IMPLEMENTASI SISTEM OBJECT TRACKING UNTUK MENDETEKSI DUA OBJEK BERBASIS DEEP LEARNING

Wahyu Muldayani

Abstract


Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah kompetisi penggambaran, perencanaan, dan pembuatan rekayasa dalam bidang robotika. Salah satu divisi yang dilombakan yaitu Kontes Robot Sepak Bola Beroda (KRSBI Beroda). Salah satu strategi pertandingan untuk memenangkan pertandingan yaitu saling umpan antar robot. Jadi robot diharuskan dapat melakukan identifikasi mana kawannya. Untuk melakukan tracking bola dan kawan dibutuhkan sebuah sistem pendeteksian objek. Pada penelitian ini, akan dikembangkan sistem tracking bola dan pendeteksian robot kawan dengan berbasis Deep Learning. Metode Deep Learning yang digunakan yaitu metode CNN (Convolutional Neural Network). Pada penelitian ini akan menggunakan kamera omnidirectional dan kamera webcam Logitech yang masing-masing akan digunakan untuk proses deteksi objek bola dan kawan. Pendeteksian objek yang dilakukan menggunakan algoritma YOLO yang arsitekturnya terdiri dari 24 layer kovolusi, 4 layer max pooling, dan 2 layer fully connected. Pendeteksian objek yang dilakukan menggunakan algoritma YOLO yang sebelumnya sudah di training menggunakan model YOLOv5s dengan jumlah dataset 1500 gambar bola dan 600 gambar kawan. Dari hasil training yolov5 dihasilkan pembacaan yang bagus dengan Mean Average Precision (mAP) mencapai 0.985, presisi sebesar 0.971 dan nilai recall mencapai 0.981 Dari hasil pengujian yang dilakukan sistem dapat mendeteksi bola mencapai jarak 700 cm dan mendeteksi kawan mencapai jarak 900 cm. Ketika intensitas cahaya terlalu rendah pendeteksian yang dilakukan tidak stabil. Robot JR EVO berhasil melakukan tracking bola maupun kawan.


Keywords


CNN, Deep Learning, Deteksi Objek, Kamera, Robot, YOLO.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Puspresnas. 2021. Pedoman KRI 2021. Edisi 1. Jakarta: Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. [2] Pradana, A. W. dan D. Irmawati. 2020. Pendeteksi warna dan bentuk bola pada robot penjaga gawang menggunakan emgucv. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education). 5(1):21–31. [3] Prianggodo, L. B. 2016. Perancangan object tracking robot berbasis image processing menggunakan raspberry pi. Laporan Tugas Akhir Teknik Elektronika. [4] Pramestya, R. H. 2018. Deteksi dan Klasifikasi Kerusakan Jalan Aspal Menggunakan Metode YOLO berbasis Citra Digital. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. [5] Eka Putra, W. S. 2016. Klasifikasi citra menggunakan convolutional neural network (cnn) pada caltech 101. Jurnal Teknik ITS. 5(1). [6] Peemen, M., R. Shi, S. Lal, B. Juurlink, B. Mesman, dan H. Corporaal. 2016. The neuro vector engine: flexibility to improve convolutional net efficiency for wearable vision. Proceedings of the 2016 Design, Automation and Test in Europe Conference and Exhibition, DATE 2016. 1604–1609. [7] Saha, S. 2018. A Comprehensive Guide to Convolutional Neural Networks. https://towardsdatascience.com/a-comprehensive-guide-to convolutional-neural-networks-the-eli5-way-3bd2b1164a53. [8] Redmon, J., S. Divvala, R. Girshick, dan A. Farhadi. 2016. You only look once: unified, real-time object detection. Proceedings of the IEEE Computer Society Conference on Computer Vision and Pattern Recognition. 2016-Decem:779–788




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v14i1.9236

Article Metrics

Abstract views : 359| PDF views : 79

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: