Inovasi Pendekatan Teknologi untuk Monitoring Penyaluran Pupuk di UPT Perlindungan Tanaman dan Hortikultura

Riski Annisa - [ http://orcid.org/0000-0002-1060-3580 ]
Welly Welly

Abstract


Perkembangan pesat dalam teknologi informasi telah membawa dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam hal pendataan dan penyaluran produk. Pada UPT Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat, teknologi informasi menjadi kunci untuk mempermudah proses pendataan dan penyaluran pupuk ke desa-desa yang membutuhkan. Saat ini, pendataan jumlah pupuk yang dibutuhkan oleh setiap desa serta pengajuan pupuk oleh kepala desa masih dilakukan secara manual. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Aplikasi Pendataan Penyaluran Pupuk berbasis web yang akan mengotomatisasi proses pendataan dan pengajuan pupuk. Aplikasi ini akan memungkinkan UPT Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat untuk lebih efisien dan efektif dalam mengelola distribusi pupuk. Dengan adanya sistem berbasis web ini, data mengenai jumlah pupuk yang diperlukan oleh setiap desa dapat dengan mudah diakses dan dikelola, sehingga memudahkan proses penyaluran pupuk. Melalui penelitian ini, diharapkan UPT Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat dapat memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka. Selain itu, penelitian ini juga menjadi kontribusi penting dalam mendukung upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan sistem pendataan dan penyaluran pupuk yang lebih modern dan efisien.

Keywords


Teknologi; Pangan; Pupuk; Aplikasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Batubara, M., & Pane, M. M. (2023). Pengaruh Pertanian terhadap Pendapatan Nasional. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 7(1), 74-81. [2] Nadziroh, M. N. (2020). Peran Sektor Pertanian Dalam Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Magetan. Jurnal Agristan, 2(1), 52-60. [3] Anggaran, B. A., Pelaksanaan, A. P. B. N., & DPR-RI, S. E. T. J. E. N. (2011). Permasalahan dan Upaya Peningkatan Produktivitas Pertanian. Jakarta: Penerbit Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat. [4] Maulana, F. R. F., Arwan, A., & Pramono, D. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Distribusi Pupuk Berbasis Web (Studi Kasus: PT. Petrokopindo Cipta Selaras). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(10), 10279-10286. [5] Endra, R. Y., & Aprilita, D. S. (2018). E-Report Berbasis Web Menggunakan Metode Model View Controller Untuk Mengetahui Peningkatan Perkembangan Prestasi Anak Didik. Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 9(1). [6] Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83-90. [7] Adha, N. (2022). Website Inventaris Barang Menggunakan Metode Waterfall Untuk Pengelolaan Persediaan Barang Pada Bidang Prasarana dan Pengembangan Transportasi DISHUB Singkawang. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi, 3(2), 51-61. [8] Damayanti, P., & Masripah, S. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Penyewaan menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi, 2(1), 30-41.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v15i1.10942

Article Metrics

Abstract views : 26| PDF views : 10

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: