RANCANG BANGUN ALAT PENYARING SUSU KEDELAI MENGGUNAKAN MOTOR LISTRIK

Deny Murdianto
Muhammad Firdan Nurdin
Dwi Santoso
Prayoga Raja Lambok Silalahi

Abstract


Industri pengolahan tahu dan tempe sudah mulai berkembang di Kalimantan Utara. Banyak industri yang dikembangkan dalam skala rumah tangga yang masih menggunakan cara-cara tradisional. Banyak hal yang perlu diteliti agar industri-industri tersebut dapat melakukan proses produksi dengan lebih efisien dan efektif serta terjamin kebersihannya dan juga terjamin pengelolaan limbahnya. Dari hasil penelitian sebelumnya, telah diperoleh informasi terkait langkah-langkah proses pembuatan tahu. Ada beberapa proses pengolahan yang masih dilakukan secara manual dan kurang higienis. Terkait hal tersebut, pada penelitian ini akan dibuat rancang bangun alat penyaring susu kedelai pada proses pembuatan tahu. Alat ini dapat digunakan di industri pengolahan tahu dan proses manual yang memiliki beberapa kekurangan bisa ditinggalkan.


Keywords


industri rumah tangga, pengolahan tahu, penyaring tahu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sutisna, C., Hendarto, D., Muliawati, F. 2018. “Rancang Bangun Alat Penyaring Ampas Kedelai Berbasis Arduino Untuk Tahu.” JuTeks, 5. 1, 31–37.

Indrasari, L. D. and Rahayuningsih, S. 2017. “Perancangan Alat Penyaring Tahu Secara Ergonomis.”, Seminar Nasional dan Gelar Produk 2, 1219–1229.

Ria PZ, R., Suparti, E. 2017. “Perancangan Alat Penyaring Tahu Dengan Pendekatan Quality Function Deplovment (QFD) Dan Athropometri.”, Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri, C46.1–5.

Ardiawan, A., Walujo, D. A. 2016. “Perancangan Mesin Penyaringan Dalam Proses Pembuatan Tahu Guna Meningkatkan Hasil Produktivitas Dalam Skala Home Industry.”, Jurnal Teknik WAKTU, 14. 2, 39–42.

Fauzan, A. G. (2017). Perancangan Alat Penyaring Otomatis Sari Pati Kedelai Pada Pembuatan Tahu Untuk Mengurangi Waktu Proses Dengan Metode Reverse Engineering (Studi Kasus: Rumah Produksi Tahu APU Klaten). Surakarta: Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Haripurna, A., Purnomo, H. 2017. “Desain Perancangan Alat Penyaring Dalam Proses Pembuatan Tahu Dengan Metode Macro Ergonomic Analysis and Design (MEAD).”, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 16. 1, 22–27.

Mulyana, J., Santosa, L. M. H., Prasetya, W. 2013. “Perancangan Alat Penyaringan Dalam Proses Pembuatan Tahu.”, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 12. 1, 21–30.

Destiana, I. (2010). Perancangan Alat Penyaring Tahu Berdasarkan Prinsip Ergonomi (Studi Kasus Industri Tahu Sari Murni Surakarta). Surakarta: Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret.

Dermawan, R., Utomo, S. B., Bernadhi, B. D. 2020. “Usulan Rancangan Alat Penyaring Tahu Yang Ergonomis Dengan Metode Ergonomic Function Deployment (EFD) (Studi Kasus : IKM Tahu Pak Tasmin).” Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 3. 169–180.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v14i1.9344

Article Metrics

Abstract views : 867| PDF views : 393

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: