadap minat berwirausaha para remaja (studi empiris di desa jamus kecamatan mranggen kabupaten demak). Journal Of Management, 2(2). https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/509

Omar, N. A., Shah, N. U., Hasan, N. A., & Ali, M. H. (2019). The influence of self-efficacy, motivation, and independence on students’entrepreneurial intentions. Journal of Nusantara Studies (JONUS), 4(2), 1–28. https://doi.org/10.24200/jonus.vol4iss2pp1-28

Osakede, U. A., Lawanson, A. O., & Sobowale, D. A. (2017). Entrepreneurial interest and academic performance in Nigeria: evidence from undergraduate students in the University of Ibadan. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 6, 1–15. https://innovation-entrepreneurship.springeropen.com/articles/10.1186/s13731-017-0079-7

Puspita, M. D. (2024). Hingga Februari 2024, Jumlah Pengangguran di Indonesia Tembus 7,2 Juta Orang. Tempo. https://www.tempo.co/ekonomi/hingga-februari-2024-jumlah-pengangguran-di-indonesia-tembus-7-2-juta-orang--6750

Putra, R. (2014). Hubungan kemandirian dengan intensi berwirausaha pada mahasiswa universitas brawijaya malang. Universitas Brawijaya.

Ramadhani, D. (2023). Resiliensi pada remaja panti asuhan ditinjau dari kemandirian dan religiusitas. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 8(1), 11–27. https://doi.org/10.20961/jip.v8i1.57637

Rantina, M. (2015). Peningkatan kemandirian melalui kegiatan pembelajaran practical life. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 181–200. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.11

Ratnasari, S. D., Bagyo, Y., & Wulandari, S. A. (2022). Motivasi, kemandirian dan pengetahuan kewirausahaan pengaruhnya terhadap entrepreneurial intention. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 270–281. https://doi.org/10.33474/jimmu.v7i2.18665

Riyandi, S. (2017). HIPMI sebut hanya 4 persen dari 5 juta mahasiswa mau jadi pengusaha. Retrieved April, 7, 2019.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2024). Self-determination theory. In Encyclopedia of quality of life and well-being research (pp. 6229–6235). Jerman: Springer.

Setiawan, I., & Nusantoro, E. (2020). Hubungan antara kemandirian dan konformitas terhadap pengambilan keputusan karir mahasiswa semester 5 fakultas ilmu pendidikan universitas negeri semarang tahun 2019. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 104–123. https://doi.org/10.22373/je.v6i2.6418

Setiawati, S. (2024). Susahnya nyari kerja di RI: Saingan jutaan, lowongan cuma ribuan. https://www.cnbcindonesia.com/research/20240606062916-128-544239/susahnya-nyari-kerja-di-ri-saingan-jutaan-lowongan-cuma-ribuan

Steinberg, L., & Morris, A. (2001). Adolescent development. Journal of Cognitive Education and Psychology, 2, 55–87. https://doi.org/10.1891/194589501787383444

Sugiyono, P. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif. R&D. Alfabeta.

Sulistiani, N. I., Yunika, M., & Sanjaya, V. F. (2023). Pengaruh kemandirian terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa universitas islam negeri raden intan lampung. Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 4(1). https://doi.org/10.57084/bej.v4i1.1036

Suryana. (2013). Ekonomi kreatif, ekonomi baru: mengubah ide dan menciptakan peluang. Penerbit Salemba Empat.

Wanto, S. F. (2014). Pengaruh kemandirian dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha siswa smkn 1 seyegan. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 2(3), 185–192. https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i3.3379

Wati, R. K. (2022). Pengaruh kemandirian, motivasi, dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa kampus duta bangsa di wonogiri. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 2(1), 890. https://ojs.udb.ac.id/index.php/hubisintek/article/view/1472

Widayati, V. (2015). Hubungan antara kemandirian diri dengan motivasi berwirausaha mahasiswa anggota UKM Kopma UNY. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(6). https://journal.student.uny.ac.id/fipbk/article/view/185

Wirausaha Merdeka. (2023). Wirausaha Merdeka mendukung terciptanya 1 Juta Wirausaha Baru di Indonesia. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://wirausahamerdeka.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/info/




DOI: https://doi.org/10.24176/perseptual.v9i2.13544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Psikologi Perseptual (eISSN 2580-9520) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License