PERSEPSI DOSEN VOKASI UI TERHADAP KUALITAS INFORMASI SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN UNIVERSITAS INDONESIA (SIPEG UI)

Sancoko Sancoko

Abstract


Beberapa sistem informasi manajemen banyak yang telah di bangun pihak Universitas Indonesia, hal ini di lakukan agar aktivitas di level operasional menjadi efisien dan efektif. Salah satu aplikasi yang dibangun oleh UI ialah Human Resources information System (HRIS) bernama SIPEG (Sistem Informasi Kepegawaian). Aplikasi ini bermanfaat bagi civitas akademik seperti Dosen dalam menyimpan aktivitas tridharma perguruan tinggi. Aplikasi SIPEG merupakan aplikasi berbasis web yang digunakan untuk menunjang proses administrasi kepegawaian di Universitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang kualitas output informasi dari sipeg.ui.ac.id. Terdapat 3 aspek yang diuji dalam tulisan ini yaitu: Aspek Bentuk, Aspek Isi dan Aspek waktu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh dosen tetap Program Vokasi UI. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas dari output informasi sipeg.ui.ac.id berada ditahap berkualitas.

Keywords


sistem; sistem informasi SDM; kualitas informasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1]

N. Mariana, "Pengukur-Pengukur Kesuksesan Sistem Informasi Eksekutif," Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, pp. 30-37, 2006.

[2]

V. Rizal, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori dan Praktek, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2009.

[3]

S. N. Ambo and M. Ghufron, "Rancang Bangun Aplikasi Human Resource Information System Menggunakan Metode Model View Controller (Mvc)," in Seminar Nasional Sains dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta, 2015.

[4]

S. Marmoah, Buku Administrasi dan Supervisi Pendidikan Teori dan Praktek, Yogyakarta: Deepublish, 2017.

[5]

L. P. Swandewi, D. Ariyanto and L. G. K. Dewi, "Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Pada Lembaga Perkreditan Desa Di Kabupaten Buleleng," E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, pp. 1803-1831, 2017.

[6]

R. Sanjoyo, "http://www.yoyoke.web.ugm.ac.id," June 2017. [Online].

[7]

E. C. Putro, "Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pemakai Software Akuntansi Pada Perusahaan Dagang Di Kota Sidoarjo," Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas, Surabaya, 2014.

[8]

Sujono, "Rancangan Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian Pada Kantor CV. Mega Cipta Pangkalpinang," Jurnal SIMETRIS Vol 6 No 2 November 2015, pp. 295-304, 2015.

[9]

J. O'Brien, Pengantar Sistem Informasi Perspektif Bisnis dan Manajerial, Jakarta: Salemba Empat, 2005.

[10]

P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV Alfabeta, 2011.

[11]

N. A. Jamil, "http://www.medicine.uii.ac.id/," 2 Juni 2018. [Online]. Available: https://fk.uii.ac.id/upload/klinik/elearning/ikm/teknik-sampling-penelitian-ikm-fkuii-naj..

[12]

H. Umar, Metode Riset Bisnis, Jakarta: PT Gramedia, 2002.

[13]

Zulganef, Pemodelan Persamaan Struktur dan Aplikasinya menggunakan AMOS 5, Bandung: Penerbit Pustaka, 2006.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i2.3282

Article Metrics

Abstract views : 586| PDF views : 224

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: