ANALISIS KINERJA PACKET FILTERING BERBASIS MIKROTIK ROUTERBOARD PADA SISTEM KEAMANAN JARINGAN

Ari Muzakir
Maria Ulfa

Abstract


Pada penelitian ini fokus pada ujicoba kinerja jaringan komputer dari sisi sistem keamanan jaringan. Ujicoba sendiri dilakukan pada jaringan komputer yang ada di Laboratorium Komputer di Universitas Bina Darma menggunakan sistem operasi Mikrotik. Adapun hasil akhir yang diharapkan melalui penelitian ini yaitu untuk melihat secara komprehensif kemampuan packet filtering   yang terdapat di mikrotik routerboard dalam mengatasi masalah keamanan jaringan komputer. Keamanan jaringan yang dimaksud adalah kemampuan pada proses pemblokiran URL http dan https. Pada ujicoba yang dilakukan, filtering rule mampu melakukan blok url yang ada pada protocol HTTP maupun HTTPS yang mana membuktikan bahwa kinerja dari filtering rule  cukup baik. Dalam menganalisis kinerja packet filtering  menggunakan tool network packet anayzer Wireshark dengan cara melakukan capture paket yang lewat didalam jaringan dan menampilkan semua informasi secara detil. Hasil akhir yang didapatkan dalam proses simulasi sistem keamanan jaringan menggunakan wireshark adalah setiap paket yang dikirim tidak dapat dibaca (blokir) baik pada protocol   http maupun https. Kinerja dari tools disebuah router mikrotik tidak menjamin keamanan yang baik, efektivitas keamanan tergantung pada kemampuan administrator dalam mengkonfigurasi sebuah keamanan tersebut.


Keywords


packet filtering; sistem keamanan jaringan; microtik routerboard; analisis kinerja jaringan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


T. Listyorini and R. Meimaharani, “NETWORKING OPERATING SYSTEM ( NOS ) BERBASIS SIMULASI,” J. SIMETRIS, vol. 9, no. 1, pp. 181–188, 2018.

M. Grennan, “Firewall and Proxy Server HOWTO,” Linux Doc. Proj., p. 40, 2000.

Rodiah, “Perbandingan Cara Kerja Packet Filtering Dan Proxy Services Sebagai Firewall Pada Keamanan Jaringan,” UG J., vol. 6, no. 11, 2012.

J. Boutet, “Use offense to inform defense . Find flaws before the bad guys do.,” SANS Inst., 2010.

A. Hikmaturokhman, A. Purwanto, and R. Munadi, “Analisis Perancangan Dan Implementasi Firewall Dan Traffic Filtering Menggunakan Cisco Router,” Semin. Nas. Inform., 2010.

A. Muzakir and C. D. Kusmindari, “Design of Push-Up Detector Applications Using Quality Function Development and Anthropometry For Movement Error Detection,” Sci. J. Informatics, vol. 5, no. 2, pp. 248–257, 2018.

A. P. N. Permana and R. Firmansyah, “Distribusi Jaringan Menggunakan Routing Ospf,” J.SIMETRIS, vol. 9, no. 1, pp. 519–532, 2018.

L. H. Chen and W. C. Ko, “Fuzzy approaches to quality function deployment for new product design,” Fuzzy Sets Syst., vol. 160, no. 18, pp. 2620–2639, 2009.

P. Silitonga and I. S. Morina, “Analisis Qos ( Quality Of Service) Jaringan Kampus Dengan Menggunakan Microtic Routerboard ( Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Unika Santo Thomas S.U),” J. TIMES, 2014.

I. Riadi, “Optimalisasi Keamanan Jaringan Menggunakan Pemfilteran Aplikasi Berbasis Mikrotik Pendahuluan Landasan Teori,” JUSI, Univ. Ahmad Dahlan Yogyakarta, 2011.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2646

Article Metrics

Abstract views : 4805| PDF views : 2828

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: