Kesadaran Phonologi Dengan Literasi Membaca Pada Anak Disleksia: Kajian Meta Analisis

Trubus Raharjo

Abstract


Meta analisis ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesadaran phonologi dengan literasi membaca pada anak disleksia. Disleksia merupakan salah satu bentuk gangguan neuropsikologi pada individu yang berkaitan denga literasi membaca. Literasi membaca merupakan kemampuan kognitif untuk memasukkan informasi, menyimpan dan memproses phonologi. Seorang dengan kemampuan membaca yang buruk dapat dipengaruhi oleh kesadaran phonologi. Literasi membaca dapat dipengaruhi oleh kesadaran phonologi. Sebanyak 2080 sampel dan 27 data hubungan kesadaran phonologi dengan literasi membaca dikumpulkan dari 20 naskah yang dipublikasikan rentang tahun 2001 - 2015. Lokasi observasi dari studi-studi tersebut mencakup benua Asia, Eropa, Amerika. Hasil analisis data pada studi meta analisis ini menunjukkan bahwa hubungan tersebut tergolong sedang dengan korelasi (ř) sebesar 0.53, standar deviasi (SD) sebesar 0.373, dan interval kepercayaan berada pada rentang -0.591 lebih kecil dari ř lebih kecil dari 0.837, artinya nilai  (ř) dapat diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan antara kesadaran phonologi dengan literasi dapat diterima.


Keywords


kesadaran phonologi,disleksia;literasi membaca



DOI: https://doi.org/10.24176/perseptual.v2i2.2675

Article Metrics

Abstract views : 500| PDF (Bahasa Indonesia) views : 559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Psikologi Perseptual (eISSN 2580-9520) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License