Dukungan Sosial Keluarga dan Task Commitment pada Siswa SMK Saat Pembelajaran Daring

Yulia Dwi Anggreni
Dyan Evita Santi

Abstract


This study aims to determine the relationship between family social support and task commitment in vocational students in a private school during online learning. When learning online, a student needs support from the surrounding environment, especially from the family environment in the hope that his school can run well. Students who have support from their families by getting the necessary assistance, hope to complete their assignments well even though they have many obstacles. In online learning, families and students are inseparable, because they must support each other. Therefore, the researcher wants to know whether there is a relationship between the two variables. The researcher proposes a hypothesis that there is a relationship between family social support and task commitment. The population in this study were students of class X SMK, using quantitative research methods. The technique used in this research is the product moment correlation technique using IBM SPSS Statistics 25 For Windows. While the sampling technique was carried out by purposive sampling, using a google form containing the family social support scale and task commitment scale. Based on the calculation of Pearson's Product Moment correlation, the correlation coefficient (r) is 0.337, p = 0.003 (p < 0.05). This means that there is a significant positive relationship between family social support and task commitment.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga dan komitmen terhadap tugas (task commitment) pada siswa SMK di salah satu sekolah swasta selama pembelajaran daring. Saat pembelajaran daring, seorang siswa memerlukan dukungan dari lingkungan sekitar khususnya dari lingkungan keluarga dengan harapan sekolahnya dapat berjalan dengan baik. Siswa yang memiliki dukungan dari keluarga dengan mendapatkan bantuan-bantuan yang diperlukan, berharap dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik walaupun mempunyai banyak rintangan yang dihadapi. Dalam pembelajaran daring, keluarga dan siswa merupakan suatu hal yang tidak dapat terpisahkan, karena mereka harus saling mendukung satu dengan lainnya. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui apakah ada hubungan antara kedua variabel tersebut. Peneliti mengajukan hipotesis yaitu ada hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan task commitment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK kelas X, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik korelasi product moment dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 25 For Windows. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, dengan menggunakan google formulir yang berisikan skala dukungan sosial keluarga serta skala task commitment. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Product Moment dari Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,337, p = 0,003 (p < 0,05). Artinya ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan task commitment.


Keywords


dukungan sosial keluarga; komitmen terhadap tugas; pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Anggraini, V., & Neviyarni. (2020). The task commitment on student. Journal of Counseling, Education and Society, 1(1), 13–16.

Friedman, M. Marilyn. (1998). Keperawatan keluarga : Teori dan praktik. EGC.

Gunuc, S., & Dogan, A. (2013). The relationship between turkish adolescents' internet addiction, their perceived social support and family activities. Computer in Human Behavior, 29(2013); 2197-2207. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.04 .011

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education, 19, 18–26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002.

Halomoan, d. M. (2021, Juli 29). Memahami covid 19 varian delta. alomedika.com. https://www.alomedika.com/memahami-covid19-varian-delta.

Humas. (2021, Januari 6). Pemerintah Terapkan Kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Pada 11-25 Januari 2021. Sekretariat Kabinet Republik Indonesia: https://setkab.go.id/pemerintah-terapkan-kebijakan-pembatasan-aktivitas-pada-11-25-januari-2021/

House, J. (1985). Barriers to work stress: Social support. Behavioral Medicine: Work, Stress and Health. https://doi.org/10.2307/2069934

InfoCovid19. (2021, Juli 29). Jatim Tangga Covid-19. Info Covid19. https://infocovid19.jatimprov.go.id/

KawalCovid19. (2021, Juli 29). Kawal Covid 19. https://kawalcovid19.id

Kwon, M., Lee, J. Y., Won, W. Y., Park, J. W., Min, J. A., Hahn, C., Gu, X., Choi, J. H., & Kim, D. J. (2013). Development and validation of a Smartphone Addiction Scale (SAS). PLoS ONE, 8(2). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0056936

Myers, D. G. (2010). Social psychology (9th ed). McGraw Hill.

Novitasari, K. T., Hidayati, F., & Setyowati, R. (2020). Relationship between social support and commitment to the task with academic flow to students. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 6(1), 21–28. https://doi.org/10.26858/jppk.v6i1.10792

Ridha, A. A. (2018). Task commitment pada mahasiswa Suku Bugis yang merantau. Jurnal Psikologi, 45(1), 66–76. https://doi.org/10.22146/jpsi.31094

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Santrock J W. (2003). Adolescence (Perkembangan remaja). Erlangga.

Syarifa, A., Mustami’ah, D., & Sulistiani, W. (2011). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan komitmen terhadap tugas (task commitment) pada siswa akselerasi tingkat sma. INSAN, 13(1), 2–5.




DOI: https://doi.org/10.24176/perseptual.v7i2.6701

Article Metrics

Abstract views : 253| PDF views : 159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Psikologi Perseptual (eISSN 2580-9520) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License