Menghitung Total Pinjaman Ketika Koperasi Tidak Mendapat Keuntungan Dengan Metode Persamaan Non – Linear Menurut Secant Menggunakan Program Matlab

Aditya Rahman
Bekti Pitriani
Deo Pradipta Putra Setyadi

Abstract


Keuntungan koperasi sangat besar pengaruhnya terhadap total pinjaman yang dimilikinya. Hal ini yang menjadikan perhitungan suatu pinjaman yang dimiliki dibutuhkan untuk mengetahui total pinjaman terendah untuk menjaga nilai keuntungan suatu koperasi. Perhitungannya yang dilakukan menggunakan metode persamaan non – linear menurut Secant karena dalam penerapan metode ini hamper sama dengan Metode Persamaan Non – Linear menurut Newton Rapson yang tidak bisa digunakan untuk menghitung persamaan non – linear yang mengdekati titik puncak suatu grafik dan namun dalam metode ini perulangan perhitungan untuk iterasi hingga thresholdnya sudah ditentukan dahulu sehingga perulangan iterasi bisa dibatasi dengan nilai yang ditentukan dulu. Proses perhitungannya menggunakan Program Matlab.


Keywords


non – linear; matlab; grafik

Teks Lengkap:

Download Disini (PDF)

Referensi


Abadi, Rizki. 2016. “Koperasi apa saja yang mesti anda ketahui?” (https://www.cermati.com/artikel/koper asi-simpan-pinjam-apa-saja-yang-mesti-anda ketahui), diakses tanggal 30 Januari 2018.

Pratiwi, Friska. 2013. “Penyelesaian Persamaan Non Linier Dengan Metode Numerik” (http://friz-cup.blogspot.co.id/2013/04/penyelesaian-persamaan-non-linear.html), diakses tanggal 18 Februari 2018.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v1i1.2242

Article Metrics

Abstract views : 146| Download Disini (PDF) views : 286

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: