APLIKASI AUGMENTED REALITY MOBILE GAME UCING SUMPUT BERBASIS GPS BASED TRACKING
Abstract
Permainan tradisional mulai terkikis oleh perkembangan zaman, menyebabkan anak-anak hanya mengetahui permainan tradisional tapi tidak pernah memainkan permainan tradisional tersebut. Salah satu permainan tradisional Indonesia yang mulai terlupakan adalah Ucing Sumput dari Jawa Barat. Untuk melestarikan permainan tradisional perlu dilakukan berbagai upaya guna menjamin permainan tradisional tersebut tetap eksis dalam bentuk yang berbeda. Untuk itu perlu dilakukan transformasi permainan tradisional menjadi game digital. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses transformasi dan transisi game tradisional ke bentuk digital dan rekayasa permainan tradisional Ucing Sumput yang dapat dimainkan pada platform android. Kombinasi model ATUMICS dan MDLC digunakan sebagai model pembangunan Game. Penelitian ini berhasil membangun model usulan dan membangun game digital augmented reality Ucing Sumput berbasis gps based tracking. Permainan ini menggunakan metode gps based tracking dimana objek 3D disimpan di titik latitude dan longitude sebagai objek yang akan dicari oleh pengguna. Berdasarkan hasil pengujian alpha, semua fungsionalitas game sudah berjalan dengan baik. Dari pengujian beta didapat nilai persentase sebesar 80% sebagai feedback dari pengguna dengan interpretasi game diterima oleh pengguna dan dapat dikembangkan lebih lanjut.
Keywords
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Pragestu, S., Sujiani, H., & Negara, A. B. P. (2015). Implementasi Augmented Reality dengan Memanfaatkan GPS Based Tracking pada Sistem. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 1(2), 122.
Nugraha, I. S., Satoto, K. I., & Martono, K. T. (2014). Pemanfaatan Augmented Reality untuk Pembelajaran Pengenalan Alat Musik Piano. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.14710/JTSISKOM.2.1.2014.62-70
Hidayat, E. W., Aldya, A. P., Tania, P., & Miranti, A. (2019). Game Adu Muncang Berbasis Android. 1, 13–20.
Prasetia, R., Hidayat, E. W., & Shofa, R. N. (2018). Pengembangan Aplikasi Panduan Pengenalan Kampus Universitas Siliwangi Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Android. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 4(3), 478–487.
Khamadi, K., & Senoprabowo, A. (2017). Adaptasi Permainan Papan Tradisional ke dalam Permainan Digital dengan Pendekatan Atumics: Studi Kasus Permainan Mul-Mulan. Seminar Nasional Seni Dan Desain 2017, 2, 386–393. https://www.neliti.com/id/publications/196106/adaptasi-permainan-papan-tradisional-ke-dalam-permainan-digital-dengan-pendekata
Hidayat, E. W., Rachman, A. N., & Azim, M. F. (2019). Penerapan Finite State Machine pada Battle Game Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 5(1), 54. https://doi.org/10.26418/jp.v5i1.29848
Hormansyah, D. S., Ririd, A. R. T. H., & Pribadi, D. T. (2018). Implementasi Fsm (Finite State Machine) Pada Game Perjuangan Pangeran Diponegoro. Jurnal Informatika Polinema, 4(4), 290. https://doi.org/10.33795/jip.v4i4.222
Rio, U., Erlinda, S., & Haryono, D. (2016). Implementasi Model Mobile Augmented Reality e-Booklet untuk Mempromosikan Object Wisata Unggulan Provinsi Riau dengan metode 3D Object Tracking. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 1(2), 177. https://doi.org/10.35314/isi.v1i2.137.
Marnes. (2015). Permainan Ucing Sumput atau Petak Umpet. Www.Marneskliker.Com/. https://www.marneskliker.com/2015/01/permainan-ucing-sumput-atau-petak-umpet.html?showComment=1421767818528
Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59
Mulyadi, M., Zulkarnain, I., & Laugu, N. (2019). Adaptasi pustakawan dalam menghadapi kemajuan teknologi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(2), 163. https://doi.org/10.22146/bip.39843
DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.3984
Article Metrics


Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:



Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to:
