Implementasi sistem penjualan mobil berbasis website pada dealer mobil dafa jaya

Siti Poniati Rokmana
Rina Fiati
Ratih Nindyasari

Abstract


 

Peningkatan kualitas struktur teknologi informasi di suatu negara berdampak pada kebutuhan akan transportasi khususnya di Indonesia. Hal ini tentunya akan berdampak pada meningkatnya permintaan konsumen akan keberadaan alat transportasi (terutama mobil), karena mobil merupakan alat transportasi yang paling diminati oleh sebagian besar konsumen. Tujuan dari pembuatan sistem informasi ini adalah untuk memberikan kemudahan dalam hal pengolahan data yang sebelumnya dilakukan secara manual, sehingga membutuhkan banyak waktu dan tenaga dalam memasukkan data yang dibutuhkan. Pengolahan data transaksi pembelian mobil yang telah diolah dalam sistem informasi berbasis komputer dengan menggunakan database terstruktur akan menghasilkan informasi yang lebih akurat dan terpercaya dengan waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan pengolahan data manual yang dilakukan sebelumnya. Sistem Penjualan Mobil Dafa Jaya dikembangkan dengan metode waterfall. Keuntungan menggunakan metode waterfall adalah dokumen yang dihasilkan pada setiap tahapan dapat ditentukan dengan jelas, detail dan software yang digunakan untuk merancang dan merancang sistem penjualan dengan bahasa pemrograman PHP, MySql database, Notepad++, perancangan dengan DFD. Sistem dapat menghasilkan informasi kendaraan yang terjual, menyajikan laporan transaksi pembelian yang dilakukan konsumen secara lengkap dan kredit.


Keywords


sistem; metode waterfall; perangkat lunak; informasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Wijaya, D. K, 2019, “Logika Fuzzy Untuk Penggajian Karyawan Dengan Metode Mamdani (Studi Kasus: Lembaga Kursus Dan Pelatihan Dipcom Mejobo Kudus)”, Skripsi, Teknik Informatika, Universitas Muria Kudus, Kudus.

[2] Hasugian, P, S, 2018, “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi”, Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3 (1): 83-86.

[3] Sutabri, Tata. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

[4] Jogiyanto, H.M. (2005). Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. ANDI, Yogyakarta

[5] Wahyono, Teguh. (2009). Practice Guide PHP on Windows. Elex Media Komputindo:Jakarta

[6] Nugroho, B. (2005). Database Relasional dengan MySQL, ANDI, Yogyakarta

[7] Gilmore, W. Jason (2008). Beginning PHP and MySQL from novice to professional. Apress:United Stated America

[8] Destinawati. 2006. “Sistem Informasi Penjualan Sepeda Motor ( Cash And Credit)”, Skripsi, Diploma III Ilmu Komputer, Stmik Universitas Sebelas Maret, Surakarta

[9] Herlambang, S & Tanuwijaya, H. (2005). Sistem Informasi Konsep Teknologi & Manajemen. Graha Ilmu: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v12i1.4433

Article Metrics

Abstract views : 384| PDF views : 202

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: