KLASIFIKASI DAUN TEMBAKAU SESUAI MUTU DAUN SATU OLAH MENGGUNAKAN BACKPROPAGATION

Novita Kurnia Ningrum
Septian Enggar Sukmana
Tomy Elen Sasmita

Abstract


Saat ini penentuan daun sesuai DMSO masih dilakukan secara manual dengan memilih secara kasat mata antara daun yang masak dan belum masak. Kendalanya adalah antara petani satu dengan yang lain memiliki persepsi yang tidak sama untuk menentukan daun masak dan belum masak. Oleh karena itu diperlukan suatu teknik yang lebih memudahkan baik petani ataupun industri intuk mendapatkan kualitas daun yang sesuai. Pada penelitian ini dilakukan untuk mengenali mutu daun tembakau sesuai DMSO dengan menganalisa citra daun tembakau. Langkah awal dilakukan ekstraksi warna hsv, hasil perhitungan nilai hsv digunakan sebagai nilai inputan pada algoritma backpropagation. Berdasarkan uji coba, nilai learning rate terbaik pada nilai 0,1.


Keywords


daun mutu satu olah; rgb; backpropagation

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


D. A. Purnomo, "jateng.tribunnews.com," 23 April 2018. [Online]. Available: http://jateng.tribunnews.com/2018/04/23/hadiri-kawit-tanam-tembakau-di-rembang-ganjar-ingin-ada-riset-kualitas-tembakau.

S. Tirtosastro, W. M., "Penanganan Panen dan Pasca Panen Tembakau Di Kabupaten Bojonegoro," Buana Sains, 2015.

Syahid Dani, Jumadi and D. Nursantika, "Sistemklasifikasi Jenis Tanaman Hias Daun Philodendron Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor (Knn) Berdasarkan Nilai Hue, Saturation, Value (Hsv)," 2016.

N. Kurnia Ningrum and D. Kurniawan, "PENERAPAN EKSTRAKSI CIRI ORDE SATU UNTUK KLASIFIKASI TEKSTUR MOTIF BATIK PESISIR DENGAN ALGORITMA BACKPROPAGASI," SIMETRIS, vol. 8, no. 2, 2017.

N. Kurnia Ningrum and D. Kurniawan, "KLASIFIKASI DAUN TEMBAKAU SESUAI MUTU DAUN SATU OLAH MENGGUNAKAN BACKPROPAGATION," Jurnal SIMETRIS, vol. Vol. 8 No.2, no. ISSN: 2252-4983, pp. 639-646, 2017.

T. Sutoyo and E. Mulyanto, Teori Pengolahan CITRA DIGITAL. Pernbit ANDI., Semarang, 2009.

H. Mauridhi and M. Arif, Konsep Pengolahan Citra Digital dan Ekstraksi Fitur, Edisi Pertama ed., JogJakarta: Pustaka Ilmu, 2010.

D. Puspitaningrum, Pengantar Jaringan Saraf Tiruan, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2006.

N. Kurnia Ningrum and D. Kurniawan, "PENGARUH THRESHOLDING OTSU PADA KLASIFIKASI MOTIF BATIK PESISIR MENGGUNAKAN K-NEAREST NEIGHBOUR," in Science And Engineering National Seminar 3 (SENS 3), Semarang, 2017.

E. Subiyantoro and Y. Permana A.P., "Penentuan Kualitas Daun Tembakau Dengan Perangkat Mobile Berdasarkan Ekstraksi Fitur Rata-Rata Rgb Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbour," 2016.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i2.3066

Article Metrics

Abstract views : 1683| PDF views : 1296

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: