PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS ANDROID ASEAN TOUR PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD KELAS VI

Lisna Maulidia Sari

Abstract


Pada kurikulum 2013 terdapat tujuan untuk memajukan pendidikan di Indonesia yang sejalan dengan perkembangan teknologi dengan berdasarkan Standar Pendidikan Dasar dan Menengah yang kegiatan pembelajarannya harus dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Memperhatikan tahap perkembangan kognitif anak kelas VI yang berada pada tahap operasional formal, peserta didik memerlukan alat bantu atau media yang tepat untuk memudahkan mereka dalam memahami materi. Dengan memperhatikan karakteristik siswa maka perlu dikembangkan multimedia interaktif berbasis android yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis android ASEAN TOUR yang dapat di instal untuk dapat membantu siswa memahami materi pelajaran IPS mengenai Negara-Negara ASEAN di kelas VI dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model pengembangan 4D.


Keywords


Media;Multimedia Interaktif;Berbasis Android

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agusta, I. (2003). Teknik Pengumpulan Dan Analisis Data Kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27(10) Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 134-143. Ganes, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli ASEAN Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada SIswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Mimbarr PGSD Unsiksha, 30-39. Hamdu, dkk. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Masalah Tema Bermain dengan Benda-Benda di Sekitar. Jurnal Saung Guru: Vol. VII No.2 Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). Mohamad, P. B. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Materi Kualitas Instrumen Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 8, No. 2, 163-172. Nadia, F. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Stiker Pintar Dalam Materi ASEAN Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas Vool. 7 No. 2, 201-214. Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440. Suprayitno. (2021). Pengembangan Media E-Scrapbook Materi Negara-Negara ASEAN Pada Muatan Pembelajaran IPS Kelas VI Sekolah Dasar. Universitas Negeri Surabaya, 1872-1882




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v14i1.9475

Article Metrics

Abstract views : 225| PDF views : 70

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: