Design Perancangan Sistem Informasi Baca Novel Online Berbasis Aplikasi Menggunakan Figma

Mu'arif Rawhul Ihsan

Abstract


Akhir-akhir ini, terdapat indikasi bahwa minat baca masyarakat mengalami penurunan. Faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan minat baca meliputi pergeseran gaya hidup yang lebih serba cepat dan digital, penggunaan media sosial yang meningkat, dan persaingan dari media hiburan lainnya. Banyak orang lebih memilih aktivitas seperti menonton film, bermain game, atau mengakses konten digital daripada membaca buku. Untuk mengatasi penurunan minat baca tersebut, penulis telah merancang aplikasi baca novel online yang disebut ABAD (Ayo Baca Disini). Aplikasi ini memungkinkan pembaca untuk dengan mudah mengakses ribuan judul novel dari berbagai genre dan penulis, tanpa dibatasi oleh keterbatasan fisik atau geografis. Dengan demikian, siapa pun dapat menikmati novel yang kalian favoritkan kapan dan dimana saja. Proses desain aplikasi ini melibatkan metode desain thinking yang terdiri dari tahapan-tahapan seperti empati, definisi, ideasi, pembuatan prototipe, dan pengujian. Selain itu, desain implementasinya menggunakan alat desain bernama Figma. Dengan menggunakan metode dan alat desain yang tepat, diharapkan aplikasi baca novel online ABAD dapat memberikan solusi yang menginspirasi dan mempertahankan minat baca masyarakat, sehingga menghadirkan pengalaman membaca yang menarik dan mudah diakses bagi para pembaca.

Keywords


Minat Baca; Novel; Design Thinking; Figma; Aplikasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Sari, L., Brata, A, and Brata, K. 2019. “Pengembangan Aplikasi Penyedia Buku Online Berbasis Android Menggunakan Metode Prototyping (Studi Kasus: Universitas Brawijaya)”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol 3. No. 10, 9496-9497.

[2] Siswati. 2010. “Minat Membaca Pada Mahasiswa (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP Semester I)” Jurnal Psikologi Undip. Vol 8. No. 2. 125.

[3] Aryani., Nursalim, M, and Mubarok, Z. 2021. “Pengaruh Novel Terhadap Perkembangan Pendidikan Dan Minat Baca Remaja Di Tangerang Selatan”. Pena Literasi. Vol 1. No. 1, 68-69.

[4] Maulina, R., Hidayat, I, ed al. 2022. “Pembuatan User InterfaceLayanan Aplikasi Komik Online Menggunakan Metode Perancangan Design Thinking”. Mdp Student Conference (Msc)2022. Vol 1. No. 1, 414-418.

[5] Anggriani, Y. 2020. “Pemanfaatan Gadget Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Di Keluarga”. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga . Vol 10. No. 2, 138-139.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v6i2.10279

Article Metrics

Abstract views : 225| PDF views : 61

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

JournalStories Main logo JournalStories Main logo

 

Flag Counter