Metode Pembelajaran Prompts dan Brain Storming dengan media Puzzle Bagi Anak Retardasi Mental

Melina Ukhtiya Yulfa
Ayuk Yulia Susanti
Intania Dwi Oktafiar
Sefia Dinda Alerina
Mokhammad Jadid
Kurniawan Annur Putra

Abstract


Berbicara mengenai anak berkebutuhan khusus tentu juga akan berbicara tentang gangguan wicara pada anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang benar-benar memerlukan perhatian lebih, khususnya dibidang pendidikan. Salah satu gangguan pada anak berkebutuhan kuhusu ialah retardasi mental. Retardasi adalah kelainan yang terjadi pada sistem saraf otak anak, yang mengakibatkan memiliki keterbatasan dalam berkonsentasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perkembangan pendidikan yang terjadi pada anak reterdasi mental. Penelitian ini akan dilakukan disuatu tempat bibingan belajar yang bernama Bimbingan Belajar Cerdas Berkarakter, Honggosoco Jekulo, Kabupaen Kudus. Dalam penelitian ini kami menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data simak, catatan lapangan dan penggunaan dokumen. Pada penelitian ini juga mengaplikasikan metode pembelajaran prompts dan brain stroming dengan media puzzle. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa anak yang mengalami retadasi mental dapat mempengaruhi pada adaptasi sosial yang kurang baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Zakarya, Y., Dewi, E., & Susanto, T. (2016). Pengaruh Pelatihan Cuci Tangan Bersih dengan Metode Bermain Puzzle Terhadap Kemampuan Melakukan Cuci Tangan Anak Tunagrahita di SDLB-C TPA Kabupaten Jember. E-Jurnal Jendela Nursing, Volume 3, Number 1. (2019).

Nisa, Khairun, dkk. (2018). Karakteristik dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. E-Jurnal Abadimas Adi Buana, Vol 02, Nomor 1. Surabaya.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ahmadi, A. & Munawar, Sholeh. (2005). Psikologi Perkembangan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Aline. (2009). Komunikasi, Kunci Rumah Tangga Harmonis. http://www.republika.co.id. Akses tanggal 29 Agustus 2009.

Alwisol. (2007). Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press.

Departemen Pendidikan & Kebudayaan RI. (1997). Garis-Garis Besar Program Pembelajaran Mata Pelajaran program Khusus Kemampuan Merawat Diri Sekolah Dasar Luar Biasa Tuna Grahita Sedang. Jakarta : Direktorak Pendidikan Luar Biasa Proyek Pengembangan Sistem dan Standar Pengelolaan Pendidikan Luar Biasa.

Dewi, R., Rusman, & Nasir, M. (2016). Penerapan model ARCS untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada materi hidrokarbon SMAN 1 Baitussalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 1(4), 87–96. Retrieved from retnowilujeng94@gmail.co

Elly, E., Abdulssamad, & Kresnadi, H. (2013). Peningkatan kemampuan berbicara melalui metode drill pada pembelajaran bahasa indonesia kelas IV Sekolah Dasar Usaba Sepotong. Development, 134(4), 635–646.

Kartini, T. (2007). Penggunaan metode role playing untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran pengetahuan sosial di kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar, (8).




DOI: https://doi.org/10.24176/sinesis.v1i2.8951

Article Metrics

Abstract views : 56| PDF views : 20

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Sinesis

ISSN

e-ISSN