SISTEM INFORMASI BENGKEL MOBIL PADA JADI SUBUR AUTO SERVICE BERBASIS WEB

Mochammad Faizal Wahyu Ramadhan, Supriyono Supriyono, Fajar Nugraha

Sari


Era kemajuan teknologi sekarang ini memberikan kemudahan bagi manusia dalam mengembangkan usaha mereka, termasuk dalam mengelola bengkel mobil. Pencatatan data yang dilakukan oleh bengkel Jadi Subur Auto Service saat melakukan servis di bengkel dan home service masih dilakukan secara manual dengan ditulis di buku, hal tersebut akan menyebabkan terjadinya penumpukan data dan membutuhkan waktu yang lama dalam mencari data sehingga diilai kurang efektif karena berisiko untuk kehilangan dan kerusakan data. Sehingga dibutuhkan website yang dapat memudahkan pihak bengkel dalam mengelola data bengkel mobil. Pengembangan website ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL dan menggunakan metode Waterfall. Diharapkan dengan pengembangan aplikasi ini dapat memberikan solusi dalam mengelola data bengkel secara efektif dan efisien.

Kata Kunci


Bengkel; Servis; Jadi Subur Auto Service; Website; Waterfall

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


M. S. Harlina, E. Susilowati, S. Suharni, M. S. Herawati, and M. F. Atsiilah, “Pemodelan Sistem Rancangan Website Toko Ummi Cookies Menggunakan Uml (Unified Modelling Language),” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 7, no. 3, pp. 364–371, Jul. 2025, doi: 10.47233/jteksis.v7i3.1943.

A. Supriatna, A. Ratnasari, S. Kom, and M. Kom, “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFROMASI SERVIS MOBIL DAN PENYEDIAAN MEKANIK PADA SONY OTOMOTIF,” 2019. [Online]. Available: https://jurnal.ikhafi.or.id/index.php/jukomika/223

C. Casuary, I. Isabell, D. Djoni, and N. Nuraina, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Home Service Kendaraan Berbasis Mobile,” remik, vol. 6, no. 4, pp. 640–653, Oct. 2022, doi: 10.33395/remik.v6i4.11655.

A. Dores, “APLIKASI BENGKEL REPARASI MOBIL CLASSIC BERBASIS WEB (STUDI KASUS : PT.RAMAYANA MOBIL).” [Online]. Available: http://www.jurnal.umk.ac.id/sitech

H. Kurniawan, “Konferensi Nasional Sistem & Informatika,” 2015.

S. Nurmiati and G. Al Hafidz, “SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN BENGKEL UNTUK PELAYANAN HOME SERVICE BERBASIS WEBSITE,” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 3, pp. 14–21, Apr. 2022, doi: https://doi.org/10.55122/junsibi.v3i1.384.

M. W. Ihsan, “Pengembangan Sistem Informasi Bengkel Mobil Berbasis Website Menggunakan SDLC Waterfall,” JCOSIS (Journal Comput. Sci. Inf. Syetem, doi: 10.61567/jcosis.v1i1.163.

M. Mukhtar, S. Maria, M. Muhammad, V. S. Gunawan, and D. Y. Prasetyo, “Implementasi metode waterfall pada Sistem Pengolahan Data Activity Daily Harvasted Dan Plantation Daily,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 7, no. 3, pp. 467–472, Jul. 2025, doi: 10.47233/jteksis.v7i3.2084.

C. C. Putri Tolampi and E. Maria, “Perancangan Sistem Informasi Tracking dan Monitoring Posisi Barang Menggunakan Metode Waterfall,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 6, no. 4, pp. 806–812, Oct. 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i4.1616.

A. P. Putra and M. Darwis, “Perancangan Jaringan Sistem Smart Home berbasis IoT menggunakan Cisco Packet Tracer dengan Metode Waterfall,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 7, no. 3, pp. 410–418, Jul. 2025, doi: 10.47233/jteksis.v7i3.2015.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v8i1.15537

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

JournalStories Main logo JournalStories Main logo

 

Flag Counter