Kebahagiaan Mahasiswa ditinjau dari Optimisme dan Student Engagement

Nilna Mafaza
Fajar Kawuryan
Ridwan Budi Pramono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebahagiaan ditinjau dari optimisme dan student engagement pada mahasiswa. Subyek penelitian ini adalah 147 mahasiswa di Provinsi Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data adalah skala kebahagiaan, skala optimisme, dan skala student engagement. Diperoleh hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel sebesar 0,292 dengan p sebesar 0,002 (p<0,01) artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara optimisme dan student engagement dengan kebahagiaan. Dengan demikian hipotesis mayor dalam penelitian ini diterima. Hasil koefisien korelasi antara kebahagiaan dengan optimisme r, sebesar 0,265 dengan signifikansi p 0,001 (p<0.01) ini berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kebahagiaan dengan optimisme pada mahasiswa, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Sedangkan koefisien korelasi antara student engagementdengan kebahagiaan r, sebesar 0,206 dengan taraf signifikan p sebesar 0,006 (p<0,01), hal ini menyatakan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara student engagement dengan kebahagiaan, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Sumbangan efektif variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 8,5%, sedangkan 91,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain misalnya menurut Putra dan Sudibia (2019) menyatakan bahwa faktor lain yang mempengaruhi kebahagiaan individu meliputi penghasilan, harapan, hubungan, iman, perilaku syukur, perilaku pro lingkungan, kesehatan, gender, modal sosial dan budaya. 

Keywords


kebahagiaan, optimisme, dan student engagement

Full Text:

PDF

References


Altmaier, E. M. (2019). Positive emotionality: promoting positive processes after trauma. Academic Press.

Appelo, J. (2016). Managing for happiness: games, tools, and practices to motivate any team. John Wiley & Sons, Inc.

Appleton, J., J. (2012). Systems consultation: developing the assessment-to-intervention link with the student engagement instrument. In S. L. Christenson, A. L. Reschly, & C. Wylie. Handbook of Research on Student Engagement. Springer Science+Business Media. DOI 10.1007/978-1-4614-2018-7

Argyle, M. (2001). The psychologi of happiness (Edisi ke-2). Routledge.

Amstrong, T. (2006). The best schools: mendidik siswa menjadi insan cendikia seutuhnya. Kaifa.

Bond, M., Buntins, K., Bedenlier, S., Zawacki-Richter, O., & Kerres, M. (2020). Mapping research in student engagement and educational technology in higher education: a systematic evidence map. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17 (1). doi:10.1186/s41239-019-0176-8.

Boniwell, I. (2012). Positive psychology in a nutshell. the science of happiness (Edisi ke-3). Open University Press.

Bowden, J. L. H., Tickle, L., & Naumann, K. (2019). the four pillars of tertiary student engagement and success: a holistic measurement approach. Studies in Higher Education, 1–18. doi:10.1080/03075079.2019.1672647

Carr, A. (2004). Positive psychology. the science of happiness and human strengths. Brunner Routledge.

Chamuah, A. & Sankar, R. (2018). Self- efficacy and learned optimism as predictors of happiness in students. Online Journal of Multidisciplinary Subjects, 12 (1), 97-103.

Chamuah, A. & Sankar, R. (2019). Happiness, locus of control and learned optimism among university students. Pramana Research Journal, 9 (6), 30-37.

Chang, E.C., (Ed). 2001. Optimism & pessimism: Implications for theory, research, and practice. American Psychological Association.

Coates, H. (2006). Student engagement in campus-based and online education. Routledge.

Datu, J. A. D., King, R. B., & Valdez, J. P. M. (2017). The academic rewards of socially-oriented happiness: interdependent happiness promotes academic engagement. Journal of School Psychology, 61, 19–31. doi:10.1016/j.jsp.2016.12.004.

Datu, J. A. D., Valdez, J. P., Cabrera, I. K., & Salanga, M. G. (2017). Subjective happiness optimizes educational outcomes: evidence from filipino high school students. The Spanish Journal of Psychology, 20. doi:10.1017/sjp.2017.55

David, S. A., Boniwell, I., & Ayers, A. C. (Ed). (2013). The oxford handbook of happiness. Oxford University Press.

Dean, A., & Gibbs, P. (2015). Student satisfaction or happiness?. Quality Assurance in Education, 23 (1), 5–19. doi:10.1108/qae-10-2013-0044

Demir, M. & Sümer, N. (Ed). (2018). Close relationships and happiness across cultures. Springer.

Demirtaş, A. S. (2020). Optimism and happiness in undergraduate students: cognitive flexibility and adjustment to university life as mediators. Anales de Psicología, 36 (2), 320–329. doi:10.6018/analesps.381181

Domitrovich, C. E., Durlak, J. A., Weissberg, R.P., & Gullotta, T. P. (2016). Handbook of social and emotional learning: research and practice. Guilford Publications.

Dunne, E., & Owen, D. (2013). Student engagement handbook: practice in higher education. Emerald.

Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). School engagement: potential of the concept, state of the evidence. Review of Educational Research, 74 (1), 59–109.

Göksoy, S. (2017). Situations that make students happy and unhappy in schools. Universal Journal of Educational Research, 5 (12A), 77-83.

Harper, S. R, Quaye, S. J., & Pendakur, S.L. (2019). Student engagement in higher education theoretical perspectives and practical approaches for diverse populations. Taylor & Francis.

Inman, N. (2007). The optimist’s handbook. Harriman House Ltd.

Jannah, R., & Santoso, H. (2021). Tingkat stres mahasiswa mengikuti pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 1 (1), 130-146.

Kahu, E. R. (2013). Framing student engagement in higher education. Studies in Higher Education, 38 (5), 758–773. doi:10.1080/03075079.2011.598505

Kurtz, J. L., & Welch, C. A. (2016). The emotion of happiness. Elsevier Ltd.

Linley, P. A. & Joseph, S. (2004). Positive psychology in practice. John Wiley & Sons, Inc.

MacDonald, L. (2017). You can be an optimist. Rosen Publising Group.

Putra, G. B. B. & Sudibia, I. K. (2019). Faktor-faktor penentu kebahagiaan sesuai dengan kearifan lokal di Bali. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 8(1), 79-94.

Rae & MacConville. (2014). Using Positive psychology to enhance student achievement a schools-based programme for character education. Routledge.

Ramadlon, T., Nabilah, Herdian, & Arnis, G. (2018). Sumber kebahagiaan dan kesedihan di era milenial. Seminar Nasional Psikologi, 1(1), 177-187.

Reivich K. & Gillham, J. (2003). Learned optimism: the measurement of explanatory style. in s. j. lopez & c. r. snyder. positive psychological assessment: a handbook of models and measures. American Psychological Association.

RI. (2012). Undang- undang RI no 12 tahun 2012 tentang sistem pendidikan nasional. CV Eka Jaya.

Safrudin, Mulyati, S., & Lubis, R. (2018). Pengembangan kepribadian dan profesionalisme bidan. Penerbit Wineka Media.

Sativa, A. R. & Helmi, A. F. (2013). Syukur dan harga diri dengan kebahagiaan remaja. Wacana, 5(2).

Schwebel, S. L., Schwebel, D. C., Schwebel, B.L., & Schwebel, C. R. (2007). The student teacher’s handbook (Edisi ke-4). Taylor & Francis e-Library.

Seligman, M. E. P. (2006). Learned optimism: how to change your mind and your life. Vintage Books.

Sharp, T. J. (2011). Happiness is now: hanya 10 langkah untuk lebih sehat dan bahagia. Raih Asa Sukses.

Takdir, M. (2019). Psikologi syukur: perspektif psikologi qurani dan psikologi positif untuk menggapai kebahagiaan sejati (authentic happiness). Elex Media Komputindo.

Trowler, V. (2010). Student engagement literature review. Lancaster University.




DOI: https://doi.org/10.24176/perseptual.v6i2.6877

Article Metrics

Abstract views : 696| PDF views : 474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Psikologi Perseptual (eISSN 2580-9520) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License