MONITORING DAN PENGHENTIAN CAIRAN INFUS MENGGUNAKAN TIMBANGAN INFUS DIGITAL DENGAN MEMANFAATKAN WEB SERVER

Kristina Natalia Tunga Yayer
Widya Andyardja Weliamto
Rasional Sitepu
Hartono Pranjoto

Abstract


Perawat merupakan petugas kesehatan yang perannya tak kalah penting dengan dokter. Tugas perawat antara lain memberikan obat dan memeriksa kondisi pasien sesuai jadwal serta mengganti kantong infus. Akan tetapi pada malam hari perawat yang bertugas lebih sedikit dibandingkan siang hari. Hal tersebut berdampak pada kemerataan pelayanan dan dapat menimbulkan resiko bagi pasien yang cairan infusnya habis pada malam hari. Resiko dari keterlambatan penggantian kantong infus adalah kemungkinan darah yang tertarik dan mengalir kedalam selang infus karena terjadinya perbedaan tekanan udara antara pembuluh vena dan kantong infus. Untuk meminimalkan resiko-resiko yang dapat terjadi, penggantian kantong infus harus dilakukan dengan tepat. Alat yang dibuat dapat mengukur volume infus dengan menimbang berat kantong infus. Alat diberi pengaman agar dapat menghentikan aliran cairan infus yang mengalir ke pembuluh vena ketika cairan infus akan habis. Data dari banyak cairan infus yang tersisa dan ruangan pasien berada dikirimkan ke web server yang dapat diakses pada nurse station sehingga akan lebih mudah untuk dipantau perawat. Hasil dari penelitian ini berupa pengukuran volume cairan infus dengan rata-rata error dibawah 2%. Pengiriman data berupa volume dan foto kantong infus ke server dilakukan tanpa kesalahan pengalamatan saat banyak alat mengirimkan data secara bersamaan. Membuat tampilan web berupa indikator warna agar perawat dapat segera mengetahui saat cairan infus hampir habis, sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam penggantian kantong infus

Keywords


sistem infus; load-cell; web server; internet of things

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


SOP Pemasangan Infus Lengkap. (https://www.nerslicious.com/2018/06/sop-pemasangan-infus.html) (diakses 07 januari 2019).

Spesifikasi Raspberry Pi 3. (https://www.raspberrypi.org/products/raspberry-pi-3-model-b/) (diakses 1 Oktober 2018).

Richardson, Matt dan Shawn Wallace. 2012. Getting Started with Raspberry Pi. California: O'REILLY.

Raspberry Pi-Teach, Learn, and Make with Raspberry Pi. (https://www.raspberrypi.org/) (diakses tanggal 08 Juli 2019)

Datasheet HX711. “AVIA Semiconductor: 24-bit Analog to Digital Converter (ADC) for Weigh Scale”. (https://www.mouser.com/ds/2/813/hx711_english-1022875.pdf) (diakses 30 September 2018).

Rizky, Putra M, Agustus 2016. ”Aplikasi Load Cell sebagai Pengukur Berat Serpihan Cangkir Plastik Air Mineral untuk Menonaktifkan Motor AC pada Rancang bangun Mesin Penghancur Plastik”. Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Teknik Elektronika, Politeknik Negeri Sriwijaya. (http://eprints.polsri.ac.id/ 3246/3/BAB%202.pdf) (diakses 30 September 2018).

Specification, Tolerances, and Other Technical Requirements for Weighing and Measurering Device (https://web.archive.org/web/20111 210164956/http://ts.nist.gov/weightsandmeasures /publications/appxc.cfm) (diakses 07 Juli 2019)

Kula, Piotr J. 2014. Raspberry Pi Server Essentials. Birminghan-Mumbai: Packt Publishing.

Raspberry Pi 2 & 3 Pin Mappings. (https://docs.microsoft.com/en-us/windows/iot-core/learn-about-hardwarepinmappings/pinmappingsrpi) (diakses 13 Februari 2019).

Pahar, Benedictus Teja Brian, Desember 2018. ”Penerapan Load Cell untuk Timbangan infus digital”. Jurusan Teknk Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Bradbury, Alex dan Ben Everard. 2014. Learning Python with Raspberry Pi. United States of America: Wiley.

Grayson, Jhon E. 2000. Python and Tkinter Programing. United State of America: Manning.

Shaw, Zed. 2014. Learn Python the Hard Way Third Edition. United State: Addison-Wesley

Larson, Ron. 2010. Algebra and Trigonometry Eighth Edition. United State of America: Cengage Learning.

Takasago Electric, INC “Pinch Valve” (https://www.takasagofluidics.com/pdf/catalog/ General_Catalogus.pdf) (diakses 21 Februari 2019)

Meier, Burkhard A. 2015. Python GUI Programming Cookbook. Birminghan-Mumbai: Packt Publishing.

Apache Web Server: Build A Local HTML Server with A Raspberry Pi. (https://www.raspberrypi.org/magpi/apache-web-server/) (diakses 08 Juli 2019).

Kristianto, Andhik Wahyu, Juli 2011. ”Monitoring Suhu dan Kelembaban Melalui Web untuk Aplikasi Data Center”. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Irwan Dinata, Wahri Sumanda, “IMPLEMENTASI WIRELESS MONITORING ENERGI LISTRIK BERBASIS WEB DATABASE” Jnte Fakultas Teknik Unand Vol: 4, No. 1, Maret 2015. Maret 2013 [4] Sun Jun Lee, Keng Siau,

Camera Module. (https://www.raspberrypi.org/documentation/hardware/camera/) (diakses 06 Juli 2019).




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.3601

Article Metrics

Abstract views : 1697| PDF views : 5014

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: