IMPLEMENTASI CRM BERBASIS E-COMMERCE PADA RUMAH MAKAN ULAM SARI KUDUS

Supriyono Supriyono
Muhammad Arifin
Fajar Nugraha

Abstract


Pulau Jawa merupakan pulau dengan penduduk terbanyak, di sebelah utara ulau Jawa terdapat kabupaten dengan sebutan kota kretek, dimana kota ini merupakan salah satu kota penghasil rokok terbesar di Indonesia. Kota tersebut adalah kota Kudus, kota yang berbatasan dengan Kabupaten Grobogan, Kabupaten Pati dan Kabupaten Demak ini memiliki banyak industri selain rokok. Kontribusi industri dalam menopang perekonomian di Kudus sebesar 61.44% dari PDRB kabupaten. Industri-industri tersebut terdiri dari beberapa cluster diantaranya adalah industri rumah tangga, industri kecil, industri menengah dan industri berskala besar. Rumah Makan Ulam Sari Kudus adalah salah satu industri menengah yang bergerak dibidang makanan,  meskipun RM Ulam Sari telah memiliki website sebagai media promosi namun proses pemesanan menu makanan dan booking tempat dilakukan secara konvensional yaitu dengan menelfon pihak rumah makan. Hal ini menyebabkan proses tersebut kurang efektif. Sehingga untuk menunjang kebutuhan tersebut diperlukan sebuah aplikasi CRM berbasis e-commerce yang nantinya diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan dalam melakukan proses pemesanan menu makanan maupun booking tempat dengan cepat. Metodologi penelitian pada penelitian ini menggunakan analisa yang diperoleh dari lapangan dan menggunakan tinjauan pustaka. 


Keywords


crm; e-commerce; UMKM, sistem informasi rumah makan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


K. Kudus, “Industri dan Perkembangannya,” kuduskab, 2017. [Online]. Available: http://kuduskab.go.id/p/173/industri_dan_perkembangannya. [Accessed: 26-Feb-2020].

R. H. Juliana, N. Oktaviana, and J. Petrus, “Sistem Penjualan Online Berbasis Web Pada MDP Notebook,” pp. 1–7, 2008.

R. Kholifa, Siti and Setiowati, Yuliana and Asmara, “Rancang Bangun Sistem Informasi Toko Buku Online,” Repo.Pens.Ac.Id, 2011.

I. Inayati, “Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Web,” E-Narodroid, vol. 1, no. 2, pp. 80–86, Dec. 2015, doi: 10.31090/narodroid.v1i2.71.

T. Gantini, “Website E-Commerce Toko Baros Elektronik Cimahi.,” J. Sist. Inf., vol. 3, pp. 101–111, 2008.

Rizqa Janati Adnin, Nawazirul Lubis, Widayanto, "Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Pt. Nasmoco Pemuda Semarang" Diponegoro Journal Of Social And Politic Of Science, Tahun 2013, Hal. 1-8

H. . Jogiyanto, Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.4599

Article Metrics

Abstract views : 1150| PDF views : 852

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: