SISTEM PEMANTAUAN DAN PENGENDALIAN RUMAH JAMUR DENGAN METODE FUZZY SECARA WIRELESS

Firdaus Iman Ubaidillah
Istiadi Istiadi
Muhamad Mukhsim

Abstract


Pembudidayaan jamur tiram perlu dibuat rumah atau kumbung jamur dengan kondisi yang harus selalu di pantau agar jamur dapat tumbuh dengan baik. Dalam penelitian ini dikembangkan sistem pemantauan dan pengendalian rumah jamur dengan metode fuzzy logic control yang dilakukan wireless. Sistem pengendali menggunakan sensor AM2301 untuk pembacaan nilai kelembaban udara dan suhu yang terhubung dengan Arduino UNO yang terintegrasi dengan ESP8266. Pembacaan data sensor secara periodik dan secara otomatis mengontrol kipas, lampu dan pompa serta mengirimkannya untuk dilakukan pemantauan. Metode pengendalian yang digunakan adalah fuzzy logic control tipe Mamdani. Dari penelitian ini dihasilkan sistem yang dapat mengendalikan suhu melalui kecepatan kipas dan lama waktu lampu menyala, sedangakan untuk kelembaban udara melalui lama waktu pompa menyala. Hasil perancangan dapat dikatakan sesuai dengan plant, karena output dapat bekerja sesuai dengan aturan fuzzy logic control yang diinginkan dan data dapat terkirim serta di terima untuk pemantauan.


Keywords


jamur tiram; rumah jamur; fuzzy logic control; wireless

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Hafiz, Fardian, And A. Rahman, “Rancang Bangun Prototipe Pengukuran Dan Pemantauan Suhu, Kelembaban Serta Cahaya Secara Otomatis Berbasis Iot Pada Rumah Jamur Merang,” Kitektro : Jurnal Online Teknik Elektro, Vol. 2, P. 7, 2017.

Ramdani And T. B. Santoso, “Penerapan Fuzzy Inference Sistem Untuk Kontrol Suhu Dan Kelembaban Budidaya Jamur Tiram Berbasis Mikrokontroler" Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Limit’s Vol. 12 No. 1 Maret 2016

Sutarman, “Keragaan dan Produksi Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus) Pada Media Serbuk Gergaji dan Ampas Tebu Bersuplemen Dedak dan Tepung Jagung,” Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, vol. 12, p. 6, 2012.

A.A. Sulistiono, S. Sumardi, MA. Riyadi. Perancangan Sistem Pengendali Pada Prototype Rumah Jamur Menggunakan PLC OMRON CPM1A. TRANSIENT. 2015 Nov 18;4(3):426-32.

Yamin M. Budidaya Jamur Kuping dan Tiram dengan Teknologi Pengendalian Suhu. Jurnal Pangan. 2016 Jun 15;19(2):189-95.

S. Waluyo, R. Wahyono, B. Lanya, M. Telaumbanua. Pengendalian Temperatur dan Kelembaban dalam Kumbung Jamur Tiram (Pleurotus sp) Secara Otomatis Berbasis Mikrokontroler. AGRITECH. 2018;38(3):282-8.

K. M. Passino and S. Yurkovich, Fuzzy control. Menlo Park, Calif: Addison-Wesley, 1998.

F. Solikin, “Aplikasi Logika Fuzzy Dalam Optimisasi Produksi Barang Menggunakan Metode Mamdani dan Metode Sugeno,” p. 100, 2011.

D. Ismawati, “Perbandingan Jumlah Membership dan Model Fuzzy Terhadap Perubahan Suhu Pada Inkubator Penetas Telur,” p. 122, 2017.

U. J. Shobrina, R. Primananda, and R. Maulana, “Analisis Kinerja Pengiriman Data Modul Transceiver NRF24l01, Xbee dan Wifi ESP8266 Pada Wireless Sensor Network,” p. 8.

I. S. Wicaksana, F. I. Ubaidillah, Y. P. Hadi, S. T. Wahyu, I. Istiadi, “Perancangan Sistem Monitoring Suhu Gudang Berbasis Internet Of Things (Iot),” P. 9, 2018.

R. S. Putri, M. I. Fanani, I. I. Kurniawan, E. P. O. Danawan, K. I. F. Sugiarto, I. Istiadi, “Penerapan Teknologi Pengendali Fermentasi Tempe Bagi Usaha Krudel Lariso Kelurahan Purwantoro Kota Malang,” Proceeding CIASTECH, 2018.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.3975

Article Metrics

Abstract views : 700| PDF views : 735

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: