Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Media Video on Demand Berbasis Android Bahasa Pemrograman Kotlin

Risda Tamam Aljava - [ https://orcid.org/0009-0003-6360-2965 ]
Popong Setiawati

Abstract


Bahasa asing merupakan salah satu disiplin yang menarik minat banyak orang, dan salah satunya adalah bahasa Inggris yang memiliki banyak peminat. Bahasa ini menjadi sangat populer karena sifatnya yang universal dan khususnya kebutuhannya dalam melamar pekerjaan, terutama di perusahaan multinasional di Indonesia. Bukan hanya melalui tes tertulis, beberapa perusahaan juga mengharuskan kandidat untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris secara lisan dalam proses seleksi. Namun, tantangan muncul ketika waktu untuk belajar bahasa Inggris bersaing dengan kegiatan lain, menyebabkan efisiensi belajar menjadi kurang optimal. Untuk mengatasi masalah ini, telah dikembangkan sebuah aplikasi pembelajaran bahasa Inggris menggunakan media video on demand. Pendekatan ini memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan waktu luang mereka dan belajar bahasa Inggris kapan saja dan di mana saja. Aplikasi ini dikembangkan melalui penelitian yang berjudul "Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Media Video on Demand Berbasis Android Bahasa Pemrograman Kotlin," yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para pelajar yang ingin memperoleh kemampuan berbahasa Inggris melalui platform pembelajaran berupa video dari English Learner ID.


Keywords


Bahasa Inggris; Belajar; Aplikasi; Video; Android

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Badan Pusat Statistik. (2022). Info keadaan ketenagakerjaan Indonesia Februari 2022. No.36/05/Th.XXV, 9 Mei 2022. (accessed Des 03, 2022).

[2] Novia, B. K., Wijayanti, S. H., Utami, N., & Mantiri, S. M. (2021). Penilaian diri kompetensi komunikasi pencari kerja dalam memasuki dunia kerja. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(2), 128–143. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i2.3414 (accessed Oct 21, 2022).

[3] Karyaningsih, D., Susandi, D., & Juwita, E. (2020). Android Trainer Wawancara Pekerjaan Dalam Bahasa Inggris Menggunakan Audio Visual Dengan Metode Prototype. Jurnal SISFOKOM (Sistem Informasi dan Komputer), 10(1), 93-98. (accessed Nov 10, 2022).

[4] Sugiharto, T. (2016). RANCANG BANGUN PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA. JEJARING: Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, 1(1), 22-30. (accessed Nov 16, 2022).

[5] Aithken, Ashley. (2013). A Comparative Analysis of Traditional Software Engineering and Agile Software Development (accessed Jul. 24, 2023).

[6] H. Aliya, “Usability Testing: Arti, Metode, Langkah-Langkah, dan Manfaatnya,” Jan. 07, 2022. https://glints.com/id/lowongan/usability-testing-adalah/#.YrljbhVBzrc (accessed Jun. 24, 2022).

[7] S. Andysa, “Mengenal System Usability Scale – School of Information Systems,” Feb. 07, 2022. https://sis.binus.ac.id/2022/02/07/mengenal-system-usability-scale/ (accessed Jun. 25, 2022).

[8] R. Setiawan, “Black Box Testing Untuk Menguji Perangkat Lunak - Dicoding Blog,” Nov. 17, 2021. https://www.dicoding.com/blog/black-box-testing/ (accessed Jun. 24, 2022).




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v15i1.10647

Article Metrics

Abstract views : 51| PDF views : 33

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: