Penggunaan Algoritma User-Based Collaborative Filtering Pada Aplikasi E-Commerce Berbasis Website Pada Toko Pakaian Biostuff.id

Yusuf Aminu
Arief Ichwani

Abstract


E-commerce adalah salah satu bentuk perdagangan yang saat ini sedang berkembang pesat, dengan jumlah pengguna yang cukup besar. Namun, dalam proses berbelanja online, konsumen seringkali mengalami kesulitan dalam menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Hal ini menyebabkan pengguna membutuhkan waktu lebih lama untuk menemukan barang yang diinginkan. Studi kasus menunjukkan bahwa situs web e-commerce Biostuff.id masih menampilkan rekomendasi barang secara random. Oleh karena itu, sistem rekomendasi diperlukan untuk menampilkan hasil rekomendasi barang sesuai dengan minat pengguna. Tujuan dari laporan ini adalah untuk mengetahui seberapa akurat rekomendasi barang yang direkomendasikan terhadap pengguna dengan menggunakan user collaborative filtering (UCF) yang menggunakan algoritma cosine similarity berdasarkan data 16 produk, 10 user dan 80 rating barang pada Biostuff.id. Hasil analisis didasarkan pada hasil pengujian yang dilakukan berdasarkan semua neighbor. Dengan UCF dan algoritma cosine similarity memberikan hasil nilai rekomendasi saat dilakukan pengujian mean absolute error (MAE) dengan nilai rata rata MAE 2.04. Dapat disimpulkan, kurangnya data user yang memberi rating produk mempengaruhi tingkat keakuratan hasil dari rekomendasi.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v15i1.10719

Article Metrics

Abstract views : 20| PDF views : 34

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: