PENGARUH BUSUR SUDU TURBIN ANGIN SAVONIUS TIPE-U MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK

Delffika Canra
Suliono -

Abstract


Seringnya pemadaman listrik oleh PLN di beberapa daerah di Indonesia tak terkecuali di Indramayu, serta naiknya tarif listrik sejak awal tahun 2017 membawa dampak negatif pada rakyat indonesia yang sangat konsumtif dan tergantung pada energi listrik. Sumber energi angin didaerah pesisir Indonesia umumnya merupakan salah satu potensi sumber energi terbarukan (renewable energy resources) yang berlimpah, ramah lingkungan dan bersifat renewable. Turbin angin savonius dapat menghasilkan torsi yang relatif tinggi meskipun pada kecepatan angin rendah. Untuk mendapatkan daya listrik yang besar diperlukan konstruksi turbin yang besar juga dimana memerlukan biaya yang besar juga tentunya. Untuk itu perlu dikembagkan dimensi dari konstruksi turbin angin ini. Aspek yang sudah diteliti adalah penampang sudu, serta  nilai  lainnya. Sedangkan kedalaman lengkungan atau  panjang busur  sudu  pada  tipe  U  masih berpeluang diteliti. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian pada busur sudu tipe U untuk mendapatkan daya yang lebih besar dari sebelumnya. Metode numerikal dilakukan untuk mengetahui berapa besar pengaruh modifikasi geometri sudu terhadap daya turbin yang terserap. Turbin didesain dengan  jumlah sudu 2 buah sesuai dengan penelititan sebelumnya. Parameter yang divariasikan hanya pada geometri panjang busur dan lebar penampang sudu, parameter lainnya mengikuti penelitian sebelumnya. Dari hasil simulasi radius dan lebar penampang membuktikan ada pengaruh geometri dalam peningkatan daya turbin berturut-turut sebesar 7,78 % dan 19,76 %. Variasi sudu yang menghasilkan daya terbesar terdapat pada variasi sudu R 75 dan LP 130 pada kecepatan angin 4,8 m/s.


Keywords


turbin angin savonius tipe-u; panjang busur; lebar penampang; daya angin

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sumiati. R. Pengujian Turbin Angin Savonius Tipe U sudu di Lokasi Pantai Air Tawar Padang. Jurnal Teknik Mesin Politeknik Negeri Padang, Juni 2012; 1(1): 26-32.

M. Haydarul. H, Nugroho. G, Musyafa'.A. Rancang Bangun Turbin Angin Vertikal Jenis Savonius dengan Variasi Jumlah Blade Terintegrasi Circular Shield untuk Memperoleh daya Maksimum. Jurnal Teknik POMITS. 2013; 7(7): 1-6.

Rudianto D.T, Ahmadi N. Rancang Bangun Turbin Angin Savonius 200 Watt. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Kedirgantaraan (SENATIK). Yogyakarta. 2016; 2: 71-75.

Farid. A. Optimasi Daya Turbin Angin Savonius dengan Variasi Celah dan Perubahan Jumlah Sudu. Prosiding SNST ke-5 Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim. Semarang. 2014; 5: 18-23.

Mohamed Hasan A.M. Design Optimazation of Savonius and Wells Turbines. Disertasi. University of Magdeburg, Magdeburg; 2011.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2780

Article Metrics

Abstract views : 757| PDF views : 524

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: