Implementasi Lean Manufacturing Untuk Mengidentifikasi Waste pada UKM Faulia Bordir

Muhammad Fadil - [ http://orcid.org/0000-0002-1825-0097 ]
Dina Tauhida
Sugoro Bhakti Sutono

Abstract


UKM Faulia Bordir adalah usaha yang bergerak di bidang konveksi dengan produksi mukena, logo bordir, dan kebaya motif bordir. Industri ini melakukan proses bisnisnya dengan make to stock produk mukena yang dikirim ke toko-toko dan ke pasar, serta dijual online.. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi waste kegiatan produksi dan meminimasi waste yang terjadi. Dari hasil observasi ditemukan adanya waste yang terjadi yaitu waste motion dan waste transportation. Konsep Lean manufacturing dinilai efektif untuk mengatasi waste yang terjadi, sehingga dilakukan identifikasi dengan Value stream mapping (VSM) dan Process Activity Mapping (PAM) untuk melihat keseluruhan aktivitas yang terjadi dan memetakan aliran proses produksi. Dari hasil identifikasi pada proses pembersihan didapat cycle time 720 detik, yang dinilai perlu untuk dipangkas. Pada waste transportation pada perpindahan barang dari tempat bahan baku ke tempat bordir memerlukan cycle time 40 detik, sehingga perlu identifikasi untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya waste dengan Root cause analysis (RCA). Kemudian juga metode 5S digunakan untuk melakukan perbaikan, adapun usulan yang diberikan yaitu penambahan troli sebagai alat bantu perpindahan barang dan pengadaan alat bantu meja sebagai alas bagian pembersihan. Setelah dilakukan perbaikan cycle time mengalami penurunan pada proses pembersihan menjadi 610 detik dan perpindahan barang menjadi 15 detik.


Keywords


Lean Manuacturing;Value stream mapping;Process activity Mapping;Root cause analysis;5S

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Komariah I. Penerapan Lean Manufacturing Untuk Mengidentifikasi Pemborosan (Waste) Pada Produksi Wajan Menggunakan Value Stream Mapping (Vsm) Pada Perusahaan Primajaya Alumunium Industri Di Ciamis. J Media Teknol. 2022;8(2):109–18.

[2] Kartika L, Dony S. Penerapan Lean Manufacturing untuk mengidentifikasi waste pada proses produksi kain knitting di lantai produksi PT. XYZ. Pros Ind Res Work Natl Semin [Internet]. 2019;10(1):567–75. Available from: https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/1519

[3] Hines P, Taylor D. Going Lean: A Guide to Implementation [Internet]. Lean Enterprise Research Centre Cardiff Business School. 2000. p. 54. Available from: www.textmatters.com

[4] Andri A, Sembiring D. Penerapan Lean Manufacturing Dengan Metode VSM (Value Sream Mapping) untuk Mengurangi Waste Pada Proses Produksi Pt.XYZ. Fakt Exacta. 2019;11(4):303.

[5] Nurhayati E. Identifikasi Waste dengan Pendekatan Value Stream Mapping (VSM) di CV. DS ARTICLE INFORMATION ABSTRACT. Ind Eng J Univ SARJANAWIYATA TAMANSISWA. 2021;5(2):67–74,.

[6] Afif A, Purwaningsih R. Analisis Waste Pada Industri Mebel Dengan Menggunakan Pendekatan Lean Manufacturing Studi Kasus: CV. Jati Mas Semarang. J@Ti Undip J Tek Ind. 2020;6(4):2017.

[7] Somantri AR, Endang Prasetyaningsih. Reduksi Waste untuk Meningkatkan Produktivitas pada Proses Produksi Bracket Roulet Gordyn Menggunakan Pendekatan Lean Manufacturing. J Ris Tek Ind. 2021;1(2):131–42.

[8] Khunaifi A, Rangga Primadasa, Sugoro Bhakti Sutono. Implementasi Lean Manufacturing untuk Meminimasi Pemborosan (Waste) Menggunakan Metode Value Stream Mapping di PT. Pura Barutama. J Rekayasa Ind. 2022;4(2):87–93.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v15i1.10885

Article Metrics

Abstract views : 17| PDF views : 12

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: