Prediksi Stok Barang pada Klinik Kecantikan Nastyaderm Karawang Menggunakan Metode Trend Moment
Sari
Pengelolaan stok barang yang efisien merupakan aspek penting dalam mendukung kelancaran operasional dan kepuasan pelanggan. Stok barang yang berlebih dapat menyebabkan meningkatnya biaya operasional dan mengakibatkan kerugian akibat produk kadaluarsa, sementara jika kekurangan stok barang dapat menurunkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, memprediksi kebutuhan stok barang secara akurat menjadi tantangan dalam dunia bisnis saat ini termasuk pada sektor jasa seperti klinik kecantikan. Dalam memproyeksikan tren permintaaan dimasa depan dapat dianalisis dengan pola penjualan berdasarkan data dimasa lampau. Metode Trend Moment adalah salah satu metode yang dapat mengoptimalkan manajemen stok barang dengan membaca pola data penjualan masa lampau. Tujuan penelitian ini adalah memprediksi stok barang dimasa yang akan datang dengan menggunakan metode trend moment pada klinik kecantikan Nastyaderm Karawang. Data penjualan produk yang digunakan pada penelitian ini data penjualan klinik Kecantikan Nastyaderm Karawang selama 36 bulan terhitung dari bulan November 2021-Oktober 2024, dengan menggunakan 1 produk yang dijadikan data sampel yakni produk Serum Glowing. Kemudian dilakukan juga evaluasi dengan menggunakan metode Mean Absolute Percentage Error (MAPE) dan pengukuran nilai akurasinya. Dari penelitian yang sudah dilakukan, disimpulkan bahwa produk Serum Glowing yang harus diproduksi pada bulan November 2024 sebanyak 130pcs. Nilai MAPE yang dihasilkan adalah sebesar 0,5% dan akurasi yang didapatkan adalah sebesar 99,5%. Dengan kata lain, penelitian ini dinilai sangat baik karena akurasi yang tinggi, sehingga diharapkan dapat memberikan gambaran pada klinik kecantikan Nastyaderm Karawang agar pengambilan keputusan dalam kebutuhan stok barang dapat diantisipasi dengan lebih tepat.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
[1] A. M. Siregar and N. Aslami, “Analisis Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian,” Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, vol. 21, no. 02, 2022, doi: 10.17467/mk.v21i2.884.
[2] W. Ana, T. D. F. Sopan, C. Nisa, and D. A. Sanggarwati, “Pengaruh Pemasaran Media Onlinedan Marketplace terhadap Tingkat Penjualan Produk UMKM CN Collection di Sidoarjo,” Jurnal Media Mahardhika, vol. 19, no. 03, pp. 517–522, 2021.
[3] D. Farahdiba, “Konsep dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi,” Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, vol. 8, no. 1, 2020, doi: 10.30659/jikm.8.1.22-38.
[4] M. Rizal, D. R. Indah, and R. Meutia, “Analisis Peramalan Produksi Menggunakan Trend Moment Pada Kilang Padi Do’a Ibu Diperlak Kecamatan Peureulak,” Jurnal Samudra Ekonomika, vol. 05, no. 01, pp. 161–168, 2021.
[5] D. I. Taniansyah and I. Rizal, “Implementasi Metode Trend Moment Pada Prediksi Tren Penjualan Sepatu Di Toko Garageshoessmi Kota Sukabumi,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 2, no. 2, p. 205, 2021.
[6] D. N. Fitriani and P. A. R. Devi, “Implementasi Metode Trend Moment Pada Jumlah Produksi Baju Distro Jatirogo,” Jurnal Nuansa Informatika, vol. 16, no. 1, pp. 134–140, 2022, [Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
[7] U. Ulfa, S. Sumijan, and G. W. Nurcahyo, “Peramalan Penjualan Pupuk Menggunakan Metode Trend Moment,” Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, vol. 1, no. 4, pp. 8–14, Oct. 2019, doi: 10.37034/infeb.v1i4.4.
[8] P. Wulandari, F. Helmiah, and R. Rohminatin, “Penerapan Metode Trend Moment Untuk Prediksi Permintaan Telur Ayam,” Building of Informatics, Technology and Science (BITS), vol. 4, no. 2, pp. 454–466, Sep. 2022, doi: 10.47065/bits.v4i2.2057.
[9] I. Ilyas, F. Marisa, and D. Purnomo, “Implementasi Metode Trend Moment (Peramalan) Mahasiswa Baru Universitas Widyagama Malang,” JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), vol. 3, no. 2, Dec. 2018, doi: 10.31328/jointecs.v3i2.785.
[10] L. R. Amalia, W. Ramdhan, and W. M. Kifti, “Penerapan Metode Trend Moment Untuk Memprediksi Jumlah Pertumbuhan Penduduk,” Building of Informatics, Technology and Science (BITS), vol. 3, no. 4, pp. 566–573, Mar. 2022, doi: 10.47065/bits.v3i4.1396.
[11] R. Janah, A. Isro, A. Alfan, M. Nurul Alamin, and S. Sarwinda Mas Ayu, “Peramalan Hasil Panen Jagung Di Kecamatan Solokurodengan Menggunakan Metode Trend Moment,” JurnalMatematika & Sains, vol. 1, no. 2, pp. 65–74, 2021.
[12] R. Komansilan, V. Tarigan, and A. Yusupa, “Analisis Perbandingan Metode Trend Moment dan Regresi Linear Untuk Meramal Harga Saham Bank BRI,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, vol. 7, no. 1, 2024, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/index
[13] M. A. Rony, S. Aslamiyah, and M. D. Anggraeni, “Implementasi Metode Trend Moment Dan User Centered Design Pada Sistem Pendukung Keputusan Prediksi Peningkatan Mitra,” Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. 10, no. 03, 2023.
[14] A. N. Safitri and F. A. Sianturi, “Analisa Metode Trend Moment Untuk Peramalan Penjualan Stok Barang Pada Toko Sun Oleh-Oleh,” JIKOMSI [Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi], vol. 03, no. 03, pp. 91–102, 2021.
[15] A. Prasetia and A. Usman, “Implementasi Metode Trend Moment Untuk Prediksi Data Penjualan Sparepart Sepeda Motor,” Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima), vol. 5, no. 2, p. 2022, 2022.
[16] N. Indah, K. Wardhani, I. Hartami, and W. D. Puspitasari, “Sistem Forecasting Penjualan Beras Dengan Menerapkan Metode Trend Moment,” 2022.
[17] E. Rohadi, R. Wakhidah, and A. Ramadhandy El-Amien, “Sistem Peramalan Penjualan Studi Kasus Topi Punggul H.M. Thoha dengan Metode Trend Moment,” Seminar Informatika Aplikatif Polinema, p. 2021, 2021.
[18] F. M. Putri, “Tingkat Peramalan Penjualan Produk Bordir dan Sulaman Menggunakan Metode Trend Moment,” Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, pp. 34–38, Mar. 2022, doi: 10.37034/infeb.v4i2.122.
[19] R. Prayoga, J. Silaban, and S. Parsaoran Tamba, “Analisis Metode Trend Moment Dalam Forecasting Untuk Memprediksi Jumlah Penjualan Pada Restoran Ayam Geprek Gokil,” Jurnal TEKINKOM, vol. 6, no. 1, 2023, doi: 10.37600/tekinkom.v6i1.892.
[20] R. N. Halim, Y. Kurniawan, and A. H. Mirza, “Penerapan Metode Trend Moment Pada Aplikasi Penjualan Obat Apotek Dinar Mas,” TEKNOMATIKA, vol. 13, no. 01, 2023.
DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v15i2.12165
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:




Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International.
Dedicated to:
