PERANCANGAN APLIKASI PENGUJIAN KEWASPADAAN MASINIS KERETA API DI INDONESIA

Wiwik Budiawan
Sriyanto -
R. Frans Raditya

Abstract


ABSTRAK

Dalam sebuah kecelakaan kereta api banyak faktor yang dapat berkontribusi menyebabkan terjadinya kecelakaan. Dinas perhubungan darat membagi penyebab kecelakaan kereta api menjadi beberapa faktor, antara lain sarana, prasarana, sumber daya manusia (SDM) operator, eksternal, dan alam. Kesalahan manusia (Human error) merupakan salah faktor terjadinya suatu kecelakaan kereta api di Indonesia. Salah satu human error yang dilakukan oleh seorang masinis yakni ketidakwaspadaan saat mengendalikan kereta api. Terdapat aplikasi pengujian tingkat kewaspadaan pekerja, salah satunya dengan aplikasi Psychomotor Vigilance Task (PVT). Namun pengujian dengan menggunakan PVT sangatlah sederhana dan hanya menggunakan variabel rasa kantuk (sleepiness) dan kelelahan (fatigue) saja. Selanjutnya, dilakukannya perancangan aplikasi pengujian kewaspadaan yang baru dengan menambahkan variabel monoton. Output dari aplikasi ini merupakan data pendukung dari aplikasi analisis kecelakaan kereta api Human Factor Analysis and Classification System-Indonesia Railroad (HFACS-IR) yang dikembangkan sebelumnya.

Kata kunci: PVT, kesalahan manusia, kelelahan, HFACS-IR


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v5i2.224

Article Metrics

Abstract views : 577| PDF views : 656

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: