Pengaruh Kepribadian Conscientiousness Terhadap Motivasi Belajar Biologi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Bone

Mirna Mirna
Eka Damayanti - [ http://orcid.org/0000-0002-2441-6700 ]
Zulkarnaim Zulkarnaim

Abstract


Motivasi belajar penting diteliti karena menjadi modal dasar peserta didik agar tergerak dalam belajar. Dengan memiliki motivasi belajar maka peserta didik lebih mudah dipandu untuk belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar yakni kepribadian conscientiousness. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian conscientiousness terhadap motivasi belajar biologi peserta didik kelas X SMAN 14 Bone. Instrumen penelitian yang digunakan berupa skala psikologi yaitu skala kepribadian conscientiousness dan skala motivasi belajar biologi yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis regresi liniear sederhana setelah melalui uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji liniearitas). Hasil uji regresi menunjukkan bahwa kepribadian conscientiousness berpengaruh terhadap motivasi belajar biologi peserta didik kelas X SMAN 14 Bone (p lebih kecil dari 0,05). Pengaruh kepribadian conscientiousness terhadap motivasi belajar biologi peserta didik sebesar 84,8%, sementara sisanya 15,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa guru dalam mengajar harus memperhatikan kepribadian peserta didik khususnya kepribadian conscientiousness karena terbukti berpengaruh terhadap motivasi belajar biologi peserta didik.


Keywords


kepribadian conscientiousness, motivasi belajar, pembelajaran biologikepribadian conscientiousness; motivasi belajar; pembelajaran biologi

Full Text:

PDF

References


Abbas, A. (2021). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik home room untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019 [Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/13709/

Aisyah, N. K. (2018). Kontribusi big five personality traits terhadap motivasi berprestasi mahasiswa penerima beasiswa Djarum plus angkatan 32 [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang]. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang. https://eprints.umm.ac.id/38462/

Ariani, D. W. (2013). Personality and learning motivation. European Journal of Business and Management (EJBM), 5(10), 26–39.

Bachruddin, M. (2015). Pengaruh big five personality terhadap sikap tentang korupsi pada mahasiswa [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang]. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang. https://eprints.umm.ac.id/23692/

Badaruddin, A. (2015). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui konseling klasikal. Abe Kuatifindo.

Balgies, S. (2018). Pengaruh kepribadian big 5 terhadap motivasi berprestasi siswa MTSN. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 15(2), 34–42. https://doi.org/10.18860/psi.v15i2.6742

Budiningsih, A. (2015). Belajar dan pembelajaran. PT Rineka Cipta.

Cao, C., & Meng, Q. (2020). Exploring personality traits as predictors of english achievement and global competence among Chinese University Students: English learning motivation as the moderator. Learning and Individual Differences, 77(101814). https://doi.org/10.1016/j.lindif.2019.101814

Cox, W. M., & Klinger, E. (2004). Handbook of motivational counseling: concepts, approaches, and assessment. John Wiley & Sons, Ltd.

Dayana & Marbun. (2018). Motivasi kehidupan. Guepedia.

Elliot, A. J., & Dweck, C. S. (2005). Handbook of competence and motivation. The Guilford Press.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47–53. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594

Hamdani, M. U., & Syahrudin, H. (2015). Hubungan kepribadian dengan prestasi belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS terpadu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(11), 1–12. https://doi.org/10.26418/jppk.v4i11.12552

Handayani. (2016). Hubungan dimensi kepribadian big five dan visual merchandising toko kosmetik the body shop dengan impulsive buying pada wanita bekerja [Skripsi, Universitas Sanata Dharma]. Perpustakaan Universitas Sanata Dharma. Perpustakaan Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id/3243/

Icekson, T., Kaplan, O., & Slobodin, O. (2020). Does optimism predict academic performance? exploring the moderating roles of conscientiousness and gender. Studies in Higher Education, 45(3), 635–647. https://doi.org/10.1080/03075079.2018.1564257

Kertechian, S. K. (2018). Conscientiousness as a key to success for academic achievement among French University Students enrolled in management studies. International Journal of Management Education, 16(2), 154–165. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2018.02.003

Khalilzadeh, S., & Khodi, A. (2018). Teachers 'personality traits and students’ motivation: a structural equation modeling analysis. Current Psychology: A Journal for Diverse Perspectives on Diverse Psychological Issues, 40(4), 1635–1650. https://doi.org/10.1007/s12144-018-0064-8

Kostina, M. (2020). Motivation to learn english : the power of the future L2 self-images. motivasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(1), 755–765. https://doi.org/10.32502/motivasi.v5i1.2477

Lamb & Arisandy. (2020). The impact of online use of english on motivation to learn. computer assisted language learning, 33(1–2), 85–108. https://doi.org/10.1080/09588221.2018.1545670

Major, D. A., Turner, J. E., & Fletcher, T. D. (2006). Linking proactive personality and the big five to motivation to learn and development activity. Journal of Applied Psychology, 91(4), 927–935. https://doi.org/10.1037/0021-9010.91.4.927

Miarsyah, M., Putrawan, I. M., & Wulandari, M. (2016). Hubungan antara kesungguhan korelasional, dengan hasil belajar biologi: studi jakarta, terhadap siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 38. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 28–33. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.5

Miner, J. B. (2005). Organizational behavior i: essential theories of motivation and leadership. M.E. Sharpe, Inc.

Nashar. (2015). Peranan motivasi dan kemampuan awal dalam kegiatan pembelajaran. Delia Press.

Rosito, A. C. (2018). Eksplorasi tipe kepribadian big five personality traits dan pengaruhnya terhadap prestasi akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 6–13. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.3250

Sabet, M. K., Dehghannezhad, S., & Tahriri, A. (2018). The relationship between Iranian EFL teachers’ self-efficacy, their personality and students’ motivation. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(4), 7–15. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.6n.4p.7

Septiana, L. (2021). Pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar dan motivasi siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar pada materi lingkaran tahun ajaran 2019/2020 [Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung]. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. http://repo.uinsatu.ac.id/19206/

Sherlie, & Hikmah. (2020). Terhadap kinerja karyawan pada PT Benwin Indonesia di Kota Batam. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 757–765. https://doi.org/10.32502/motivasi.v5i1.2477

Sinulingga, J. N. (2016). Kepribadian dan efikasi diri dengan motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 48–61. https://doi.org/10.21009/jpd.071.05

Sjarkawi. (2011). Pembentukan kepribadian anak: peran moral, intelektual, emosional, dan sosial sebagai wujud integritas membangun jati diri. PT. Bumi Aksara.

Soric, I., Penezic, Z., & Buric, I. (2017). The big five personality traits, goal orientations, and academic achievement. Learning and Individual Differences, 54, 126–134. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2017.01.024

Tentama, F., & Arridha, G. (2020). Motivation to learn and employability of vocational high school students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(2), 301–306. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.14170




DOI: https://doi.org/10.24176/perseptual.v7i1.6174

Article Metrics

Abstract views : 505| PDF views : 652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Psikologi Perseptual (eISSN 2580-9520) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License