Perilaku Konsumtif Produk Fashion Ditinjau dari Gaya Hidup Hedonis dan Kepribadian Ekstrovert pada Wanita Dewasa Awal

Silviana Meinawati Putri
Iranita Hervi Mahardayani
Latifah Nur Ahyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan antara gaya hidup hedonis dan kepribadian ekstrovert dengan perilaku konsumtif produk fashion pada wanita dewasa awal. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita dewasa awal dengan usia 20 – 30 tahun, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan kriteria sampel yaitu wanita bekerja di instansi atau perusahaan minimal level staf, usia masa kerja minimal 1 tahun, menyukai produk fashion bermerek, dan berdomisili di Kudus. Sampel yang diperoleh berjumlah 109 responden. Alat pengumpul data penelitian ini berupa skala perilaku konsumtif, skala gaya hidup hedonis, dan skala kepribadian ekstrovert. Hasil hipotesis mayor diperoleh rx12y sebesar 0,790 dengan p sebesar 0,000 (p lebih kecil dari 0,01) yang artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara gaya hidup hedonis dan kepribadian ekstrovert dengan perilaku konsumtif, dengan sumbangan efektif sebesar 62,4%. Hipotesis minor pertama diperoleh rx1y sebesar 0,790 dengan p sebesar 0,000 (p lebih kecil dari 0,01). Hal ini menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara variabel gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif. Sedangkan hipotesis minor kedua diperoleh rx2y sebesar -0,001 dengan p sebesar 0,497 (p lebih besar dari 0,05). Hal ini menunjukkan tidak ada hubungan antara kepribadian ekstrovert dengan perilaku konsumtif.


Keywords


gaya hidup hedonis; kepribadian ekstrovert; perilaku konsumtif

Full Text:

PDF

References


Allam, H., & Shoib, S. (2013). A proposed three dimensional hedonic model for intrinsic motivation on social tagging tools. Proceedings of the 2013 International Conference on Current Trends in Information Technology, 226–231. http://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2018.11.005.

Alwisol. (2009). Psikologi kepribadian (Revisi). UMM Press.

Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2017). Hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pada remaja. Gadjah Mada Journal Of Psychology, 3(3), 131–140. http://doi.org/10.22146/gamajop.44104.

Arnett, J. J. (2015). Emerging adulthood: The winding road from the late teens through the twenties (2nd ed.). Oxford University Press.

Arruda-Filho, E. J. M., & Lennon, M. M. (2011). How iPhone innovators changed their consumption in iDay2: Hedonic post or brand devotion. International Journal of Information Management, 31(6), 524–532. http://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2011.04.007.

Astuti, E. D. (2013). Perilaku konsumtif dalam membeli barang pada ibu rumah tangga di Kota Samarinda. Psikoborneo, 1(2), 79–83. http://doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i2.3285.

Baik, J., Lee, K., Lee, S., Kim, Y., & Choi, J. (2016). Predicting personality traits related to consumer behavior using SNS analysis. New Review of Hypermedia and Multimedia, 22(3), 189–206. http://doi.org/10.1080/13614568.2016.1152313.

Cervone, D., & Pervin, L. A. (2013). Personality: Theory and research (12th ed.). Wiley.

Effendi, U. (2016). Psikologi konsumen (A. R. Batubara (ed.); 1st ed.). Rajawali Pers.

Enrico, A., Aron, R., & Oktavia, W. (2014). The factors that influenced consumptive behavior: A survey of university students in Jakarta. International Journal of Scientific and Research Publications, 4(1), 1–6. http://doi.org/10.2139/ssrn.2357953.

Faisati, M. M., Noviekayati, I., & Rini, A. P. (2018). Permisive parenting and extrovert personality with consumtive behavior in indonesian workers (TKI / TKW) children in Bandung Tulungagung District. PSIKODIMENSIA, 17(2), 93-102. http://doi.org/10.24167/psidim.v17i2.152.

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku konsumen (sikap dan pemasaran). Deepublish.

Fransisca, & Suyasa, P. T. Y. S. (2005). Perbandingan perilaku konsumtif berdasarkan metode pembayaran. Jurnal Phronesis, 7(2), 172 - 199.

Haryanti, I., & Nurdin, H. (2019). Fashion trends and hedonic lifestyle on decisions purchase of hijab dresses in Bima. Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(2), 163 -174. http://doi.org/10.31332/lifalah.v4i2.1649.

Hawkins, D. I., Mothersbaugh, D. L., & Best, R. J. (2007). Consumer behavior. McGraw-Hill.

Henrietta, P. (2012). Impulsive buying pada dewasa awal di Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 11(2), 1-6.

Indrawati, D. (2015). Pengaruh citra merek dan gaya hidup hedonis terhadap keputusan pembelian jilbab “Zoya.” Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(2), 302 – 319. http://doi.org/10.17970/jrem.15.150207.id

Ismail, I., Thalib, S. B., & Indahari, N. A. (2021). Hubungan pola asuh permisif dengan kecenderungan gaya hidup hedonis pada remaja. Pinisi Journal of Art, Humanity and Social Studies, 1(2), 52–58.

Khairat, M., Yusri, N. A., & Yuliana, S. (2018). Hubungan gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 10(2), 130–139. http://doi.org/10.15548/alqalb.v9i2.861.

Korry, P. D. P., Yulianti, N. M. D. R., & Yunita, P. I. (2017). Increase the attractiveness of local fruits to buying intention of hedonic consumers in Bali. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 4(6), 10–16.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

McCrae, R. R., & Costa, Jr. P. T. (2003). Personality in adulthood: A five-factor theory perspective (2nd ed.). The Guilford Press.

Mothersbaugh, D. L., Hawkins, D. I., & Kleiser, S. B. (2020). Consumer behavior: Building marketing strategy (14th ed.). McGraw-Hill.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2004). Perilaku konsumen jilid I (edisi ke-5). Erlangga.

Mubarokah, S., & Rita, R. M. (2020). Anteseden perilaku konsumtif generasi milenial: Peran gender sebagai pemoderasi. International Journal of Social Science and Business, 4(2), 211–220. http://doi.org/10.23887/ijssb.v4i2.24139

Mufidah, E. F., & Wulansari, P. S. D. (2018). Gaya hidup hedonisme mahasiswa pascasarjana di media sosial. Jurnal Konseling Indonesia, 3(2), 33–36. http://doi.org/ 10.21067/jki.v3i2.2468.

Oktaviani, K., (diakses pada tanggal 25 November 2020). Ini barang-barang yang buat wanita gila belanja. https://wolipop.detik.com/sale-and-shop/d-1924344/ini-barang-barang-yang-buat-wanita-gila-belanja.

Permana, S. N., & Adelina, I. (2021). Hubungan trait kepribadian dan impulse buying pada pengguna e - commerce “X.” Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(1), 1–11.

Rahayu, A. B., Lesmana, N., & Murwantono, D. (2020). The impacts of consumptive behaviors toward American society in modern era as reflected in the film The Joneses. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 7(1), 149–161. http://doi.org/10.30605/25409190.154

Ratna, I., & Nasrah, H. (2015). Pengaruh tingkat pendapatan dan tingkat pendidikan terhadap perilaku konsumtif wanita karir di lingkungan pemerintah Provinsi Riau. Marwah, XIV(2), 199–224. http://doi.org/10.24014/marwah.v14i2.2627

Santrock, J. W. (2019). Life-span development (17th ed.). McGraw-Hill.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2005). Compartamiento Del Consumidor. Pearson Educación.

Sihombing, S., & Yuniasanti, R. (2014). Differences consumptive behavior towards clothing. Indigenous Psychology Seminar, 103–114.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan: Meneropong imbas pesan iklan televisi. Alfabeta.

Sumarwan, U. (2003). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Ghalia Indonesia.

Suminar, E., & Meiyuntari, T. (2015). Konsep diri, konformitas dan perilaku konsumtif pada remaja. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 4(2), 145–152. http://doi.org/10.30996/persona.v4i02.556.

Tombeg, J. (2021). Hubungan antara gaya hidup hedonisme dengan perilaku konsumtif terhadap mahasiswa yang berasal dari Minahasa. Psikopedia, 2(1), 115–122.


Veenhoven, R. (2003). Hedonism and happiness. Journal of Happiness Studies, 4, 437–457. http://doi.org/10.1023/B:JOHS.0000005719.56211.fd.

Wahyuningsih, W., & Fatmawati, I. (2016). The influence of hedonistic lifestyle,shopping addiction, fashion involvement on global brand impulse buying. Journal Umy, 7(2), 278–300. http://doi.org/10.18196/jbti.v7i2.2556

Widyaningrum, S., & Puspitadewi, N. W. S. (2016). Perbedaan perilaku konsumtif ditinjau dari tipe kepribadian pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 6(2), 102 - 106. http://doi.org/10.26740/jptt.v6n2.p102-106

Widyastuti, P. R., (diakses pada tanggal 29 April 2021). Pegawai honorer samsat gelapkan uang rp 2,1 m demi gaya hidup, suami jadi korban. https://www.tribunnews.com/regional/2019/08/15/pegawai-honorer-samsat-gelapkan-uang-rp-21-m-demi-gaya-hidup-suami-jadi-korban.

Wojciechowska, P. (2017). Influence of personality on buying behaviour: A cross- cultural study comparing Poland and the UK. Journal of Marketing and Consumer Behaviour in Emerging Markets, 2(6), 54–76. http://doi.org/10.7172/2449-6634.jmcbem.2017.2.4.




DOI: https://doi.org/10.24176/perseptual.v7i1.7664

Article Metrics

Abstract views : 337| PDF views : 311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Psikologi Perseptual (eISSN 2580-9520) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License