PERANCANGAN BUKU ELEKTRONIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA BANGUN RUANG SEKOLAH DASAR BERBASIS AUGMENTED REALITY

Qadhli Jafar Adrian
Agus Ambarwari
Muharman Lubis

Abstract


Augmented Reality (AR) Book dapat digunakan sebagai langkah dalam meningkatkan pembelajaran dan pengajaran di sekolah dasar. Hal ini disebabkan AR dapat memberikan siswa kemampuan untuk belajar yang interaktif di berbagai tempat serta waktu yang mereka inginkan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan MathARbook atau Mathematics AR Book, yaitu suatu prototype buku Matematika tingkat Sekolah Dasar yang kontennya ditampilkan dalam AR. Konten materi pada buku Matematika ini antara lain bangun datar dan bangun ruang. Selanjutnya, pengembangan aplikasi memanfaatkan teknologi AR yang menggabungkan elemen-elemen multimedia seperti teks, gambar, video, animasi, dan suara. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi adalah prototyping, sehinga diharapkan aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pengujian aplikasi dilakukan menggunakan ISO 9126-functionality terhadap guru matematika yang mengajar di salah satu sekolah dasar di Bandar Lampung. Hasil pengujian diperoleh 100% guru menerima aplikasi yang telah dikembangkan, sehingga dapat dikatakan aplikasi layak untuk digunakan dan dapat digunakan sebagai alteratif bahan ajar matematika di sekolah dasar.


Keywords


AR; prototyping; matematika; sekolah dasar; bangun ruang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


OECD, ‘Programme for International Student Assessment. Reading, mathematical and scientific literacy 2015. Result in focus’, 2015.

L. E. Cozad and P. J. Riccomini, ‘Effects of Digital-Based Math Fluency Interventions on Learners with Math Difficulties: A Review of the Literature’, J. Spec. Educ. Apprenticesh., vol. 5, no. 2, pp. 12–2016, 2016.

M. Bower, C. Howe, N. McCredie, A. Robinson, and D. Grover, ‘Augmented Reality in education - cases, places and potentials’, EMI. Educ. Media Int., vol. 51, no. 1, pp. 1–15, 2014.

D. Nincarean, M. B. Alia, N. D. A. Halim, and M. H. A. Rahman, ‘Mobile Augmented Reality: The Potential for Education’, Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 103, pp. 657–664, 2013.

M. Antonioli, C. Blake, and K. Sparks, ‘Augmented Reality Applications in Education’, J. Technol. Stud., vol. 40, no. 2, pp. 96–107, 2014.

S. C.-Y. Yuen, G. Yaoyuneyong, and E. Johnson, ‘Augmented Reality: An Overview and Five Directions for AR in Education’, J. Educ. Technol. Dev. Exch., vol. 4, no. 1, 2011.

J. Sahertian, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Sel’, J. Teknol. Elektro dan Kejuru., vol. 19, no. 1, pp. 9–14, 2013.

S. Sagita and R. Amalia, ‘Pembelajaran Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality’, Fakt. Exacta, vol. 7, no. 3, pp. 224–235, 2014.

I. Radu, ‘Augmented reality in education: A meta-review and cross-media analysis’, Pers. Ubiquitous Comput., vol. 18, no. 6, pp. 1533–1543, 2014.

A. Subagyo, T. Listyorini, and A. Susanto, ‘Pengenalan Rumus Bangun Ruang Matematika Berbasis Augmented Reality’, Pros. SNATIF, vol. 2, no. 2, pp. 29–32, 2015.

V. Gopalan, A. N. Zulkifli, N. Fadziana, F. Mohamed, and A. Alwi, ‘Learning-A Brief Review’, no. June, 2016.

R. A.S and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2018.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.3842

Article Metrics

Abstract views : 3295| PDF views : 2830

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: