Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Novel "Para Bajingan yang Menyenangkan" Karya Puthut EA

Faozie Ramadhan
Khof Aszaszatitanul Cahyaningrum

Abstract


Abstract

This researh is an analysis of speech acts in the novel “Para Bajingan yang Menyenangkan” by Puthut EA by using a pragmatic study. This study aims to identify examples of directive speech acts found in Puthut EA’s novel “Para Bajingan yang Menyenangkan”. The research method uses a qualitative descriptive method, object and purpose. The data analysisi techniques carried out include, data reduction, data presentation, conclusions or data verification. The data sources for this research are library data sources, such as books, theses, journals, and others. The results in this study involve the function sentences on directive speech. In this study, the object studied is a literary work in the form of a novel, the novel “Para Bajingan yang Menyenangkan” by Puthut EA.

Abstrak

Penelitian ini merupakan analisis tindak tutur dalam novel “Para Bajingan yang Menyenangkan” Karya Puthut EA dengan menggunakan kajian pragmatik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi contoh-contoh tindak tutur direktif yang terdapat dalam novel “Para Bajingan yang Menyenangkan” Karya Puthut EA. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, karena sesuai dengan objek dan tujuan. Adapun teknik analisis data dilakukan meliputi, reduksi data, penyajian data, Kesimpulan atau verifikasi data. Sumber data  penilitian ini adalah sumber data pustaka, seperti buku, skripsi, jurnal, dan lain-lain. Hasil dalam penelitian ini melibatkan fungsi kalimat pada tuturan yang bersifat direktif. Dalam penelitian ini obyek yang dikaji adalah karya sastra yang berupa novel, pada novel “Para Bajingan yang Menyenangkan” karya Puthut EA.


Keywords


novel;speech;pragmatic

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Tantra, Faqih Syah; Suntoko; dan Pratiwi, Wienike Dinar. 2022. Analisis Tindak Tutur dalam Novel Natisha Karya Khrisna Pabichara (Kajian Pragmatik). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 1(4): 617-626. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1887 Wibowo, S. E. (2018). Etnopragmatik Bingkai Budaya Jawa Pada Tuturan Kiai Jawa. Cv Sarnu Untung. Warsiman. (2017). Pengantar Pembelajaran Sastra (Sajian Dan Kajian Hasil Riset). Ub Press. Pabichara, K. (2016). Natisha. Javanica. Wiranty, W. (2017). Tindak Tutur Direktif Bahasa Melayu Dialek Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu (Kajian Pragmatik). Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(2), 307-315. Dewi, R. (2019). Pragmatik (Antara Teori Dan Praktik Berbahasa). Deepublish Publisher. Wardhana, D. E. 2006. Representasi Penutur Jawa Pendatang Dalam Komunikasi Lisan Masyarakat Multietnik Di Bengkulu. Disertasi Universitas Negeri Malang: tidak diterbitkan




DOI: https://doi.org/10.24176/sinesis.v1i1.8946

Article Metrics

Abstract views : 143| PDF views : 76

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Sinesis

ISSN

e-ISSN