Analisis Keterkaitan Filsafat Bahasa dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 4 Wirosari

Sepdian Retnosari - [ https://orcid.org/0009-0009-9589-3852 ]
Agus Darmuki
Sri Surachmi W

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis keterkaitan filsafat Bahasa dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 4 Wirosari Kabupaten Grobogan. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus digunakan untuk mendalami implementasi nilai-nilai filosofis Bahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah ini masih berfokus pada domain pengetahuan dan motorik siswa, belum mengintegrasikan aspek nilai secara memadai. Rendahnya literasi filosofi bahasa guru kelas menjadi faktor utama minimnya implementasi nilai dalam pembelajaran. Perlu adanya peningkatan pemahaman filosofis guru dalam penyempurnaan kurikulum dan evaluasi agar integrasi nilai bahasa  lebih optimal.


Keywords


filsafat Bahasa, pembelajaran Bahasa Indonesia, studi kasus

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications, Inc. Dina Fitria Handayani, Z. (2023). Urgensi Filsafat Bahasa dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Berbasis Outcome Based Education.pdf. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2), 2620–7990. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jfi.v6i2.56834 Elo, S., Kääriäinen, M., Kanste, O., Pölkki, T., Utriainen, K., & Kyngäs, H. (2014). Qualitative content analysis: A focus on trustworthiness. SAGE Open, 4(1). https://doi.org/10.1177/2158244014522633 Faruq, S. Al, & Sukri, M. (2023). Sistemic Literature Review: Prinsip Ontologi, Epistemologi, Dan Aksiologi Tataran Fonologi Bahasa Indonesia: Kajian Filsafat Ilmu. Innovative: Journal Of Social Science …, 3, 6497–6506. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/7586 Fathurohman, I., Nurcahyo, A. D., & Rondli, W. S. (2015). Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Terpadu Untuk Memacu Keaksaraan Multibahasa Pada Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika, 5(1). https://doi.org/10.24176/re.v5i1.430 Harrison, H., Birks, M., Franklin, R., & Mills, J. (2017). Case study research: Foundations and methodological orientations. Forum Qualitative Sozialforschung/Forum: Qualitative Social Research, 18(1). https://doi.org/10.17169/fqs-18.1.2655 Macknight, C. (2000). Teaching critical thinking through online discussions. Educause Quarterly, 4. Mariyah, S., Syukri, A., Badarussyamsi, B., & Fadhil Rizki, A. (2021). Filsafat dan Sejarah Perkembangan Ilmu. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 242–246. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i3.36413 Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. SAGE Publications, Inc. Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.57235/jetish.v1i1.35 Nasution, D. S., & Zaim, M. (2023). Mau’izhah: Jurnal Kajian Keislaman Filsafat Bahasa dan Pembelajaran Bahasa. Jurnal Kajian Keislaman, 13(2), 209–220. https://doi.org/10.55849/jiem.v1i1.1 Rusli, S. M., & Zaim, M. (2022). Penerapan Filsafat Pendidikan Dengan Inovasi Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4543 Sadapotto, A., Hanafi, M., Agussalim, H., Hum, M., Pd, M., & ... (2021). Filsafat Bahasa (Issue 1). https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/24143 Setyowati, Y. (2022). Filsafat Bahasa Ibu Dalam Proses Pembelajaran. Journal of Educational and Language Research, 2(4), 687–692. Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The influence of 4C (constructive, critical, creativity, collaborative) learning model on students’ learning outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873–892. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a Shuliak, S. (2019). Social media use for teaching English in higher educational institutions. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 8(12), 203–217. Wikanengsih. (2020). The correlation between students’ critical reading ability and their mathematical critical thinking. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1657, Issue 1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012041 Yin, R. K. (2021). Case study research: Design and methods (7th ed.). SAGE Publications, Inc.




DOI: https://doi.org/10.24176/sinesis.v2i2.12750

Article Metrics

Abstract views : 30| PDF views : 24

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Sinesis

ISSN

e-ISSN