REKOMENDASI TATA KELOLA ASET TI BERDASARKAN COBIT 5

Hendrik Kusbandono
Dwiyono Ariyadi

Abstract


Layanan akademik berbasis teknologi informasi (TI) internal sekolah SMK memerlukan sarana pendukung berupa software dan hardware. Ketersediaan sarana aset TI ini akan berpengaruh pada keberlangsungan kegiatan proses bisnis di sekolah. Investasi prasarana aset TI diperlukan biaya yang tidak hanya sedikit. Pengelolaan aset TI yang maksimal akan memberikan nilai optimal pada keberlangsungan layanan TI, hal ini akan berdampak pada pencapaian tujuan organisasi. Diperlukan tata kelola TI yang dapat memberi nilai optimal terhadap penggunaan TI. Penelitian ini menggunakan framework COBIT 5 subdomain BAI09 dengan analisis tingkat kematangan menggunakan model PAM. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui kondisi tingkat kapabilitas saat ini di SMK Kabupaten Madiun, yaitu rata-rata activity pada subdomain BAI09 berada pada level  Performed Process. Target tingkat kapabilitas yang diharapkan hingga tiga tahun kedepan yaitu pada level established process. Rekomendasi perbaikan dibuat bertahap sesuai acuan COBIT 5.


Keywords


tata kelola; aset ti; cobit 5

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


S. Wardani and M. Puspitasari, “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Mengunakan Framework Cobit Dengan Model Maturity Level ( Studi Kasus Fakultas Abc ),” J. Teknol., vol. 7, no. 1, pp. 38–46, 2014.

Sanyoto Gondodiyoto, Audit Sistem Informasi (+ Pendekatan CobIT). Mitra Wacana Media, 2007.

M. Johanes Fernandes Andry, S.T., M.Kom,, Kevin Christianto, S.Kom., AUDIT MENGGUNAKAN COBIT 4.1 DAN COBIT 5 DENGAN CASE STUDY. Teknosain, 2017.

R. E. Putri, “Model Penilaian Kapabilitas Proses Optimasi Resiko Ti Berdasarkan Cobit 5,” Semin. Nas. Inform. 2015, vol. 2015, no. November, pp. 252–258, 2015.

I. M. O. Widyantara, “Audit Infrastruktur Aplikasi Pelayanan Publik Pemerintah Kota Denpasar,” vol. 16, no. 02, pp. 78–83, 2017.

P. Octaviyanti and J. F. Andry, “Audit Sistem Enterprise Asset Management Menggunakan Framework Cobit 5,” Ikraith-Informatika, vol. 2, no. 2, pp. 34–42, 2018.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i2.2531

Article Metrics

Abstract views : 1261| PDF views : 791

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: