Optical Ring Resonators (ORR) Minimalisasi Rugi Daya Menggunakan Metode SA Dan PSO

M. Faizal Nuryusuf
Lutvi Hapid
Herminarto Nugroho

Abstract


Penyelesaian permasalahan yang terjadi pada industri penerbangan ataupun transfer data dapat diselesaikan dengan berbagai aplikasi teknik. Beberapa metode telah dikembangkan untuk menyelesaikan sistem persamaan ini dan metode Simulated Annealing (SA) merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persamaan ini. Namun, metode ini memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan nilai optimum karena sistemnya akan terus mencari nilai global minimum tanpa memperhatikan jumlah iterasi yang telah dilakukan. Pada makalah ini, dibuktikan bahwa pada permasalahan ini untuk mendapatkan nilai global minimum dari daya yang diinginkan, metode Partical Swarm Optimization (PSO) lebih efektif dan efisien daripada metode SA. Hal ini karena PSO lebih cepat menemukan nilai global minimum serta hasil dari setiap iterasi yang dilakukan cenderung stabil daripada metode SA. Dari lima sampel yang dilakukan dengan metode PSO, nilai global minimum yang didapatkan lebih baik dengan nilai yang besar dan waktu yang lebih cepat daripada metode SA.


Keywords


simulated annealing (SA); global minimum; partical swarm optimization (PSO)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


“Tuning of Optical Beamforming Networks: A Deep Learning Ap- proach Herminarto Nugroho.”

A. Rochman, “PENJADWALAN KULIAH MENGGUNAKAN METODE CONSTRAINTS PROGRAMMING DAN SIMULATED ANNEALING,” vol. 2012, no. Snati, pp. 15–16, 2012.

S. Url, T. J. Archive, and T. Archive, “No Title,” vol. 220, no. 4598, pp. 671–680, 2007.

M. Teknik et al., “PENYELESAIAN FUNGSI NON-KONVEKS Oleh :,” 2002.

A. Rosita and Y. Purwananto, “Implementasi Algoritma Particle Swarm untuk Menyelesaikan Sistem Persamaan Nonlinear,” vol. 1, pp. 1–5, 2012.

I. Journal, C. Science, E. Vol, and C. Science, “GRID SCHEDULING USING,” vol. 02, no. 02, pp. 140–145, 2010.

P. Wilson and H. A. Mantooth, Model-Based Engineering for Complex Electronic Systems. 2013.

“PSO tutorial.” [Online]. Available: www.swarmintelligence.org.

Rahmadya, “Particle Swarm Optimization.” [Online]. Available: www.rahmadya.com.

S. H. F. Hakim, I. Cholissodin, and A. W. Widodo, “Seleksi Fitur Dengan Particle Swarm Optimization Untuk Pengenalan Pola Wajah Menggunakan Naive Bayes ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer Gedung A ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 10, pp. 1045–1057, 2017.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.4071

Article Metrics

Abstract views : 204| PDF views : 221

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: