Implementasi Metode Holt-Winters Multiplicative pada Sistem Peramalan Pengunjung Objek Wisata Kawah Ijen Kabupaten Bondowoso

Hendry Sakti Irawan
Nelly Oktavia Adiwijaya
Muhammad ‘Ariful Furqon

Abstract


Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi wisata dengan tingkat kepadatan pengunjung paling tinggi diantara seluruh objek wisata di Kabupaten Bondowoso. Kendala yang paling sering dialami oleh wisata Kawah Ijen pada tahun 2017 - 2022 yaitu terkait jumlah kedatangan pengunjung yang tidak menentu dan peningkatan maupun penurunan yang signifikan di bulan tertentu. Pola seperti ini dinamakan pola data musiman dan tren. Metode Holt-Winters Multiplicative ini dianggap sangat tepat digunakan untuk peramalan dengan pola data musiman dan tren. Pengukuran tingkat kesalahan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode MAPE. Hasil dari perhitungan nilai MAPE tanpa melampirkan data 2020 menghasilkan nilai MAPE yaitu sebesar 9 %, sedangkan hasil dari perhitungan MAPE dengan melampirkan data 2020 menghasilkan nilai MAPE yaitu sebesar 209 %. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat dua perbandingan perhitungan MAPE dengan metode Holt-Winters Multiplicative. Dapat disimpulkan bahwa perhitungan metode HoltWinters Multiplicative tanpa melampirkan data 2020 memiliki MAPE dengan nilai 9 % dapat dikatakan sangat rendah karena memiliki rata-rata nilai MAPE dibawah 10%.


Keywords


wisata; peramalan; holt-winter; mape

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v14i2.9549

Article Metrics

Abstract views : 178| PDF views : 178

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: